31 Tempat Wisata Di Padang Yang Wajib Anda Ketahui

tempat wisata Pulau Pamutusan di padang

Padang – Ada banyak sekali berbagai tempat wisata yang tersebar di Kota Padang ini. Mulai dari tempat wisata alamnya yang memukau, adat dan budaya yang diajarkan di kota Padang, serta wisata kuliner yang wajib hukumnya kalian cicipi ketika berlibur di kota Padang ini.

Berada di Pulau Sumatera, tidak sedikit juga wisatawan yang ternyata sering berpergian untuk berlibur dan menikmati pemandangan alam di kota Padang. Yuk simak ulasan ini untuk mengetahui destinasi wisata apa saja yang ada di wilayah Padang dan sekitarnya.

Tempat Wisata Yang Ada Di Padang Dan Sekitarnya

Kalian hendak merencanakan liburan ke Padang ? Disini kami telah mengumpulkan informasi mengenai beragam tempat wisata yang ada di Padang yang bisa kalian kunjungi.

Berbagai tempat destinasi wisata yang indah, siap untuk anda telusuri di negeri Indonesia ini. Nah, kami dari Infowisataid.com akan membahas dan mereferensikan 31 Tempat Wisata di Padang yang Wajib dan Recomended untuk dikunjungi saat berlibur.

1. Goa Batu Kapal

tempat wisata Goa Batu Kapal di padang

Goa Batu Kapal menjadi salah satu tempat wisata yang populer bagi masyarakat Minangkabau. Goa yang sedang dalam tahap pengajuan menjadi geopark nasional ini, memiliki belasan goa dengan empat ruangan besar. Namun, baru tiga ruangan saja yang aman untuk dikunjungi. Masing masing ruangan tersebut tentu saja memiliki keunikan tersendiri. Jika Anda mengambil gambar, setiap sisi pada gua Batu Kapal akan menghasilkan pemandangan yang berbeda.

Saat Anda memasuki ruangan satu pada gua, pengunjung akan disajikan dengan pemandangan menakjubkan dari susunan batu stalakmit dan juga stalaktit. Dimana susunan batu tersebut akan memancarkan warna warna yang begitu indah. Sedangkan pada ruangan dua dan tiga gua Batu Kapal, pengunjung akan menemukan sungai kecil yang berada di lantai gua. Dan juga pada bagian dindingnya, terdapat pemandangan memukau warna warna yang memancar saat sinar matahari masuk.

Lokasi : Sungai Kunyit Barat, Sangir Balai Janggo, Kab. Solok Selatan, Sumatera Barat
Jam Buka : 07.00 – 17.00
Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang
Biaya Parkir : Rp 5.000 – Rp 10.000
Biaya pemandu : Rp 5.000

2. Taman Wisata Banto Royo

Taman Wisata Banto Royo

Banto Royo merupakan destinasi wisata yang berdiri atas lahan seluas 6,3 hektar. Dan 80 persen wilayah tersebut merupakan wilayah perairan. Pada tempat wisata baru ini, pengunjung akan disajikan dengan pemandangan sawah kamang dan juga jejeran bukit barisan. Di taman wisata tersebut, juga terdapat banyak wahana bermain yang tentunya seru untuk dimainkan. Pengunjung bisa berkeliling dengan menggunakan perahu, bermain di lapangan lumpur, main seluncur air, dan wahana lainnya.

Lokasi : Jl. Kaluang Tapi, Koto Tangah, Tilatang Kamang, Kab. Agam, Sumatera Barat
Jam Buka : 10.00 – 16.30
Tiket Masuk : Rp 10.000 – Rp 20.000 per orang

3. Puncak Gagoan

tempat wisata Puncak Gagoan di padang

Objek wisata satu ini, menjadi populer karena panoramanya yang sangat indah ketika dijadikan latar belakang foto. Puncak Gagoan memiliki keindahan alam yang unik yang dilengkapi dengan batu karang. Dari tempat ketinggian tersebut, Anda bisa menyaksikan panorama dari danau luasnya danau Singkarak. Dari bukit tersebut, Anda bisa menyaksikan kecuraman dengan batuan karang yang berwarna putih dengan kemiringan 90 derajat.

Saat berada di puncak Gagoan, pengunjung bisa menikmati hembusan angin alami dan sejuk yang lumayan kencang. Hal tersebut karena puncak Gagoan dikelilingi hutan yang akan terus melepaskan oksigen ke arah bukit. Untuk menjaga keselamatan pengunjung di puncak Gagoan, pengelola bersama pemuda setempat telah memberikan rambu rambu larangan tempat yang tidak boleh dikunjungi. Hal tersebut agar pengunjung tidak lupa diri saat akan mendapatkan spot foto yang indah.

Lokasi : Paninggahan, Junjung Sirih, Solok, Sumatera Barat
Jam Buka : 07.00 – 17.30

4. Danau Maninjau

tempat wisata Danau Maninjau di padang

Danau Maninjau merupakan salah satu danau vulkanik yang ada di Indonesia. Di danau dengan luas 10 km tersebut, pengunjung bisa melakukan kegiatan memancing. Pengunjung pun juga bisa berkeliling danau dengan perahu maupun kano. Jika hanya ingin bersantai, Anda bisa hanya duduk menikmati pemandangan danau dan merasakan hembusan angin sejuk disekitar danau.

Yang lebih menarik dari wisata di Padang ini, Anda dapat menyaksikan panorama danau Maninjau tidak hanya dari bibir danau saja tetapi juga bisa melihat dari ketinggian. Dari ketinggian kelok 44, keindahan Danau Maninjau tidak kalah eloknya untuk dilihat. Pasalnya, dari ketinggian tersebut panorama danau sangat indah. Lengkap dengan sawah dan juga lahan hijau yang mengelilingi danau Maninjau.

Lokasi : Kec. Tj. Raya, Kab. Agam, Sumatera Barat

5. Danau Biru Sawahlunto

tempat wisata Danau Biru Sawahlunto di Padang

Danau satu ini, dahulunya merupakan sebuah galian tambang perusahaan batu bara. Kini wisata satu ini menjelma menjadi destinasi wisata yang tentunya menawan dan juga seru untuk dikunjungi. Danau Biru merupakan danau buatan yang menampung air dengan warna biru yang menakjubkan. Didukung dengan pemandangan di sekitarnya, danau satu ini bisa loh jadi tempat mengambil gambar yang instagramable.

Lokasi : Tumpuak Tangah, Talawi, Sawah Lunto, Sumatera Barat
Jam Buka : 08.00 – 18.00

6. Pulau Pamutusan

tempat wisata Pulau Pamutusan di padang

Untuk mencapai pulau ini, pengunjung harus menyeberang selama kurang lebih 60 menit dengan menggunakan kapal nelayan ataupun speedboat. Pulau satu ini memiliki nama Pamutusan karena, terdapat semenanjung yang akan menjadi daratan dengan pasir putih berkilauan ketika air laut surut. Destinasi wisata pulau Pamutusan memiliki pantai pasir putih yang indah, dengan dikelilingi pohon kelapa dan juga bakau.

Jika berkunjung di pulau ini, maka Anda akan mendapatkan beberapa pemandangan yang berbeda beda dari setiap sisi pulau. Yang tentunya tetap saja panoramanya menakjubkan. Jika Anda berada di tengah pulau dan menghadap ke depan, maka daratan Sumatera akan terlihat. Sementara jika Anda menghadap ke arah kiri, maka akan melihat pulau Panggang. Selain bermain di pulau Pamutusan, Anda juga bisa menikmati senja dengan pemandangan yang elok.

Lokasi : Sungai Pinang, Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat

7. Masjid Tuo Kayu Jao

tempat wisata Masjid Tuo Kayu Jao di padang

Untuk Anda yang ingin melakukan wisata religi, bisa mengunjungi Masjid Tuo Kayu Jao. Di tempat tersebut, pengunjung akan menemukan bangunan masjid dengan arsitektur yang unik. Dimana, pada atap masjid dibuat dari ijuk berwarna hitam serta pada bagian dinding dan lantai terbuat dari papan yang juga dibalut dengan warna hitam. Konon, masjid tersebut dibangun pada tahun 1559. Namun penjelasan dari penjaga, masjid Tuo kayu jao dibangun pada tahun 1419.

Masjid tersebut mengalami asimilasi terhadap kebudayaan Minangkabau, yakni rumah Gadang. Pada bagian migrab, memiliki atap dengan bentuk berbeda yakni berbentuk gonjong. Yang menjadi salah satu ikon dari masjid tersebut yakni terdapat sebuah bedug yang terletak di sebelah masjid. Dan diperkirakan jika bedug tersebut memiliki usia yang sama dengan masjid Tuo Kayu Jao.

Lokasi : Dusun 3, Kayu Jao, Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat
Jam Buka : 08.00 – 20.00

8. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat

Hal yang paling mencolok dari masjid Raya Sumatera Barat satu ini, adalah tampilannya yang tidak memiliki kubah seperti masjid lainnya. Selain itu salah satu wisata di Padang ini juga dirancang menjadi masjid yang tahan gempa hingga magnitudo 10. Pada dinding masjid, memiliki corak ukiran Minangkabau. Pada ruang utama masjid, dipenuhi dengan interior ukiran Minang dan juga kaligrafi.

Selain itu, pada bagian mihrobnya terlihat seperti hajar aswad dan dibagian tersebut terdapat ukiran asmaul husna dengan warna emas. Masjid Raya Sumatera Barat juga memiliki julukan masjid seribu pintu, karena arsitekturnya yang memiliki cukup banyak pintu. Menariknya, pada samping masjid juga terdapat menara yang memiliki corak seperti masjid Nabawi yang ada di Madinah. Dimana menara tersebut membuat masjid Raya Sumatera Barat terlihat semakin megah.

Lokasi : Jl. Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Sumatera Barat
Jam Buka 24 jam

9. Gua Ngalau Indah Pangian

Gua Ngalau Indah Pangian

Destinasi satu ini merupakan wisata alam yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Saat mengunjungi goa Ngalau Indah Pangian, pengunjung akan merasakan seperti memiliki sebuah gua pribadi. Hal tersebut karena belum banyak yang mengunjungi gua satu ini. Saat memasuki gua, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan stalaktit dan juga stalakmit. Dalam gua tersebut, pengunjung juga bisa menyaksikan penduduk setempat yang menjaga sarang burung walet.

Destinasi wisata yang satu ini merupakan gabungan dari gua, sungai yang mengalir, rimbunnya pepohonan hijau, serta nuansa alamnya yang masih sangat asri dan menyegarkan. Di tempat tersebut, Anda juga bisa menyusuri aliran sungai dengan naik perahu sampan yang dapat disewa dari penduduk setempat. Aliran sungai yang tidak deras, mampu membuat pengunjung menjadi rileks sambil menikmati pemandangan yang masih asri dan menyegarkan mata.

Lokasi : Pangian, Lintau Buo, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat

10. Lawang Adventure Park

tempat wisata Lawang Adventure Park di padang

Tempat wisata di Padang ini, merupakan salah satu tempat asyik dan seru untuk melihat pemandangan danau Maninjau dari ketinggian. Dari tempat ini, pengunjung dapat melihat pemandangan menyejukkan mata dari danau Maninjau yang biru dengan dikelilingi rumah rumah penduduk di tepiannya. Serta adanya perbukitan yang memagarinya. Tempat ini juga mendapatkan julukan the second place of Swedia.

tempat wisata Lawang Adventure Park di padang

Dimana julukan tersebut diberikan oleh wisatawan mancanegara, yang terhipnotis oleh kecantikan pemandangan danau Maninjau dari ketinggian. Pada saat matahari terbit, pengunjung dapat melihat dari Lawang Adventure Park. Selain itu, di tempat tersebut pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana yang seru untuk mengisi waktu liburan.

Lokasi : Unnamed Road, Lawang, Matur, Kab. Agam, Sumatera Barat
Jam Buka : 24 Jam

11. Air Terjun Lubuk Hitam

tempat wisata Air Terjun Lubuk Hitam di padang

Saat memasuki gerbang masuk air terjun ini, pengunjung akan disuguhkan dengan bukit hijau yang terbentang, dan disela sela bukit tersebut tersembunyi air terjun lubuk hitam. Air terjun ini juga sering disebut dengan air terjun tiga tingkat, hal tersebut karena ada tiga ada tiga air terjun sekaligus yang berada di tempat tersebut. Anda dapat mendaki ke air terjun pertama dan kedua, karena medannya yang relatif mudah karena tidak terlalu menanjak.

Untuk mencapai air terjun ketiga, pengunjung perlu menjadi selama 20 menit. Namun rasa lelah dan juga capek pada saat mendak akan terbayar ketika telah sampai di titik tertinggi tersebut. Air terjun lubuk hitam memiliki air yang begitu jernih dan juga segar. Jika beruntung, pengunjung sesekali dapat melihat bias pelangi yang muncul saat percikan air terkena sinar matahari.

Jika pengunjung dari ketinggian tersebut melihat ke arah kiri, maka bisa melihat Pelabuhan Bungus dan juga laut lepas yang berwarna kebiruan. Umumnya air terjun Lubuk Hitam akan rami ketika akhir pekan, atau pada saat saat khusus seperti mandi balimau atau madi bersama menjelang bulan ramadhan. Di acara tersebut pengunjung tempat wisata di Padang ini bisa mencapai 1000 orang lebih dalam sehari.

Lokasi : Teluk Kabung Utara, Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat
Jam Buka : 24 Jam
Tiket Masuk : Free
Biaya parkir : Rp 2.000 – Rp 5.000

12. Pasir Timbul, Pulau Siburu

Pasir Timbul, Pulau Siburu

Tidak hanya kepulauan Derawan dan Raja Ampat saja yang memiliki pasir timbul, salah satu pulau di Sumatera Barat ini ternyata juga punya. Pasir timbul tersebut tepatnya berada di pulau Siburu Mentawai. Pulau pasir timbul ini hanya akan muncul ketika air laut sedang surut, kemudian tempat tersebut akan menyajikan sebuah pemandangan mengagumkan sebuah pulau berpasir putih yang dikelilingi birunya lautan yang jernih.

Lokasi : Kab. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

13. Air Terjun Bayang Sani

tempat wisata Air Terjun Bayang Sani di Padang

Air terjun Bayang Sani merupakan air terjun terbesar di wilayah Pesisir Selatan. Air terjun ini dikenal memiliki 5 tingkatan, namun hanya dua tingkatan saja yang dibuka untuk umum. Air terjun pada tingkatan pertama menjadi tempat favorit para pengunjung. Tinggi dari air terjun Bayang Sani tingkat pertama ini sekitar 80 meter, yang kemudian mengalir menjadi tiga cabang di atas bebatuan

Di bawah air terjun Bayang Sani pertama terdapat lubuk, dimana tempat tersebut biasanya dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk bermain air. Selain itu, di sekitar lubuk juga terdapat beberapa warung dan juga penyedia sewa ban untuk pengunjung yang tidak bisa berenang. Jika pengunjung puas menikmati pemandangan air terjun tingkat pertama, kemudian bisa melanjutkan pada tingkat kedua.

Pada tingkat kedua ini, jarang pengunjung yang mendatangi. Hal tersebut dikarenakan letaknya yang sedikit jauh dengan jalan setapak, selain itu juga karena jalannya yang harus agak mendaki. Bentuk air terjun tingkat kedua ini, hanya ada satu air terjun yang berdiri setegak 25 meter. Lubuk yang terdapat pada tingkat ini terlihat dalam, dimana ditandai dengan warna airnya yang kehijauan.

Lokasi : Koto Berapak, Bayang, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat
Jam Bula : 08.00 – 16.00

14. Danau Singkarak

Danau Singkarak

Selain menjadi sumber pembangkit listrik, danau Singkarak juga cukup dikenal sebagai destinasi wisata bagi kalangan wisatawan domestik. Danau satu ini memiliki pemandangan alami yang akan membuat pengunjung menjadi betah berlama lama disana. Dimana pengunjung bisa melihat bentang air yang luas yang dikelilingi barisan perbukitan yang hijau di sekitar danau Singkarak.

Objek wisata di Padang satu ini, mudah dijangkau oleh pengunjung. Bahkan para pengunjung dapat mengelilingi danau tersebut dengan mudah. Hal tersebut dikarenakan letak jalan raya yang langsung berbatasan dengan pinggir danau. Pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas termasuk menikmati pemandangan di pinggir danau, berenang di danau, memancing ikan, atau juga bisa menaiki sampan untuk mengelilingi danau.

Di danau Singkarak terdapat berapa tempat menarik yang bisa dikunjungi, salah satunya yakni dermaga Singkarak. Dimana dermaga tersebut sering dikunjungi oleh wisatawan, selain itu dermaga satu ini juga sering dijadikan pusat kegiatan olahraga sepeda yang bertaraf internasional. Selain itu, Anda juga bisa menikmati danau Singkarak dari ketinggian melalui puncak Gobah dan juga puncak Thailand.

Lokasi : Kab. Solok dan Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat

15. Air Terjun Lambah Anai

tempat wisata Air Terjun Lambah Anai di Padang

Salah satu ai terjun Lembah Anai terletak di pinggir jalan raya Padang Bukittinggi. Sedangkan rangkaian air terjun yang ada di Cagar Alam Lembah Anai, masih harus menempuh perjalanan beberapa waktu. Untuk pengunjung yang ingin menyaksikan keenam air terjun lainnya, maka diharuskan berjalan kaki menyusuri Cagar Alam Lembah Anai kurang lebih selama dua jam. Saat lelah di perjalanan, pengunjung bisa beristirahat sejenak dan bisa mengagumi bentang alam yang terdapat di Lembah Anai.

Deretan perbukitan yang ada, menutupi keindahan air terjun setinggi 35 meter yang berada di pinggir jalan raya tersebut. Maka tidak mengherankan jika pada saat liburan, jalan dekat tempat wisata alam ini akan padat. Pasalnya banyak pengguna jalan yang tidak hanya melewati saja, namun juga ingin tetap singgah demi menyaksikan keindahan air terjun tersebut. Ramainya pengunjung tersebut kemudian, mendorong munculnya beberapa fasilitas seperti lahan parkir yang luas, toko souvenir, hingga penginapan.

Lokasi : Singgalang, Sepuluh Koto, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat
Tiket Masuk : Rp 1.500 per orang

16. Danau Kembar

Danau Kembar

Danau kembar merupakan julukan yang diberikan oleh penduduk setempat untuk danau Diateh (Di Atas) dan Danau Di Bawah. Dua danau ini memiliki luas yang hampir sama dengan letak yang hampir berdekatan. Oleh karena itu, banyak yang memanggil kedua ini sebagai danau kembar. Lokasi dari dua danau ini berada di ketinggian sehingga menyebabkan suasana objek wisata tersebut menjadi dingin.

Mengesampingkan suasana danau yang dingin, danau kembar menyuguhkan panorama yang indah. Dimana memiliki latar belakang pegunungan yang kerap kali dibalut dengan kabut tebal. Saat berkunjung, Anda bisa melihat aktivitas petani sayuran di sekitar danau tersebut. Hal unik dari kedua danau tersebut yakni, danau yang letaknya berada sedikit di atas diberi nama danau Di Bawah. Sedangkan danau yang posisinya sedikit di bawah diberi mana danau Di Atas.

Selain dapat menikmati pemandangan danau kembar, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan gunung Api Talang yang masih Aktif. Di danau kembar juga terdapat agrotur yang luas dan juga khas, seperti perkebunan teh, perkebunan bunga, hingga perkebunan markisa. Anda yang memiliki hobi memancing juga bisa menyalurkan hobi tersebut dengan memancing di salah satu danau.

Lokasi : Lembang Jaya, Lembah Gumati, Solok, Sumatera Barat

17. Wisata Alam Tonang

Wisata Alam Tonang

Untuk Anda yang menggemari jenis bunga atau juga taman, mungkin bisa mengunjungi tempat wisata alam Tonang ini di Kota Padang. Bermula dari lahan yang tidak diurus, tempat tersebut kemudian menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi. Di taman tersebut pengunjung bisa menikmati keindahan ribuan tanaman bunga yang cantik dan sangat mempesona, yang mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Di taman tersebut, bagi wisatawan yang memiliki hobi fotografi pasti akan betah berlama lama. Pasalnya tempat wisata di Padang ini, banyak sekali spot foto yang sangat bagus. Banyak bunga yang berwarna warni dapat mempercantik hasil foto yang telah diambil. Di taman tersebut, banyak terdapat beragam jenis bunga yang sengaja ditanam untuk memberikan kesan yang mempesona.

Selain keindahan bunga yang ada di taman tersebut, yang membuat pengunjung menjadi betah yakni udaranya yang sejuk. Sehingga banyak yang betah berlama lama dengan suasana taman alam Tonang ini. Hal tersebut karena perpaduan dari pemandangan yang sangat indah dengan udara yang sejuk, serta banyaknya pohon pohon hijau yang mengelilingi taman bunga Tonang.

Lokasi : Sundata, Lubuk Sikaping, Kab. Pasaman, Sumatera Barat
Jam Buka : 09.00 – 17.00
Tiket Masuk : Rp 10.000

18. Air terjun Langkuik Tinggi

tempat wisata Air terjun Langkuik Tinggi di Padang

Untuk mencapai lokasi air terjun Langkuik Tinggi, pengunjung harus melewati perjalanan sekitar 1,5 kilometer. Di perjalanan tersebut, pengunjung akan melewati sungai, hutan, dan juga sawah yang tentu saja dapat menjadi pemandangan yang menyegarkan mata. Kemudian wisatawan juga akan melewati lahan perkebunan yang memiliki kemiringan hingga 70 derajat. Untuk menjaga keselamatan pengunjung, sepanjang trek tersebut telah diberi pijakan dan tali oleh pengelola.

Air terjun Langkuik Tinggi, terdiri dari lima air terjun yang memiliki keunikan dan pesona yang berbeda beda. Disetiap tingkatan air terjun Langkuik Tinggi, bakal menyuguhkan pemandangan yang menyegarkan mata. Dimana lokasi tersebut juga sangat bagus untuk wisatawan yang menggemari petualangan dan tantangan. Bagi penduduk setempat, air terjun Langkuik Tinggi umumnya digunakan sebagai tempat menyegarkan diri selepas beraktivitas seharian di ladang.

Pasalnya di air terjun tersebut memiliki aliran air yang cukup deras dan sangat menyegarkan badan. Namun tidak hanya itu, air terjun langkuik Tinggi juga menghadirkan sensasi udara yang sejuk. Ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan ketika mengunjungi air terjun satu ini. Selain bersantai menikmati panorama air terjun dan juga bersantai, Anda bisa bermain air ataupun berenang disana.

Lokasi : Malalak Barat, Malalak, Kab. Agam, Sumatera Barat
Tiket Masuk : Rp 5.000
Biaya Parkir : Rp 5.000

19. Kota Tua Padang

tempat wisata Kota Tua di Padang

Tempat wisata satu ini, semakin banyak menarik minat wisatawan di kota Padang. Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Tempat wisata satu ini yakni adanya kapal yang terparkir apik di kota Tua Padang. Hal tersebut kemungkinan karena kawasan kota tersebut berada disisi lain dari aliran sungai Batang Harau dan langsung terhubung ke laut. Maka tidak mengherankan jika banyak pengunjung yang datang , terutama anak anak untuk melihat kapal tersebut.

Selain menikmati suasana kota Padang di zaman dahulu, banyak pengunjung yang juga ingin menyaksikan pemandangan gunung Padang di tempat tersebut. Kota Tua Padang juga cocok digunakan untuk tempat nongkrong. Selain itu, tempat wisata di Padang satu ini juga memiliki beberapa spot bagus untuk berfoto. Banyak pengunjung yang mengaku jika ditempat tersebut cocok untuk menenangkan pikiran.

Selain anak muda ternyata tempat tersebut juga kerap dikunjungi oleh para orang tua yang serta mengajak anak anaknya. Lokasi tersebut semakin ramai, sejak setiap sore para komunitas skateboard yang bermain pada sore hari. Jika Anda menggemari pemandangan vintage, mungkin bisa menjelajahi kota tua ini. Pasalnya banyak bangunan dengan gaya tempo dulu yang tersebar di objek wisata ini.

Lokasi : Berok Nipah, Padang Barat, Sumatera Barat
Jam Operasional : 24 Jam

20. Jembatan Akar Bayang

Jembatan Akar Bayang

Jembatan akar yang terletak diatas sungai Batang Bayang ini, terbentuk dari akar batang beringin dan batang kubang yang dipercaya telah berusia lebih dari 100 tahun. Jembatan tersebut kemudian menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena banyaknya pengunjung yang antusias, jembatan akar tersebut kemudian di topang dengan besi agar lebih kuat.

Dari atas jembatan, pengunjung bisa melihat ikan yang berenang di dalam sungai. Namun, ikan ikan tersebut tidak boleh ditangkap oleh pengunjung. Jembatan akar tersebut semakin magis dengan air sungai yang jernih diantara batu batuan sungai. Sehingga pada saat menyeberang jembatan akar tersebut, pengunjung seakan akan berada dalam negeri dongeng. Apalagi ditambah dengan banyaknya pohon lebat yang tumbuh di sekitar sungai Batang Bayang.

Lokasi : Puluik Puluik, Nagari Bayang IV Utara, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat

21. Tabiang Takuruang

Tabiang Takuruang

Destinasi wisata satu ini memiliki Tabiang Takurang karena tabiang tersebut dikelilingi oleh tebing tebing lain yang mengapitnya. Apalagi Tabiang Takurang berada di tengah tengah pemandangan hijau hutan yang menyejukkan mata. Kabarnya sebelum terjadi gempa, tinggi tabiang tersebut kurang lebih 100 meter. Sekarang tingginya berkurang karena beberapa bagian mengalami keruntuhan.

Destinasi wisata satu ini, karena adanya Tabiang Takurung berada ditengah tengah tebing lainnya membuatnya menjadi objek wisata yang unik. Para pengunjung juga mengagumi tempat tersebut karena selain ada tebing, juga terdapat aliran sungai di antara tebing tebing tersebut. Tentu saja hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Tempat tersebut juga memiliki spot foto yang bagus.

Lokasi : Sianok Anam Suku, Koto, Kab. Agam, Sumatera Barat

22. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok merupakan salah satu destinasi wisata yang terbentuk akibat adanya patahan bumi. Patahan tersebut berbentuk memanjang dan juga berkelok kelok, dari selatan nagari Koto Gadang hingga ke nagari Sianok Anam Suku dan berakhir di Palupuh. Patahan bumi tersebut membentuk dinding curam yang tegak lurus, yang juga terdapat lembah dan aliran air sungai.

Di dasar Ngara Sianok selain terdapat aliran sungai Batang Sianok yang jernih, banyak tumbuhan yang tumbuh subur hingga membentuk hutan. Dimana hutan tersebut menjadi lokasi yang aman untuk satwa dan fauna yang hidupnya bergantung dengan alam. Beberapa satwa yang dapat dijumpai di sepanjang aliran sungai yakni Siamang atau monyet berekor panjang, rusa, tapir rusia, macan tutul, dan babi hutan.

Lokasi : Jl. Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Kab. Agam, Sumatera Barat
Jam Buka : 09.30 – 17.30

23. Green House Lezatta Bukittinggi

Green House Lezatta Bukittinggi

Objek wisata satu ini merupakan sebuah taman bunga yang dikombinasikan dengan replika rumah rumah dari cerita negeri dongeng. Tempat Wisata di Padang ini, selain mendapatkan banyak spot foto yang cantik pengunjung juga mendapatkan edukasi tentang berbagai jenis bunga. Pasalnya di tempat tersebut terdapat lebih dari seratus jenis bunga, mulai dari bunga anggrek, beberapa jenis kaktus hingga jenggot Musa tumbuh di Green House ini.

Lokasi : Koto Hilalang, Jl. Raya Bukittinggi – Payakumbuh No. 23, Lambah, Kec. Ampek Angkek, Kab. Agam, SumBar
Jam Buka : 08.00 – 16.00
Tiket Masuk : Rp 5.000 – Rp 10.000
Biaya Parkir : Rp 5.000

24. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana

Pantai satu ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di sumatera Barat. Pantai Nirwana sangat cocok bila dijadikan destinasi wisata untuk keluarga. Pasalnya ombak dari pantai ini tidak terlalu besar, selain itu pasir pantainya juga putih bersih. Bibir pantai Nirwana juga luas dan landai, sehingga sangat cocok untuk Anda dan keluarga bermain air bersama atau hanya untuk bersantai menikmati pemandangan.

Di sekitar pantai juga sudah banyak kios kios yang berdiri, yang menjajakan dagangan. Mulai dari kios menjual kaos, pernak pernik pantai, kacamata, hingga menjual makanan. Dari pantai ini, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan kapal kapal yang tengah singgah di pelabuhan Teluk Bayur. Pada malam hari, pantai Nirwana tidak kalah mempesona. Lampu lampu kapal yang berlabuh terlihat sangat indah, bahkan suasana romantis pun dapat tercipta.

Lokasi : Jl. Raya Padang – Painan, Teluk Bayur, Kec. Padang Selatan, Sumatera Barat
Jam Buka : 06.00 – 18.00

25. Pelataran Jam Gadang

Pelataran Jam Gadang

Jam Gadang merupakan landmark Sumatera Barat dan sering dijadikan destinasi wisata. Dimana jam ikonik tersebut dibuat oleh arsitek dunia dengan menggunakan petunjuk angka romawi kuno. Maka tidak mengherankan jika tempat ini banyak digunakan sebagai spot foto bagi wisatawan. Selain menikmati objek wisata, pengunjung juga bisa berkunjung di pelataran Jam Gadang untuk berburu oleh oleh.

Banyak barang yang dijajakan oleh pedagang mulai dari kaos dengan sablon Bukittinggi, pakaian, hingga miniatur Jam Gadang. Selain itu juga banyak yang menjajakan oleh oleh khas dari tanah Minang tersebut di pelataran Jam Gadang. Lokasi wisata di Padang ini, tidak pernah sepi dari pengunjung. Dari pagi hingga malam hari, landmark Bukittinggi ini selalu ramai dengan wisatawan maupun pedagang oleh oleh.

Lokasi : Jl. Raya Bukittinggi – Payakumbuh, Sumatera Barat

26. Pantai Air Manis batu Malin Kundang

Pantai Air Manis batu Malin Kundang

Cerita Malin Kundang merupakan kisah dongeng yang menceritakan anak durhaka yang dikutuk oleh ibunya menjadi batu. Dimana mitos tersebut masih berkembang di masyarakat, termasuk bagi masyarakat Pantai Air Manis Batu Malin Kundang. Bahkan adanya legenda tersebut menjadi daya tarik bagi sebagian wisatawan, yang penasaran untuk melihat batu Malin Kundang.

Namun selain mengobati rasa penasaran dengan batu Malin Kundang, tempat tersebut menjadi favorit wisatawan karena memiliki gelombang yang rendah. Selain itu, pengunjung pantai juga bisa melihat pemandangan yang elok dari gunung Padang. Selain itu, di dekat pantai Air Manis juga terdapat sebuah pulau bernama Pisang Kecil. Dimana dari pagi hingga sore, pengunjung dapat berjalan kaki ke pulau tersebut melewati air yang dangkal.

Pada saat air laut naik, pengunjung bisa menggunakan perahu untuk kembali. Selain mengunjungi pulau Pisang kecil, pengunjung juga bisa menyewa perahu motor untuk bisa berkeliling ke pulau dekat pantai Air Manis. Seperti berkunjung ke pulau Sikuai yang terletak di dekat pulau Pisang. Selain itu di tempat wisata alam ini, pengunjung juga bisa melakukan wisata kuliner untuk memanjakan perut.

Lokasi : Air Manis, Padang Selatan, Sumatera Barat
Jam Buka : 24 Jam
Tiket Masuk : Rp 5.000

Saatnya Berkuliner Selama Berlibur di Kota Padang

27. Kiniko Enterprise

Kiniko Enterprise

Untuk Anda penggemar kopi, mungkin bisa mampir ke Kiniko Enterprise, di daerah Tanah Datar. Pasalnya di tempat tersebut menyediakan kopi khas padang yang wajib untuk dicoba. Kopi yang disediakan oleh Kiniko Enterprise juga memiliki banyak macam, mulai dari kopi yang terbuat dari biji kopi sampai yang terbuat dari daun kopi. Apalagi aroma yang dimiliki oleh kopi juga sangat menggugah indra penciuman.

Jika Anda menikmati kopi di tempat ini, Anda akan merasakan sensasi minum kopi dengan gaya tradisional. Yakni minum kopi dengan batok kelapa. Untuk mencapai ke tempat ini, Anda tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya memerlukan waktu 1 jam dari kota Padang, Anda bisa menikmati kopi khas tanah Minang. Lokasi ini bahkan tidak pernah sepi pengunjung, demi menikmati kopi sambil melihat pemandangan yang elok dilihat.

Lokasi : Jl. Raya Batusangkar, Tabek Patah, Salingpaung, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat
Jam Buka : 08.00 – 18.30

28. Sate Daguang-Daguang Nan Lamo

Sate Daguang-Daguang Nan Lamo

Jika Anda telah puas dengan wisata alam, saatnya berpindah ke wisata kuliner yang ada di wilayah Padang. Destinasi wisata kuliner ini merupakan sebuah tempat makan di kota padang yang memiliki nama Sate Daguang-Daguang. Dari namanya, dapat diketahui jika tempat makan ini menyajikan menu andalan sate daging. Dimana daging sapi yang digunakan tentu saja yang berkualitas dan memiliki tekstur empuk. Sehingga siap untuk menggoyang lidah Anda.

Sate khas Payakumbuh satu ini, memiliki warna kuah sate yang kental namun ada semburat merah didalamnya. Selain itu, potongan daging pada sate ini juga lebih besar dan tebal. Dengan memilih daging yang berkualitas dan dikombinasikan dengan daging lidah sapi. Warna daging sate khas Payakumbuh ini juga tidak coklat, melainkan coklat dengan semburat bumbu kuning.

Lokasi : Jl. Sudirman, Kel. Daya Bangun, Kec. Payakumbuh Barat, Sumatera Barat
Jam Buka : 15.00 – 02.00

29. Lubuk Idai

Lubuk Idai

Wisata kuliner merupakan salah satu destinasi yang sayang sekali jika dilewatkan. Salah satu tempat makan yang populer yakni rumah makan Lubuk Idai yang terkenal akan masakannya yang bercita rasa khas kota Padang. Di tempat makan tersebut, Anda akan disuguhkan berbagai makanan laut, yang dimasak dengan bumbu rempah khas Minang. Namun tempat makan Lubuk Idai, tidak hanya menjual makanan olahan laut saja, Anda bisa menemukan menu andalah lainnya di rumah makan ini.

Lokasi : Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat
Jam Buka : 08.00 – 22.00

Tempat Wisata Berbelanja Oleh-Oleh di Kota Padang

30. Toko Oleh Oleh Keripik Balado Shirley

Toko Oleh Oleh Keripik Balado Shirley

Untuk Anda yang mencari oleh oleh makanan khas Padang, mungkin bisa mengunjungi toko Keripik Baldo Shirley. Toko ini terletak di pusat kota Padang, sehingga jika Anda berniat membeli oleh oleh bisa langsung mendatangi saja. Di toko tersebut banyak menjual berbagai makanan khas yang ada di tanah Minang, salah satunya keripik balado yang terbuat dari singkong yang dipotong panjang panjang dan digoreng. Kemudian keripik tersebut diolesi dengan racikan saus pedas.

Lokasi : Jl. Gereja No. 36 (Belakang Tangsi), Kec. Padang Barat, Sumatera Barat
Jam Buka : 07.30 – 21.30

31. Pasar Atas Bukittinggi

Pasar Atas Bukittinggi

Pasar atas Bukittinggi merupakan salah satu pusat perbelanjaan bagi wisatawan yang sedang berkunjung di tanah Minang. Pasar tersebut memperjualbelikan banyak barang hingga souvenir yang cantik. Pasar ini, merupakan peninggalan zaman kolonial Belanda yang pernah menjajah Indonesia. Namun sayangnya, pasar ini sedang dalam tahapan renovasi karena beberapa saat yang lalu terjadi kebakaran.

Di pasar Atas Bukittinggi, para wisatawan bisa menemukan banyak aksesoris yang dijual mulai dari kaos, gantungan kunci, kacamata, hiasan rambut, hingga pernak pernik lainnya. Selain itu, di pasar Atas Bukittinggi juga terdapat area wisata kuliner. Salah satu makanan yang banyak menarik wisatawan yakni nasi kapaunya. Maka tidak mengherankan jika pasar ini menjadi area wisata berbelanja yang menyenangkan.

Lokasi : Jl. Cindua Mato No. 116, Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat

Baca Juga : 36 Tempat Wisata di Samarinda yang Kamu Wajib Coba!

Itulah beberapa destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi saat di kota Padang. Sebagian besar destinasi wisata tersebut dapat dikunjungi dengan akses yang mudah. Sehingga tidak perlu waktu yang lama untuk bisa menjelajahi objek wisata tersebut. Ada baiknya sebelum melakukan perjalanan, Anda telah dengan matang menyusun rencana. Jadi, sudah memutuskan ingin mengunjungi wisata apa di kota Padang dan sekitarnya?

  • Leave a reply