36 Tempat Wisata di Samarinda yang Kamu Wajib Coba!

tempat wisata Pulau Beras Basah di Samarinda

Samarinda – Banyaknya tempat wisata yang tersedia di Kota Samarinda tentu membuat liburan anda menjadi semakin menggebu-gebu. Kalian bisa mencoba ke berbagai tempat wisata yang ada di Samarinda tanpa takut bingung kehabisan destinasi tujuan liburan. Jika kalian mencintai nature atau alam, kalian bisa bepergian ke pulau, pantai, ataupun gunung yang mempunyai landscape pemandangan yang sangat indah.

Tidak terasa sebentar lagi memasuki waktu liburan. Liburan adalah waktu yang tepat untuk melepas penat dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Jika anda dan keluarga berencana menghabiskan waktu liburan di kota Samarinda, ada baiknya menyimak dengan baik ulasan berikut ini. Karena ada banyak rekomendasi destinasi wisata di Samarinda yang harus dicoba dan akan sangat sayang jika dilewatkan. Oleh karena itu, yuk simak ulasan di bawah ini bersam sama.

Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Samarinda yang Wajib Dicoba

Kalian hendak merencanakan liburan ke Samarinda? Disini kami telah mengumpulkan informasi mengenai beragam tempat wisata yang ada di Samarinda yang bisa kalian kunjungi.

Berbagai tempat destinasi wisata yang indah, siap untuk anda telusuri di negeri Indonesia ini. Nah, kami dari Infowisataid.com akan membahas dan mereferensikan 31 Tempat Wisata di Samarinda yang kamu wajib coba saat berlibur.

1. Pulau Kumala

tempat wisata Pulau Kumala di Samarinda

Pulau Kumala atau Pantai Kumala ini sangat terkenal karena seperti sebuah kapal yang berada di tengah tengah sungai Mahakam. Bahkan dahulu pulau ini tidak berpenghuni dan terawat, sehingga posisinya akan terendam jika sungai Mahakam meluap. Akan tetapi, pada tahun 2002 dilakukan pengerukan di sungai Mahakam untuk menambah tinggi pulau ini. Ini dilakukan untuk membuat permukaan menjadi lebih tinggi. Kemudian menjadikan wilayah ini menjadi sebuah objek wisata.

Setelah menjadi objek wisata, Pulau Kumala ini menjadi Tempat wisata di kota Samarinda yang unggul dan sering dikunjungi oleh wisatawan. Berbagai wahana telah dibangun untuk dinikmati para pengujung, apa saja? Para pengunjung dapat mengajak keluarga untuk menikmati jet coaster, bombom car, gokart, komedi putar, kereta gantung, dan kereta mini yang mengelilingi pulai ini. Bahkan anda juga dapat menikmati kota Tenggarong dari ketinggian 75 meter, yaitu melalui wahana Sky Tower. Tempat ini juga memiliki akuarium raksasa.

Lokasi : Jl. K.H. Ahmad Muksin, Tenggarong, Timbau, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

2. Air Terjun Pinang Seribu

tempat wisata Air Terjun Pinang Seribu di Samarinda

Ingin menikmati tempat rekreasi alam kota Samarinda? Anda dapat mencoba salah satu wisata air terjun yang baru baru ini populer dan ramai dikunjungi oleh masyarakat. Mengapa disebut pinang seribu? Karena air terjun ini memiliki anak tangga yang banyak, sehingga disebut pinang seribu. Meskipun air terjun ini dialiri air, tetap aman untuk dinaiki dan digunakan sebagai tempat bermain anak anak. tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan liburan bersama keluarga.

Tidak hanya bermain air terjun, anda juga dapat menikmati permainan sepeda air di danau buatan yang ada dalam objek wisata ini. Terdapat pula kolam renang, sehingga anda dapat berenang dengan aman karena arus air terjun ini cukup deras. Untuk pengunjung yang membutuhkan tempat menginap, wisata ini juga menyediakan villa. Serta terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai sambil melihat keindahan alam yang ditawarkan air terjun pinang seribu.

Lokasi : Sempaja Utara, Kec. Samarinda Utara, Kalimantan Timur
Jam Buka : 10.00 – 17.00

3. Pulau Beras Basah

tempat wisata Pulau Beras Basah di Samarinda

Tidak lengkap rasanya kalau ke Kalimantan tidak merasakan indahnya pantai dengan pasirnya yang berwarna putih, seperti di pulau Beras Basah. Mengapa dinamakan beras basah? Menurut warga setempat nama pulau ini berasal dari dua kata, yaitu beras dan basah. Pada zaman dulu terdapat kapal kesultanan Kutai yang membawa bahan pangan. Kemudian karam dan bawaan dalam kapal pun tumpah, tetapi beras tersebut tidak tenggelam malah membentuk gundukan hingga jadilah pulau.

Anda akan disuguhi pemandangan hamparan pasir putih yang indah. Tempat Wisata di Samarinda ini menyuguhkan banana boat yang ditarik speed boat, snorkeling, atau sekadar berenang. Untuk membersihkan diri, anda dapat membeli 5 liter air dalam jerigen seharga 5 ribu rupiah, murah bukan? Tidak hanya menikmati tempat rekreasi alam yang disuguhkan, anda juga dapat mengabadikan setiap momen spesial di pantai ini karena menjadi salah satu wisata dengan spot foto yang yang menarik.

4. Air Terjun Tanah Merah

tempat wisata Air Terjun Tanah Merah di Samarinda

Ingin menikmati tempat yang masih asri dan alami? Anda dapat menjadikan air terjun tanah merah sebagai destinasi ketika bermain ke Samarinda. Tinggi air terjun ini sekitar 15 meter, memang tidak terlalu tinggi untuk ukuran air terjun. Namun, sekeliling objek wisata air terjun satu ini didominasi pohon pohon khas Borneo yang seakan akan menjadi ornament pemanis alami. Menuju tempat ini masih harus penuh perjuangan karena jalannya masih batu dan tanah.

Objek wisata yang penuh perjuangan untuk menjangkaunya, biasanya menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Pernyataan ini benar adanya, air terjun tanah merah memiliki lingkungan alam yang sangat asri. Akan tetapi, pengunjung dilarang berenang di kolam tepat di bawah air terjun. Di objek wisata ini, anda dapat menikmati outbond, pemancingan, dan arena hiburan anak anak. Tersedia pula warung untuk mengisi perut dan terhindar dari rasa lapar. Gazebo dapat anda gunakan untuk melepas lelah.

Lokasi : Jl. Muara Badak, Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kalimantan Timur.

5. Kebun Raya Unmul Samarinda

tempat wisata Kebun Raya Unmul di Samarinda

Bosan dengan wisata yang monoton dan ingin berlibur sambil belajar? Kebun Raya Unmul adalah pilihan yang paling tepat. wisatawan akan disuguhi kebun binatang mini dengan koleksi binatang yang beragam. Anda dapat mengajak keluarga untuk berwisata sekaligus mendapat edukasi. Selain belajar tentang hewan, anda juga dapat mengunjungi museum Kayu yang memiliki koleksi kayu kayu yang ada di Kalimantan. Objek wisata yang sangat menarik bukan?

Selain edukasi, anda juga disugi fasilitas permainan yang menarik antara lain gokart, motor ATV, sepeda air, bianglala, dan komedi putar. Untuk setiap wahana yang tersedia, pengunjung harus membayar tiketnya secara terpisah dari tiket masuk. Jika anda lelah berjalan menikmati Kebun Raya ini, anda dapat menikmati fasilitas delman. Yang menarik dari objek wisata benua Etam ini, anda akan disuguhi pijat refleksi dengan batu batuan di halamannya yang dapat dijadikan refleksi kaki.

Lokasi : Tanah Merah, Samarinda Utara, Kalimantan Timur.
Jam Buka : 09.00 – 16.30

6. Telaga Permai Batu Besaung

tempat wisata Telaga Permai Batu Besaung di samarinda

Terletak di tengah kota tidak membuat objek wisata satu ini meninggalkan keasriannya. Telaga Permai Batu Besaung ini merupakan air terjun yang membentuk telaga di bawahnya. Lokasi wisata ini dikelilingi pohon, sehingga tampak asri, nyaman, dan cocok untuk berlibur untuk menjauhkan diri dari kebisingan kota. Sejenak meninggalkan runitinas yang padat anda juga dapat berkemah di sini. Dengan memperhatikan beberapa hal seperti, tidak meninggalkan sampah atau api unggun menyala.

Lokasi : Desa Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur.

7. Taman Rekreasi Lembah Hijau

tempat wisata Taman Rekreasi Lembah Hijau di Samarinda

Tempat rekreasi alam satu ini dapat anda jadikan salah satu pilihan bagi pecinta tanaman. Akan tetapi, akan sedikit berbeda dengan Kebun Raya Unmul Samarinda yang menyediakan tanaman asli. Di taman rekreasi Lembah Hijau ini menyuguhkan replikasi tanaman tanaman asli tersebut. Akan sangat menarik karena replika tanaman ini dikemas dengan sangat cantik. Tidak hanya replika tanaman, taman rekreasi ini juga menyuguhkan replikasi hutan untuk para pengunjungnya.

Selain menyuguhkan replikas tanama, anda dapat memancing di kolan pemancingan dengan alat alat yang sudah tersedia. Bahkan jika mengajak si kecil, mereka juga memfasilitasi area bermain anak, kolam renang, dan flying fox. Tidak hanya itu, untuk menghabiskan akhir pekan dengan menarik, anda dapat mengajak keluarga atau teman untuk camping di sini. Tidak perlu khawatir mengenai peralatannya karena telah tersedia dan anda dapat menyewanya, menarik bukan?

Lokasi : Jl. Kebun Raya, Lempake, Kec. Samarinda Utara, Kalimantan Timur.

8. Tjiu Palace

tempat wisata Tjiu Palace di Samarinda

Jika anda sangat menyukai memancing, tempat satu ini merupakan rekomendasi yang cocok karena menyediakan kolam pemancingan ikan dengan koleksi ikan yang beragam. Selain itu, tempat wisata alam ini juga ada persewaan sepeda air berbagai bentuk, baik kayuh maupun mesin. Jika anda mengajak si kecil juga dapat menikmati aktivitas berenang di kolam khusus anak anak. Tidak lupa nikmati kereta api yang mengelilingi area bersepeda air dan lapangan futsal di tempat ini.

Lokasi : Jl. Sultan Sulaiman No. 6, Kec. Sambutan, Samarinda, Kalimantan Timur

9. Penangkaran Buaya Makroman

tempat wisata Penangkaran Buaya Makroman di Samarinda

Buaya merupakan reptile yang sangat berbahaya karena hewan ini tidak akan melepas target mangsanya. Target mangsa hewan karnivora ini tidak hanya hewan, manusia pun dapat dilahap dengan buasnya. Akan tetapi, saat ini keberadaan reptile satu ini sangat langka. Oleh karena itu, di Indonesia terdapat beberapa tempat penangkaran buaya untuk melestarikannya. Melalui tempat penangkaran ini buaya buaya ini dikelompokkan berdasarkan jenisnya dan dikembang biakkan.

Salah satu penangkaran buaya di Indonesia, yaitu Penangkaran Buaya Makroman Samarinda. Di tempat ini fokus mengembangbiakkan 3 jenis buaya, yaitu buaya siam, buaya muara, dan buaya sapit. Tempat penangkaran ini telah menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi karena dapat menjadi tempat edukasi bagi anak anak kecil. Jangan khawatir karena tempat ini sangat aman dikunjungi manusia. Pengunjung akan diberikan jalur aman untuk melihat buaya buaya tersebut.

Lokasi : makroman, Kec. Sambutan, Samarinda, Kalimantan Timur

10. Masjid Islamic Center

tempat wisata Masjid Islamic Center di Samarinda

Berlibur ke Samarinda tidak lengkap rasanya jika tidak merasakan sensasi wisata religi di masjid Islamic Center yang terletak di tengah kota ini. Masjid ini dinobatkan sebagai masjib terbesar dan termegah kedua di Asia Tenggara setelah Masjib Isiqlal. Dengan pemandangan depan tepian sungai Mahakam, masjid ini memiliki kubah dan menara yang menjulang tinggi besar dan tegak menjulang. Memiliki 7 menara dan menara tertingginya setinggi 99 meter yang sama dengan asmaul husna.

Lokasi : Jl. Slamet Riyadi No. 1, Karang Asam Ulu, Kec. Sungai Kunjang, Samarinda, Kalimantan Timur

11. Tepian Mahakam

tempat wisata Tepian Mahakam di Samarinda

Sungai Mahakam adalah sungai panjang yang membelah kota Samarinda. Sungai ini memiliki kawasan yang dinamakan tepian Mahakam dengan berbagai penjual makanan yang menjajakan dagangannya untuk memanjakan pengunjungnya. Tidak hanya itu, tempat wisata di Samarinda ini cocok untuk menikmati matahari terbenam ditemani dengan kapal yang hilir mudik dan suara air sungai yang menenangkan.

Tidak hanya nyaman untuk menikmati matahari terbenam, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas olahraga di sini. Anda dapat menikmati fasilitas latihan memahan dan sepak bola karena telah disediakan tempat untuk olahraga tersebut. Tidak hanya itu, sore hari juga banyak anak dan remaja yang bermain skate board. Jika anda enggan melakukan ketiganya, anda dapat sekadar jalan atau lari sore bersama teman teman lainnya.

Lokasi : Jl. Gajah Mada, Bugis, Kec. Samarinda Kota, Kalimantan Timur
Jam Buka : 05.00 – 00.00

12. Teluk Lerong Garden

tempat wisata Teluk Lerong Garden di Samarinda

Di tepi sungai Mahakam hadir objek wisata baru yang dapat memanjakan warga Samarinda. Di tempat ini, anda dapat menikmati pemandangan sungai Mahakam di sore hari hingga malam hari. Ditambah dengan adanya atraksi jet ski, akan semakin menambah indahnya sore anda. Anda dapat menjadikan objek wisata satu ini menambah koleksi foto dengan memanfaatkan kemampuan dan alat fotografi yang dimiliki. Pasalnya tempat ini menyediakan lampu hias di berbagai sudut tempat.

Lokasi : Jl. RE Martadinata, Teluk lerong Ilir, kec. Samarinda Ulu, Kalimantan Timur.
Jam Operational : 24 Jam

13. Jungle Water World

tempat wisata bermain Jungle Water World di Samarinda

Ingin menikmati kolam renang yang memacu adrenalin? Warga Kalimantan Timur tidak perlu menempuh perjalanan jauh ke Bali karena Samarinda telah memilikinya. Jungle Water World berada di tengah kota dengan jalur yang sangat mudah dan sudah beraspal. Anda tidak perlu khawatir perjalanan akan sulit untuk menikmati wahana bermain air yang tersedia untuk segala usia bahkan anak anak ini. Menariknya, tempat wisata terbaru ini masih menjaga keasriannya.

Beberapa wahana yang dapat anda nikmati, yaitu wadah behanyut yang merupakan arus berkelok sepanjang 412 meter, wadah barendam yang dilengkapi arena voli serta basket, wadah bekucak, dan beberapa kolam khusus anak anak. Anda juga dapat menikmati sepeda air di danau buatan dengan air kecokelatan. Untuk menunjang aktivitas berenang, anda dapat menyewa pelampung, ban, atau kano tanpa mengeluarkan biaya sewa karena telah termasuk harga tiket, menarik bukan?

Lokasi : Km. 24, Guntunglai, Jl. Bontang, Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kalimantan Timur

14. Waduk Benanga

tempat wisata Waduk Benanga di Samarinda

Salah satu pengendali banjir di Sungai Karangmumus adalah Waduk Benanga atau Waduk Lempake ini. dahulu fungsinya hanya sebagai bendung, tetapi daya tampung airnya sangat besar sehingga statusnya menjadi bendungan. Menariknya, bendungan ini juga berfungsi sebagai penyedia kebutuhan irigasi untuk lahan seluas 350 Ha. Bendungan ini sangat luas dengan kedalaman 1 sampai 2 meter, tetapi hampir tiga per empatnya tertutup oleh gulma.

Waduh benanga memang sangat bermanfaat bagi masyarakat Samarinda, tetapi fungsinya tidak hanya itu. Karena letaknya masih sangat alami dan didukung dengan jalan yang apik, yaitu cor beton, banyak pengunjung yang datang ke waduk ini. Sore hari menikmati keindahan salah satu tempat wisata di Samarinda dengan ditemani keluarga atau teman teman. Anda pun dapat melihat matahari kembali ke peraduannya dan semburat warna jingga yang menghiasi langit.

Lokasi : Lempake, Samarinda Utara, Kalimantan Timur

15. Stadium Utama Palaran

Stadium Utama Palaran

Samarinda memiliki stadion Utama Palaran yang pernah menjadi tempat diselenggarakannya PON pada tahun 2008 silam. Di tempat ini telah diselenggarakan babak final dan 8 besar Divisi Utama Liga Indonesia pada tahun 2008. Menjadi gedung yang tidak terurus karena minimnya alokasi dana tidak menjadikan tempat ini menjadi sepi. Anda dapat mengunjungi tempat ini untuk sekedar berolahraga di bagian luar gedung atau halamannya karena luasnya halaman yang disediakan.

Lokasi : Jl. Stadion Utama Kalimantan Timur, Palaran, Samarinda.

16. Jembatan Mahakam

tempat wisata Jembatan Mahakam di samarinda

Sungai Mahakam adalah sungai ikonik yang membelah kota Samarinda, sehingga butuh suatu penghubung antara Samarinda Kota dan Samarinda Seberang. Oleh karena itu, pada tahun 1987 Presiden Soeharto meresmikan jembatan dengan konstruksi baja berbentuk segituga dengan tulisan “Jembatan Mahakam” berbentuk setengah lingkaran ini. Masyarakat Samarinda ataupun luar kota dimudahkan untuk keluar masuk kota Samarinda dengan adanya jembatan ini.

Jembatan yang sangat ikonik ini merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika bermain ke kota Samarinda. Anda dapat menikmati indahnya sungai dan jembatan penuh lampu lampu di malam hari. Mengabadikan foto di salah satu spot ikonik di ibukota provinsi Kalimanatan Timur ini merupakan hal wajib. Anda akan mendapatkan spot foto terbaik di jembatan Mahakam ini. Jadi jangan lupa untuk berfoto di tempat ini ya!

17. Bukit Anggana

Bukit Anggana

Menikmati sisa sisa kejayaan Kesultanan Kutai Kertanegara, salah satunya dengan mengunjungi objek wisata bukit anggana. Bukit cantic satu ini terkenal dengan bebatuan dan hamparan sawah yang indah. Dengan mengunjunginya anda seperti sedang dibawa ke kota kota di luar negeri, menarik bukan? Letaknya yang di ketinggian membuat anda dapat menimati kerlap kerlip lampu di bawahnya. Malam hari merupakan momen yang tepat untuk mengunjunginya.

Lokasi : Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

18. Monumen Pesut Tepian

tempat wisata Monumen Pesut Tepian di Samarinda

Dahulu kala, Sungai Mahakam memiliki kekayaan yang sangat indah, yaitu ikan pesut. Untuk mengenangnya, dibuatlah monument yang ikan pesut ini di daerah Tepian untuk dijadikan sebuah landmark. Landmark satu ini banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar untuk sekadar bersantai atau mengenang keindahan ikan pesut di sungai Mahakam. Tidak hanya itu, tempat in juga menyediakan taman untuk bersantai, berbincang, ataupun sekadar duduk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga.

Lokasi : Jl. Gajahmada, Kec. Samarinda Ulu, Samarinda, Kalimantan Timur.

19. Hutan Pinus Samboja

tempat wisata Hutan Pinus Samboja di Samarinda

Ingin mengasingkan diri dari keramaian kota? Mengunjungi hutan pinus samboja merupakan pilihan tepat saat ini. Berangkat pagi dari pusat kota untuk mendapatkan pemandangan dan udara yang luar biasa dapat meningkatkan mood selama seharian. Anda juga akan mendapat kesegaran dari pohon pohon pinus yang menjulang tinggi, serta pemandangan dari menara yang tidak dapat tergantikan dari salah satu wisata di Samarinda yang menarik ini

Kepenatan dalam menjalani aktivitas harian akan sirna. Mengunjungi hutan pinus Samboja dengan keluarga atau orang terkasih merupakan pilihan tepat. Lari dari hiruk pikuk kota Samarinda dan merencanakan liburan yang menyenangkan ke pinggir kota adalah hal yang sangat tepat. terutama jika berolahraga di hutan pinus ini di pagi hari, anda akan mendapatkan sensasi lari pagi dengan kabut yang masih menyelimuti udara sekitar, bisa dibayangkan betapa sejuknya.

Lokasi : Jl. Samboja – Muara Jawa, Handil, Tj. Harapan, Kec. Semboja, Kartanegara, Kalimantan Timur
Jam Buka : 07.30 – 18.00

20. Bukit Biru

Bukit Biru

Ingin mengejar indahnya sunrise atau matahari terbit? Jika anda kebetulan sedang berada di kota Samarinda, bukit biru adalah pilihan tepat. pilihlah waktu keberangkatan malam hari ke daerah yang ingin dituju tersebut selama kurang lebih 40 menit melalui jalur darat. Untuk menikmati matahari terbit, anda harus melakukan penanjakan di bukit tertinggi di kawasan Tenggarong ini selama kurang lebih 35 menit. Dan keesokan harinya pemandangan indah akan diperoleh.

Menuju sesuatu hal yang indah memang membutuhkan sebuah perjuangan keras di baliknya. Pernyataan tersebut sangat relevan untuk mengejar matahari terbit melalui bukit bitu ini. Pasalnya, bukit biru memiliki kemiringan sekitar 80 derajat. Medannya pun bukan untuk para pemula. Hal ini yang harus diketahui oleh para pengunjung yang ingin mengunjungi puncak bukit tertinggi di kawasan Tenggarong ini. Selamat mencoba!

Lokasi : Jl. Pahlawan, Bukit Biru, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

21. Taman Tata Surya

Taman Tata Surya

Bermain dan belajar adalah konsep yang ingin diusung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Samarinda dengan menyuguhkan Taman Tata Surya di Planetarium Jagad Raya. Anak anak akan sangat senang mempelajari tata surya dengan berbagai unit yang ada di dalamnya. Hal itu dikarenakan pembelajaran yang disuguhkan dalam bentuk yang sangat menyenangkan. Anak anak yang mengunjungi taman ini dapat belajar sekaligu bermain dengan teman atau keluarga.

Wisata di Samarinda tidak hanya menyuguhkan planet di tata surya, Planetarium Jagad Raya ini menyediakan berbagai alat edukasi. Salah satunya, yaitu alat peraga proyektor 100 lensa yang memproyeksi gambar galaksi, matahari, bulan, komet, meteor, bintang dan lain sebagainya. Yang terbaru, pengunjung dapat menikmati film di teater bintang tiga dimensi tanpa kaca mata khusus. Hal itu karena didukung dengan proyektor 3D dengan jenis lensa Velvet duo carl zais dimensi full dome.

Lokasi : Kota Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

22. Jam Bentong

Jam Bentong

Anda baru berkunjung ke Kalimantan Timur, khususnya Kota Tenggarong? Ada baiknya jika mengunjungi jam bentong yang dalam bahasa Kutai berarti jam besar. Pasalnya, jam bentong ini merupakan pusat informasi pariwisata yang ada di Kutai Kartanegara. Pengunjung dapat mengambil booklet, brosur, kalender event, banner, ataupun video wisata. Bahkan anda juga dapat menikmati keindahan dan kemegahan replika situs yupa di dalam jam bentong ini.

Kepala Disbudpar berharap keberadaan jam bentong ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah Kutai Kartanegara. Kunjungan ke jam bentong pun dapat memudahkan wisatawan dalam mengatur perjalanan ke destinasi selanjutnya karena telah mendapatkan referensi yang baik. Selain menikmati ikon kota Tenggarong ini, anda juga dapat menikmati jembatan kebanggaan kabupaten Kutai Kartanegara yang ada di sebelah jam gentong.

Lokasi : Jl. Wolter Mongsidi No. 16, Timbau, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Jam Buka : 08.00 – 16.00

23. Museum Mulawarman

Museum Mulawarman

Berlibur sekaligus belajar adalah cara yang tepat untuk mendapatkan informasi tambahan guna menambah wawasan. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan mengunjungi museum yang terkenal di Kalimantan Timur, yaitu Museum Mulawarman. Dinobatkan sebagai salah satu museum terlengkap di Indonesia karena koleksi yang tersimpan di dalamnya hingga 5.373 buah dengan berbagai klasifikasi benda bersejarah.

Bangunan yang digunakan sebagai musem ini adalah bekas bangunan Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara. Di halaman depannya terdapat patung Lembuswarna yang menjadi ikon Kukar pada zaman dahulu. Museum ini terdri atas 2 lantai dengan pembagian, yaitu lantai 1 untuk koleksi keramik Cina dan lantai 2 untuk peninggalan bercorak kesenian. Di bagian belakang museum terdapat tempat berbelanja souvenir khas Dayak, seperti batu perhiasan atau cindera mata lainnya.

Lokasi : Jl. Tepian Pandan, Panji, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Jam Buka : 08.30 – 16.30

24. Ladang Budaya Tenggarong

Ladang Budaya Tenggarong

Menikmati indahnya alam di tengah kesibukan adalah sesuatu hal yang penting untuk melepas penat setelah lelah bekerja ataupun belajar. Melipir sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota dapat dilakukan dengan mengunjungi salah satu tempat wisata di Samarinda Ladang Budaya Tenggarong atau Ladaya. Objek wisata satu ini menyuguhkan pemandangan yang tidak kalah cantic dari objek wisata lainnya yang tersohor di kota Samarinda.

Fasilitas yang disediakan pun tidak kalah menarik, anda dapat menikmati kegiatan outbond bersama teman teman ataupun keluarga. Tidak hanya itu, para pengunjung juga dapat mengasah ketangkasan dengan bermain flying fox, jembatan dengan seutas tali, dan lain lain. Selain itu, anda juga dapat menikmati tingkah hewan hewan lucu dalam kebun binatang mini di dalam wisata ini. untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan, anda dapat menikmati rumah Odah Rehatt.

Lokasi : Jl. H. Bachrin Seman No. 12, mangkurawang, kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, KalTim
Jam Buka : 08.00 – 17.30

25. Creative Park Tenggarong

Creative Park Tenggarong

Membutuhkan tempat atau wadah untuk menyalurkan bakat dan kreativitas? Untuk warga Tenggarong tidak perlu bingung karena telah tersedia taman yang diresmikan pada tahun 2014 oleh Bupati Kukar, Ibu Rita Widyasari. Taman tersebut adalah Creative Park Tenggarong yang memiliki creative stage untuk beberapa petunjukan. Taman ini adalah salah satu objek wisata yang harus dikunjungi di sore hari sambil melihat atraksi anak anak kawasan Tenggarong.

Lokasi : Jl. K.H. Ahmad Muksin, Timau, Kartanegara, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Jam Operational : 24 Jam

26. Air Terjun Kedang Ipil

Air Terjun Kedang Ipil

Tidak asing dengan desa Kedang Ipil yang memegang teguh budaya adat lawas daerahnya? Di desa itu ada salah satu wisata di Samarinda yang tersembunyi dan tidak kalah menarik, yaitu air terjun Kandua Raya atau lebih populer disebut air terjun Kedung Ipil. Menuju objek wisata satu ini pun anda tidak perlu khawatir tersesat karena di tiap persimpangan ada papan penunjuk jalan. Anda akan menemukan objek wisata tersembunyi ini dengan mudah.

Air terjun kedang ipil ini berbeda dengan objek wisata air terjun lainnya karena pengelolanya menyediakan tempat penitipan tas, sehingga tidak perlu khawatir barang bawaannya hilang. Selain itu, air terjun yang ada di sini bentuknya bertingkat sebanyak 3 buah dengan masing masing ketinggian 5 meter. Setiap tingkatan dibatasi dengan kolam batu, sehingga kolam inilah yang dapat dijadikan tempat berenang oleh para pengunjung.

Lokasi : Kedang Ipil, Kotabangun, Kab. Kutai Kartanegara. kalimantan Timur
Jam Buka : 09.00 – 17.00

27. Pantai Mutiara Indah Pangempang Muara Badak

Pantai Pengempang

Salah satu yang menarik adalah jarak tempuh dari pusat kota Samarinda tidak jauh. Oleh karena itu, dapat dijadikan salah satu tujuan wisata di tahun atau waktu libur yang cukup panjang. Mengapa demikian? Keindahan pantai dan suasananya yang asri akan sangat sayang jika hanya dihabiskan dalam sehari atau dua hari. Jika anda ingin mengunjungi pantai ini, pastikan liburan yang akan lalui ini dengan beberapa teman atau keluarga untuk menginap selama beberapa hari.

Keindahan pantai yang didukung dengan beberapa spot menarik akan sangat sayang jika dilewatkan dalam waktu singkat saja. Anda juga dapat menikmati suasana yang sangat nyaman di pantai Pangempang ini dengan bakar bakar ikan, bakar jagung, minum es kelapa muda, dan menikmati beberapa camilan ringan. Pastikan untuk menyewa penginapan yang nyaman untuk melepas lelah selama liburan dengan teman atau keluarga di tempat wisata di Samarinda ini.

Lokasi : Desa Tj. Limau, Dusun Pangempang, Muara Badak, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Cicipi Tempat Wisata Kuliner Jempolan yang ada di Samarinda

28. Rumah Makan Pondok Borneo

Pondok Borneo

Salah satu wisata kuliner yang harus dicoba oleh pengunjung adalah rumah makan pondok Borneo ini. menu utamanya adalah seafood dengan bintang utama kepiting. Ketika anda memasuki rumah makan ini, anda akan disuguhi berbagai kepiting dengan cara memasak yang sangat unik. Cara memasaknya adalah beberapa bagian dipisah dan dibungkus dengan memakai aluminium foil. Menarik bukan?

Kepiting kepiting tersebut dimasak dengan menggunakan bumbu bumbu khusus yang mampu menggoyang lidah para pengunjungnya. Bahkan terdapat pula kepiting soka goreng tepung yang tidak kalah enak. Rekomendasi dari beberapa warga lokal yang juga menyukai masakan rumah makan ini adalah ca kangkung. Di rumah makan ini, ca kangkng merupakan juaranya. Anda dapat menikmatinya dengan perpaduan sambal dan nasi hangat, dijamin nafsu makan meningkat!

Lokasi : Jl. Mayor Jendral Sutoyo No. 15A, Sungai Pinang Dalam, Kec. Sungai Pinang, Samarinda, Kalimantan Timur.
Jam Buka : 10.00 – 22.00

29. Golden Rama Samarinda

Golden Rama Samarinda

Menikmati Indahnya Kota Samarinda tidak lengkap jika tidak menyantap makanan yang paling enak di kota ini. Mengusung tema keluarga, Golden Rama Samarinda hadir untuk memanjakan anda. Tidak heran tempat ini selalu ramai di akhir pekan dengan menu andalannya sup iga kambing dengan kuah bening dan daging super lembut. Cita rasa yang menonjol adalah gurih dan remah yang khas. Untuk yang tidak suka daging, anda dapat mencoba ayam panini dengan kematangan sempurna.

Lokasi : Jl. Pangeran Hidayatullah Aston Samarinda Hotel & Convention Center, Samarinda, Kalimantan Timur

30. RM Anna Samarinda

RM Anna Samarinda

Kalimantan terkenal dengan hasil tangkapan ikannya karena sebagian besar penduduk memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Oleh karena itu, tidak heran jika para pengunjung yang pergi ke Samarinda ketagihan dengan menu ikan bakar. Ikan bakar yang enak adalah daging ikannya lembut dan bumbunya meresap hingga ke dalam. Salah satu rumah makan yang mampu menyajikan ikan bakar terenak adalah RM Anna Samarinda. Sehingga pengunjung pun banyak berdatangan.

Lokasi : Jl. Pangeran Diponegoro No. 8, Ps. Pagi, Kec. Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Buka : 10.00 – 15.00, 17.00 – 22.00

Tempat Berbelanja Oleh-Oleh di Samarinda

31. Plaza Mulia

Plaza Mulia

Letak pusat perbelanjaan ini terhitung sangat strategis karena berada dekat dengan Hotel Mesra Internasional, Balaikota, dan Stadion Segiri. Penyewa tenant yang berada di dalam plaza 5 lantai ini juga perusahaan perusahaan besar, mulai dari tenant makanan, perbelanjaan, hingga permainan atau hiburan. Uniknya, di gedung ini terdapat masjid Syeikh Mahmudin dan menjadi ikon dari bangunan plaza ini. Oleh karena itu, plaza ini salah satu pusat perbelanjaan yang ramai dikunjungi.

Lokasi : Jl. Bhayangkara No. 58, Bugis, Kec. Samarinda Kota, Kalimantan Timur
Jam Buka : 10.00 – 22.00

32. East Kalimantan Center (Pusat Oleh-Oleh Kalimantan Timur)

East Kalimantan Center

Salah satu tempat belanja oleh oleh khas Kalimantan Timur adalah East Kalimantan Center. Tempat oleh oleh ini terkenal hingga ke mancanegara. Telah banyak program pemasaran yang dilakukan, salah satunya memperbarui informasi produk di Twitter dan Instargam, serta telah masuk dalam aplikasi ojek online untuk mengirim produk makanan. Bahkan tempat oleh oleh ini melayani pengiriman keluar kota dengan menggunakan Tiki atau pembelian melalui market place online.

Produk andalan yang menjadi ciri khas dan terpopuler di kalangan wisatawan sangat banyak. Untuk produk makanan, antara lain amplang, lempok durian, gula gait, dan keminting, Untuk produk hasil kerajinan tangan yang dikerjakan oleh 50 pengrajin Kaltim, antara lain tas manik, sarung Samarinda, dan tas rotan. Toko oleh oleh ini diklaim sebagai toko nomor satu dalam hal kelengkapan produk. Tidak heran banayak wisatawan yang mengunjungi dan membeli produk produknya.

Lokasi : Jl. P Antasari No. 1, Air Hitam, Kec. Samarinda Ulu, Kalimantan Timur
Jam Buka : 08.00 – 23.00

33. Big Mall Samarinda

Big Mall Samarinda

Big Mall adalah objek wisata terbaru di kota Samarinda yang masuk ke dalam kategori wisata belanja. Anda dapat menikmati berbagai hal dalam gedung dengan interior modern dan megah ini. Mulai dari perbelanjaan yang menyangkut brand ternama hingga brand yang mampu dijangkau semua kalangan, seperti Matahari. Tidak hanya itu, terdapat pula sajian makanan mulai dari resto hingga food court. Kemudian salon dan tempat hiburan seperti bioskop dan tempat bermain anak.

Lokasi : Jl. Untung Suropati No. 8, Karang Asam Ulu, Kec. Sungai Kunjang, Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Buka : 10.00 – 22.00

34. Samarinda Central Plaza

Central Plaza

Salah satu pusat perbelanjaan terbesar di kota Samarinda adalah Central Plaza. Jika bosan dengan rutinitas harian, anda dapat pergi ke pusat perbelanjaan ini untuk sekadar melepas penat atau nongkrong dengan teman. Di tempat berlantai 5 ini anda dapat menikmati toko buku, gerai makanan, perbelanjaan, permainan, bioskop, salon kecantikan, dan lain sebagainya. Banyak yang disediakan untuk memanjakan para pengunjungnya, sehingga tidak akan bosan di tempat ini.

Lokasi : Jl. Pulau Irian No. 1, Karang Mumus, Kec. Samarinda Kota, Kalimantan Timur
Jam Operational : 24 Jam

35. Kampung Tenun Samarinda

Kampung Tenun Samarinda

Oleh oleh dari Samarinda dengan memberikan kain tenun? Mudah, anda dapat berkunjung ke daerah kampun tenun Samarinda untuk melihat lihat kain yang telah dioleh oleh berbagai pengrajin dengan keahlian yang berbeda. Kain tenun ini dihasilkan dari alat tradisional atau Alat Tenun Bukan Mesin. Setiap sarung yang panjangnya 4 meter x 50 cm ini membutuhkan waktu pembuatan sekitar 7 sampai 15 hari bergantung motifnya. Anda juga dapat memesan, tetapi harus antri selama 1 bulan.

Lokasi : Gg. Pertenunan Jl. Hos Cokro Aminoto, Rapak Dalam, Kec. Samarinda Seberang, Kalimantan Timur

36. Citra Niaga

Citra Niaga

Sebuah komplek perbelanjaan ini telah memenangkan penghargaan arsitektur pada tahun 1989. Pada tahun 2006, paca kebakaran Citra Niaga telah beralih fungsi dari pasar menjadi tempat menjadi membeli oleh oleh untuk keluarga atau teman. Tersedia berbagai pernah pernik atau oleh oleh khas Kalimantan di tempat ini. bahkan anda juga dapat membeli amplang kuku macan dan berbagai jenis dodol khas Samarinda, serta aksesoris lainnya.

Para pengujung yang datang ke Samarinda sebaiknya juga mengunjungi Citra Niaga untuk membeli oleh oleh dan melihat bekas pusat perbelanjaang yang pernah jaya ini. anda dapat menawar barang barang yang dijajakan di tempat ini dengan memperhatikan keaslian barang yang akan dibeli. Bagi pengunjung perempuan sebaiknya tidak memakai sepatu berhak tinggi karena keliling Citra Niaga akan cukup melelahkan. Dan jangan lupa selalu menjaga kebersihan di tempat ini.

Lokasi : Komplek Citra Niaga, Jl. Niaga Selatan
Jam Buka : 10.00 – 22.00

Baca Juga : 31 Tempat Wisata Di Padang Yang Wajib Anda Ketahui

Setelah berkutat dengan aktivitas yang padat, setiap orang memang butuh untuk mengambil jeda liburan. Hal itu bermanfaat untuk menyegarkan kembali pikiran. Liburan memang harus direncanakan dengan matang. Oleh karena itu, penting untuk memilih beberapa destinasi yang akan dikunjungi, terutama jika ke kota besar yang memiliki rekomendasi objek wisata yang banyak. Sudahkah anda memilih satu satu objek wisata yang akan dikunjungi, ketika pergi ke Samarinda?

  • Leave a reply