Jelajahi 40 Tempat Wisata di Batam yang Menarik Hati Wisatawan

Pulau Petong

Batam – Selain merupakan kota dengan kepadatan penduduk nomer tiga terbesar di Sumatera, ternyata banyak sekali tempat wisata seru yang ada di Kota Batam ini. Salah satu kota di Kepulauan Riau ini dikelilingi oleh selat Singapura dan selat Malaka. Tidak heran apabila kawasan ini memiliki aneka tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata buatan, hingga wahana permainan tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Tempat Wisata di Batam Yang Menarik Hati Wisatawan

Kalian hendak merencanakan liburan ke kota Batam ? Disini kami telah mengumpulkan informasi mengenai beragam tempat wisata yang ada di Batam yang bisa kalian kunjungi.

Berbagai tempat dan destinasi wisata yang indah, siap untuk anda telusuri di negeri Indonesia ini. Nah, kami dari Infowisataid.com akan membahas dan mereferensikan 40 Tempat Wisata di Batam yang menarik hati wisatawan.

1. Pulau Ranoh

tempat wisata Pulau Ranoh di batam

Kepulauan Riau terdiri dari gugusan pulau yang membentang indah di sekitarnya. Salah satunya ialah Pulau Ranoh yang sering menjadi sasaran para wisatawan untuk berlibur. Pengunjung akan menikmati nuansa pulau ala tropis, dengan jajaran pohon kelapa yang menjulang tinggi. Meskipun suhu disini cenderung panas tetapi tidak mengurangi keindahan pulau. Perpaduan birunya langit dengan air laut menjadi kombinasi pas yang tidak bisa dilewatkan.

Pertama kali tiba di pulau, anda akan melihat hamparan pasir putih yang halus. Berpadu dengan air laut yang jernih, hingga pengunjung bisa melihat terumbu karang dari permukaan. Disini anda akan bertemu dengan kumpulan koral yang mempunyai bentuk unik. Di sela-selanya terdapat ikan hias yang bebas berenang, ukuran ikannya cukup kecil tetapi punya beragam warna. Semakin menambah level kecantikan dari pulau Ranoh sendiri.

Jam Operasional : 24 Jam
Biaya Masuk : Rp 115.000 – Rp 185.000
Sewa Speed Boat : Rp 700.000 – Rp 900.000 per sekali sewa
Camping : Rp 450.000 per 1 tenda
Wahana Water Sport : Rp 70.000 – Rp 400.000

2. Ocarina Park

tempat wisata Ocarina Park di batam

Sebenarnya taman ini merupakan tempat wisata buatan yang ada di Batam, yang sengaja dibangun sebagai hiburan untuk wisatawan. Bisa dibilang Ocarina Park adalah Ancol versi mini, dengan berbagai wahana permainan. Sejak dibuka tahun 2008, destinasi wisata di Batam ini sudah menyandang popularitas tinggi. Hampir setiap hari tidak pernah sepi pengunjung, bahkan menjadi objek wisata baru bagi turis asing.

Luas areanya sekitar 40 hektar dan berdiri megah di pinggir pantai, membuat siapapun betah berada disini. Disini tersedia berbagai macam fasilitas yang menunjang liburan para wisatawan. Menjelang sore hari anda bisa menikmati duduk di pinggiran taman, sambil merasakan hembusan semilir angin. Ada kincir angin raksasa apabila anda ingin melihat kindahan pantai dan kota Batam dari ketinggian.

Lokasi : Sadai, Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 08.00 – 22.00

3. Kampung Vietnam (Galang Refugee Camp)

tempat wisata Kampung Vietnam di batam

Apabila anda menginginkan sebuah liburan yang tenang, mungkin bisa berkunjung ke tempat ini. Lokasinya berada di pulau Galang dan didominasi oleh masyarakat Vietnam. Meskipun termasuk pulau tidak berpenghuni tetapi kampung Vietnam menyimpan kisah sejarah penting. Kala itu terjadi perang di Vietnam sehingga banyak warganya yang mengungsi ke pulau Galang. Lalu meninggalkan desa tersebut setelah perdamaian diumumkan.

Bekas-bekas rumah penduduk inilah yang menjadi daya tarik wisata yang disukai traveller. Bisanya wisatawan dengan jiwa petualang akan mengeksplor tempat ini sepanjang hari. Nuansa mencekam sangat terasa selama menjelajahi isi Kampung Vietnam. Bangunan-bangunan kosong mulai rapuh serta cat tembok yang sudah mengusam. Namun hal tersebut semakin menambah kesan menarik dan keunikan tersendiri dari kawasan wisata ini.

Lokasi : Sijantung, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 07.30 – 16.30

4. Pulau Mubut

tempat wisata Pulau Mubut di batam

Pulau di Batam ini termasuk pulau tidak berpenghuni yang ternyata menjadi tempat paling favorit wisatawan saat berlibur. Pengunjung akan disuguhi kesan alami dari pulau tropis yang asri, ditunjang dengan jajaran pohon kelapa. Beragam aktivitas bisa dilakukan oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke wisata di Batam ini. Saat siang hari anda bisa snorkeling untuk melihat kecantikan bawah laut yang dimiliki. Menjelang sore hari pengunjung bisa menyaksikan keindahan sunset.

Lokasi : Karas, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 08.00 – 17.00

5. Pantai Nongsa

tempat wisata Pantai Nongsa di batam

Berangkat dari bandara Batam lalu menaiki kendaraan sekitar 10 menit untuk sampai di lokasi. Sesempainya di pantai anda perlu mengantre tiket, karena saat musim liburan biasanya pantai ramai pengunjung. Suasana pantai cukup asri dengan hamparan pasir putih dan bersih, serta masih terasa lembut di kaki. Dari bibir pantai anda bisa melihat kapal-kapal yang berlalu lalang. Sesekali akan ada kapal yang mendarat di pinggir pantai selepas pergi melaut.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Nongsa, diantaranya bermain voli pantai atau sekedar berenang. Tidak jauh dari area wisata terdapat lapangan golf milik suatu resort, tetapi sengaja dibuka untuk umum. Saat hari sudah berganti petang anda bisa menginap beberapa hotel yang berlokasi di pinggir pantai. Deretan penginapan tersebut menawarkan view pantai sebagai fasilitas utamanya. Setiap balkon kamar pasti akan berhdapan langsung degan Pantai Nongsa.

Lokasi : Sambau, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau

6. Bukit Senyum

tempat wisata Bukit Senyum di batam

Destinasi wisata kali ini menyuguhkan pemandangan kota Batam dari ketinggian. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ialah pada malam hari. Dari atas sini anda bisa menyaksikan lampu-lampu kota yang tampak sepeti titik cahaya. Bahakan pengunjung juga dapat menikmati keindahan city lights dari negara Singapura. Sebelum datang ke tempat ini pastikan cuaca sedang terang, sebab jika musim hujan jalanannya sedikit licin.

Lokasi : Jl. Kuda Laut, Kp. Seraya, Kec. Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 24 Jam
Tiket Masuk : RP 5.000
Biaya Parkir : Rp 3.000 – Rp 5.000

7. Waterboom Queen Garden

tempat wisata Waterboom Queen Garden di batam

Lokasi wisata tepat berada di depan kantor kecamatan Bengkong, dan masih bisa ditempuh dengan kendaraan. Luas wahananya sekitar 17 hektar dengan fasilitas kolam renang, serta arena bermain air. Ada wahana lazy river bagi pengunjung yang ingin bersantai diatas pelampung. Jika ingin permainan yang menantang disini tersedia 4 seluncuran tinggi, yang dapat memacu adrenalin.

Tidak cukup dengan kehadiran wahana permainan air, pihak pengelola menambah fasilitas mini zoo dan kebuh buah. Di kebun binatang mini si kecil bebas bermain sambil mengenalkan beberapa satwa yang ada. Sedangkan di kebun buah pengunjung boleh memetik beberapa buah yang tersedia. Sambil memakan buah yang sudah dipetik anda bisa duduk bersantai dibawah rimbunan pohon.

Lokasi : Kawasan Mall Top 100, Jl. Letjend Suprapto, Tembesi, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 09.00 – 18.00

8. Batam Forest Top

Batam Forest Top

Setidaknya ada 15 permainan yang disediakan oleh pihak pengelola wisata. Rata-rata wahananya menawarkan bagi anda yang suka bergelantungan. Mulai dari Tarzan Swing, Post Man, Flying Fox, hingga Tandem Rape. Disarankan untuk menaiki wahana yang sekiranya aman untuk diri anda sendiri. Mengingat beberapa aktivitasnya sangat menantang dan memicu adrenalin.

Lokasi : Bukit Harimau, Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 08.00 – 18.00

9. Jembatan Barelang

tempat wisata Jembatan Barelang di batam

Landmark Batam ini menghubungkan tiga pulau sekaligus yaitu Batam, Rempang, dan Galang. Spot wisata ini terkenal dengan nama Jembatan Habibie, sebab dibangun pada era kepemimpinan Presiden Habibie. Jika anda melewati jembatan ini tidak perlu malu untuk singgah sejenak. Landscape yang diperlihatkan tampak instagramable dengan background jembatan yang kokoh. Malam hari menjadi waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan dari sini.

Lokasi : Jl. Trans Barelang, Galang, kepulauan Riau

10. Marina City

tempat wisata Marina City di batam

Banyak wisatawan yang menjuluki tempat ini sebagai Kota Mati, sebab tidak ada penghuninya. Pulau ini hanya diisi dengan banyak bangunan kosong dan suasana yang cukup mencekam. Namun hal tersebut justru menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Menurut mereka suasana wisata yang sunyi dan tenang bisa mengembalikan pikiran yang sempat stres. Setidaknya di tempat ini pengunjung bisa melakukan relaksasi diri.

Kawasan ini berada di pesisir Pantai Marina dan mempunyai pemandangan yang eksostis. Pengunjung bisa menjajal beberapa olahraga air yang tersedia, bahkan lengkap dengan sewa perlengkapannya. Jika berkunjung bersama rombongan anda perlu mencoba keseruan dari banana boat. Apabila ingin permainan yang lebih menantang ada jet ski, yang siap memacu adrenalin. Bagi pemula tetap bisa merasakan permainan ini dengan di dampingi si pemandu.

Lokasi : Jl. Raya Marina City, Kota Batam, Kepulauan Riau

11. Pantai Sekilak

tempat wisata Pantai Sekilak di batam

Apabila anda masih berada di Kecamatan Nongsa, tidak ada salahnya berkunjung sebentar ke wisata bahari ini. Pantai Sekilak mempunyai keelokan alam yang tiada dua, sehingga pengunjung betah berlama-lama disini. Ada suguhan cantik berupa laut lepas yang dapat dinikmati dengan memanjat keatas tebing di Tanjung Kedabang. Selain itu ada panorama pantai pasar putih, dengan bebatuan karang yang berwarna merah.

Tidak jauh dari pantai terdapat danau buatan bernama Teluk Penyu, dan mempunyai air danau yang jernih. Disini pengunjung bisa menikmati beberapa wahana air seperti perahu kayak, sepeda air, dan kolam pemancingan. Karena jarak Pantai Sekilak dan Teluk Penyu cukup dekat terkadang bisa dijadikan satu paket wisata. Sebab kurang memuaskan rasanya jika hanya berkunjung ke salah satu tempat wisata di Batam ini.

Lokasi : Batu Besar, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 08.00 – 18.00
Biaya masuk : Rp 10.000

12. Pantai Melayu

tempat wisata Pantai Melayu di batam

Pantai ini cocok dikunjungi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga. Nuansa pantainya lebih condong untuk tempat berpiknik, sambil bermain air di sekitar pantai. Jajaran pohon tinggi membuat suasana pantai menjadi teduh dan asyik untuk bersantai dibawahnya. Pengunjung diperbolehkan membawa bekal dari rumah untuk disantap bersama keluarga. Asalkan tetap menjaga kenyamanan dan kebersihan Pantai Melayu.

Ombak yang bergelung sangat tenang sehingga aman digunakan untuk berenang di laut. Tersedia pula berbagai permainan air yang bisa dinikmati bersama anggota keluarga. Banana boat biasanya menjadi pilihan pengunjung yang ingin menjajal keseruan ramai-ramai. Dalam satu banana boat akan diisi  5-7 orang yang sudah memakai rompi pelampung. Kemudian wahana mulai ditarik menggunakan speed boat, lalu dijatuhkan di tengah lautan.

Lokasi : Jl. Trans Barelang, Bulang,Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 24 Jam

13. Pantai Tanjung Bemban

tempat wisata Pantai Tanjung Bemban di batam

Dari pantai ini anda akan melihat banyaknya perahu lalu-lalang menuju ke Singapura. Hal ini karena letak perairannya sangat dekat dengan Kota Singa tersebut. Di pinggir pantai terdapat jembatan kecil yang tidak begitu panjang. Pengunjung bisa berjalan-jalan santai diatas jembatan sambil menikmati hembusan angin laut. Dari atas sini anda dapat mengambil foto dengan background view berupa lautan lepas.

Ada beberapa tempat makan di pinggir pantai yang menjajakan sajian makanan laut. Semua hidangan seafood yang tersedia masih dalam kondisi segar. Anda boleh request ingin diolah seperti apa tetapi disarankan untuk mencicipi ikan bakarnya. Saat jam sudah mendekati pukul 5 sore atau menjelang magrib, cobalah untuk duduk di bibir pantai. Dari sini anda akan menyaksikan matahari tenggelam, dengan semburat jingga yang sangat indah.

Lokasi : Batu Besar, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau

14. Pantai Tanjung Pinggir

tempat wisata  Pantai Tanjung Pinggir di batam

Batam memang terkenal dengan deretan pantai yang membentang indah di kepulauan. Posisi pantai langsung berhadapan dengan negara Singapura, sehingga dari bibir pantai Kota Singa itu terlihat jelas. Dari pantai ini anda juga bisa melihat langsung Gunung Kembar Tiga Marina Bay Sands, yang berada di Teluk Marina Singapura. Bentangan lautnya sangat luas tidak heran jika kapal-kapal dapat berlalu-lalang dengan bebas.

Kebersihan pantai ini sangat terjaga dengan baik agar wisatawan betah berada disini. Hamparan pasirnya berwarna krem kecoklatan dengan panjang 250 meter. Di sebelah timur pantai terdapat susunan bebatuan yang cukup mencolok. Biasanya dimanfaatkan wisatawan untuk aktivitas memancing karena banyak berkumpul ikan-ikan. Disarankan untuk tidak berenang hingga ke tengah lautan sebab ombak pantai ini cukup tinggi.

Lokasi : Tanjung Pinggir, Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau

15. Alun-Alun Engku Putri

Alun-Alun Engku Putri

Pemerintahan kota Batam membangun sebuah taman khusus untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Tatanan alun-alun ini sangat rapi dan kerap menjadi tempat nongkrong para muda-mudi Batam. Rerumputan hijau sengaja ditanam supaya para pengunjung bisa duduk santai diatasnya. Biasanya alun-alun akan ramai menjelang sore hari sambil menikmati semilir angin sore. Sekedar mengobrol bersama atau membaca buku menjadi aktivitas yang bisa dilakukan disini.

Lokasi : Jl. Engku Putri, Teluk Tering, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Operasional : 24 Jam

16. Masjid Agung Batam

Masjid Agung Batam

Menghabiskan waktu liburan tidak harus ke tempat rekreasi atau wisata alam. Destinasi religi pun bisa anda lakukan untuk mengisi liburan dengan hal religius. Salah satunya berkunjung ke Masjid Agung Batam ini, yang masih satu lokasi dengan alun-alun Batam. Bisa dibilang tempat ibadah ini menjadi ikon kebanggaan masyarakat Batam. Bangunannya sarat akan arsitektur dengan nilai seni tinggi, dengan bentuk piramida sampai ke ujung kubahnya.

Dindingnya penuh akan ornamen-ornamen yang menyejukkan hati, tapi masih memiliki nilai seni. Disini pengunjung akan diajak untuk mengenal sisi religiusitas dari masyarakat Batam. Setiap harinya selalu ada jadwal shalat berjamaah akbar yang dipimpin oleh para Imam Besar dari kota ini. Menjelang magrib anda bisa duduk di pelataran masjid sembari mengagumi keindahan langit saat senja.

Lokasi : Jl. Engku Putri, Teluk Tering, Kota Batam, Kepulauan Riau

17. Hutan Mata Kucing

tempat wisata Hutan Mata Kucing di batam

Tempat wisata di Batam ini berada di kawasan Taman Bukit Golf, cukup jauh dari pusat kota Batam. Konsep objek wisatanya cocok bagi anda yang menyukai petualangan, sambil mengeksplor dalam hutan. Begitu memasuki kawasan wisata pengunjung langsung disuguhi dengan panorama hutan yang lebat. Kedatangan anda akan disambut oleh seratus jenis hewan yang dilindungi di dalam area wisata.

Bagi anda yang mempunyai anak usia pertumbuhan, sarana hiburan ini cocok sebagai tempat berlibur. Si kecil bisa belajar mengenal beragam fauna secara langsung, sekaligus mengenali ciri fisiknya. Selain itu anak diajak belajar untuk menjaga kelestarian lingkungan serta bagaimana mengasihi para binatang. Dari alam si buah hati akan mendapatkan pengetahuan baru, dan merekam beberapa pelajarannya dalam waktu lama.

Lokasi : Jl. Taman Bukit Golf, Tj. Riau, Kibing, Sekupang, Kepulauan Riau
Jam Buka : 08.30 – 18.00

18. Pantai Mirota

Pantai Mirota

Lokasi pantai terletak di Pulau Galang dan mendapat julukan surga pasir putih dari Batam. Sematan tersebut memang sesuai dengan hamparan pasir putih yang sangat menawan. Air lautnya begitu biru dan jernih hingga bawah lautnya terlihat dari permukaan. Agar mengenal keindahan dasar laut lebih jauh, pengunjung bisa melakukan kegiatan snorkeling. Atau menyewa perahu nelayan untuk mengelilingi sebagian perairan di Pantai Mirota.

Lokasi : Desa Sijantung, Galang, Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 06.00 – 17.00

19. Pulau Abang Besar

Pulau Abang Besar

Jika di Sulawesi ada Bunaken yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Maka Batam memiliki Pulau Abang Besar dengan keelokan dasar laut yang begitu memukau. Hampir keseluruhan wilayahnya di penuhi perairan, hanya ada pulau kecil di tengah lautan. Untuk menuju ke pulau ini perlu menggunakan perahu bot, yang berangkat dari 6 Jembatan Barelang. Kemudian menempuh perjalanan sekitar 12 kilometer barulah sampai di pulau cantik ini.

Pesona pulaunya terletak pada kecantikan terumbu karang, serta berbagai spesies ikan yang berenang bebas. Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling untuk menyaksikan sendiri beberapa jenis ikan hias yang menggemaskan. Atau memenuhi keinginan diving untuk menyelami kedalaman tertentu. Pulau tidak berpenghuni ini tidak memiliki bentang pantai yang luas. Tetapi masih bisa dimanfaatkan untuk sekedar berjemur dibawah pohon kelapa.

20. Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam

Pemerintahan kota Batam baru saja merampungkan pembangunan Kebun Raya. Meskipun begitu, tempat wisata di Batam ini diincar para wisatawan domestik. Rata-rata penasaran dengan hasil penggabungan alam dengan wisata buatan. Nyatanya dalam waktu sekejap objek wisata ini sudah menyedot perhatian banyak pengunjung. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Nongsa dan masih bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor.

Pengola Kebun Raya sudah melengkapi berbagai fasilitas, untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Disini anda akan disuguhi dengan keberagaman flora di Indonesia, yang masing-masingnya sudah diberi label nama. Jadi sembari berkeliling pengunjung bisa mempelajari keberagamannya secara langsung. Kawasan wisatanya ditata secara apik sehingga enak dipandang mata, dan cocok dijadikan spot foto yang instagramable.

Lokasi : Jl. Hang Lekiu, Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 08.00 – 18.00

21. Pantai Elyora

Pantai Elyora

Popularitas pantai memang belum tampak di permukaan, sehingga alamnya masih jarang terjamah manusia. Oleh sebab itu panorama pantai terlihat alami dan terjaga kebersihannya. Bentangan bibir pantai disini sangat luas dengan pasir putih dan lembut saat tersentuh kaki. Air lautnya berwarna biru kehijauan berhiasakan terumbu karang serta ikan hias di dalamnya. Saat pasang kumpulan koral akan muncul ke permukaan dengan warna yang mengkilat.

Tepat di tengah pantai terdapat satu pohon yang sudah gersang, tapi masih bisa berdiri kokoh. Bukannya ditebang justru keberadaan pohon ini menjadi ikonik, sebagai spot foto yang instagramable. Tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini, mungkin hanya snorkeling atau bermain pasir. Tetapi anda tidak boleh melewatkan panorama sunset terbaik disini. Menjelang pukul 5 sore segera duduk di pinggir pantai sembari menanti matahari tenggelam.

Lokasi : Galang Baru, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Operasional : 24 Jam

22. Taman Wisata Habibie 1000 Tangga

Taman Wisata Habibie 1000 Tangga

Banyak yang belum tahu tentang pesona wisata ini, karena lokasinya cukup tersembunyi. Dari ketinggian anda bisa menyaksikan keelokan kota Batam dari sisi yang berbeda. Di sekelilingnya terdapat pepohonan rimbun, seolah menghadirkan atmosfer yang menenangkan. Bagi anda yang sedang jenuh dengan kesibukan kota, sepertinya perlu singgah ke tempat ini sejenak. Hawa khas dataran tinggi membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Pada bagian teratas bangunan pengunjung bisa melihat kapal yang berlalu lalang di lautan. Tepat di depan mata ada pemandangan gedung-gedung pencakar langit di Singapura. Sayangnya untuk mencapai tempat ini anda perlu mempersiapkan kekuatan fisik terlebih dulu. Karena harus menempuh kurang lebih 1000 tangga untuk menggapai puncak. Spot terbaik tersebut bisa anda nikmati ketika senja mulai menyapa kota Batam.

Lokasi : Tanjung Pinggir, Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 08.00 – 18.00

23. Bukit Tanjung Uma

Bukit Tanjung Uma

Para wisatawan lebih familiar dengan nama Bukit Cinta, ketimbang nama wisata aslinya. Ada alasan dibalik pemberian julukan tersebut yang populer hingga saat ini. Yakni pengunjung dibuat jatuh cinta saat melihat panorama alam untuk pertama kalinya. Memang benar jika pemandangan bukit ini begitu eksotis dengan suguhan ilalang yang menjulang tinggi. Inilah yang menjadi pesona utama dari tempat wisata alam yang kerap diburu wisatawan.

Dari ketinggian bukit anda dapat menyaksikan kota Batam secara keseluruhan. Paling seru saat malam hari karena bisa melihat gemerlap cahaya lampu kota. Ditemani angin dataran tinggi yang berhembus kencang, tempat ini sering dimanfaatkan untuk mencari ketenangan. Beberapa fotografer juga kerap mencari inspirasi foto dari sini, guna mendapatkan estetika foto langsung dari alam.

24. Sea Forest Adventure

Sea Forest Adventure

Bisa dibilang kawasan rekreasi ini merupakan tempat wisata paling besar di kota Batam. Menyuguhkan wahana penuh petualangan bagi para pecinta aktivitas outdoor. Dengan konsep nature, adventure, dan survival science menjadikan destinasi ini dikagumi oleh para wisatawan. Untuk mencapai lokasi wisata ini anda bisa mengendarai kendaraan umum ataupun pribadi. Letaknya pun mudah diakses dan cukup dekat jaraknya dengan Pantai Nongsa.

Tempat wisata alam disini terbagi menjadi empat kawasan, dengan fasilitas permainan yang berbeda. Pengunjung tidak hanya diajak bermain air dengan cara yang mainstream, tetapi disediakan fasilitas bermain yang lucu. Wahananya berupa balon karet yang dibentuk seperti seluncuran. Saat meluncur anda langsung dijatukan ke dalam laut, yang sudah ditentukan batasannya. Jika bosan bermain anda boleh mencoba fasiltas jet ski dengan didampingi pemandu.

Lokasi : Jl. Hang Lekiu, Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 09.00 – 17.00

25. Pancur Telaga Bidadari

Pancur Telaga Bidadari

Salah satu tempat wisata yang belum banyak tersentuh tangan manusia yang ada di Batam. Alhasil keindahannya masih terasa alami dengan kebersihan yang terjaga dengan baik. Menawarkan pesona air terjun yang segar dan terlihat jernih dengan kolam kebiruan di bawahnya. Atmosfer alamnya begitu sejuk membuat siapapun yang menghirup udaranya akan kembali rileks. Cocok bagi anda yang menginginkan liburan sunyi dan penuh ketenangan.

Lokasi : Kabil, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Operasional : 24 Jam

26. Pulau Petong

Pulau Petong

Bagi pecinta snorkeling dan diving cobalah merapat ke kawasan wisata yang satu ini. Menyuguhkan beragam koral dan hewan laut yang atraktif, menjadi salah satu daya tarik yang tidak bisa dilewatkan. Suasana pulaunya juga asyik bagi anda yang membutuhkan tempat untuk ‘menenangkan diri’. Apabila tidak ingin bermain air pengunjung bisa menyewa speed boat untuk mengitari sebagian perairan dari Pulau Petong.

27. Pantai Viovio

Pantai Viovio

Beberapa waktu belakangan pantai ini ramai dibicarakan di sosial media. Hal ini karena pesona alam yang diberikan memang tidak bisa dielak lagi. Suguhan alamnya memang luar biasa cantik dengan air laut yang sangat jernih. Hamparan pasir putihnya cukup lembut membuat kaki seolah dipijat diatas pasir. Ditambah adanya bintang laut yang kerap muncul ke permukaan saat laut sedang pasang.

Berjalan keatas bukit anda akan melihat keseluruhan pantai, dari ujung timur ke ujung barat. Dari atas tempat wisata terbaru bisa menyaksikan kapal-kapal di tengah lautan yang tampak kecil. Dari kejauhan anda juga bisa melihat negara Singapura seperti titik di tengah lautan. Menjelang magrib pengunjung diajak menyaksikan panorama senja yang indah sepanjang masa. Semburat jingganya memantul di lautan sehingga mampu menampilkan memori sunset terindah.

Lokasi : Sijantung, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 06.00 – 21.00

28. Pulau Tunjuk

Pulau Tunjuk

Meskipun popularitasnya masih jauh tetapi keindahan alamnya bisa diadu dengan pulau populer lainnya. Bentuk pantai seolah membelah lautan menjadi dua menjadi daya tarik utama wisata ini. Warna pasirnya putih bersih dan terasa lembut di permukaan kulit. Di sekeliling pantai terdapat jajaran pohon kelapa yang membentang indah. Suasana pulaunya begitu syahdu membuat siapapun terlena dengan segala pesona yang ditawarkan.

Para wisatawan disarankan berkunjung saat pagi hari, sembari menanti sunrise dari ufuk timur. Sayangnya pemberangkatan ke pulau ini hanya ada dua kapal dalam sehari. Jadi anda harus benar-benar mengatur kapan waktu berangkat dan pulang. Pulau tidak berpenghuni ini sangat sunyi dan tenang, jadi cocok untuk anda yang ingin kabur sejenak dari padatnya kota. Aktivitas snorkeling tidak bisa dilewatkan untuk melihat keindahan bawah lautnya.

Lokasi : Subangmas, Kota Batam, Kepulauan Riau

29. Tebing Langit

Tebing Langit

Berbicara tempat wisata yang instagenik, berarti menunjuk kawasan ini menjadi salah satu tujuannya. Disini pengunjung bisa melihat secara langsung pemandangan alam yang indah dan eksotis. Menyajikan lanskap berupa perbukitan dari sudut pandang yang berbeda, serta cukup unik di kamera. Sekelilingnya terdapat ranting-ranting pohon yang menambah suasana lokasi semakin mencekam.

Tebing Langit

Dari ketinggian anda bisa menyaksikan kota Batam dan beberapa gedung tinggi menjulang. Atmosfer udaranyan sangat sejuk membuat siapapun betah berlama-lama disini. Menjelang senja nuansa hangatnya begitu terasa, bahkan bisa melihat matahari tenggelam dari jarak dekat. Lokasi ini juga sering dijadikan tempat pemotretan pre wedding dengan konsep kembali ke alam.

Lokasi : Jl. ir. Sutami, Tanjung Pinggir, Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 07.00 – 18.00

30. Kepri Coral Batam

Kepri Coral Batam

Batam menghadirkan wisata baru dengan pantai berpasir putih dan begitu elok dipandang.  Dunia bawah lautnya menyuguhkan terumbu karang, serta jenis ikan hias yang menggemaskan. Disini wisatawan seolah diajak untuk melihat akuarium dasar laut melalui kecantikan koralnya. Segala fasilitas pun sudah disediakan lengkap untuk memanjakan para pengunjung.

31. Bukit Piayu Laut

Bukit Piayu Laut

Bukit ini memiliki pemandangan atau landscape laut dan pulau yang lumayan luas dengan pemandangan pohon hijaunya yang rindang, sehingga bisa membuat panorama alamnya semakin memukau jika kalian melihatnya langsung dari atas bukit.

Lokasi : Kampung Tua, Tanjung Piayu, Sei Beduk, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau

Tempat Wisata Kuliner yang Harus Dicoba di Batam

32. Rumah Kopi Fatmawati

Rumah Kopi Fatmawati

Kurang seru rasanya jika hanya mengunjungi tempat wisata saja selama di Batam yang berbau alam. Sesekali perlu mengunjungi tempat nongkrong yang ada di kota Batam. Rumah Kopi Fatmawati menawarkan sensasi hangout di pinggir pantai. Anda tinggal masuk saja ke Ocarina Park kemudian berjalan kaki sekitar 100 meter menuju pelantar. Letak tempat ini berada di ujung pelantar dan berhadapan langsung dengan lautan.

Lebih seru berkunjung kesini saat malam hari, sambil menikmati dinginnya hembusan angina pantai. Cahaya bulan seolah berpadu dengan lampu-lampu gedung di downtown Batam Center. Tetapi berarti saat siang hari kurang asyik justru saat langit cerah, anda akan melihat langit dan laut bersaing siapa yang lebih biru. Untuk sajian hanya ada aneka kopi dan makanan ringan, yang dibanderol dengan harga ramah di kantong.

Lokasi : Kawasan Mega Wisata Ocarina, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 13.00 – 22.00

33. Harbour Bay Food Court

Harbour Bay Food Court

Wisata kuliner ini menawarkan medium class untuk para wisatawan yang berdompet pas-pasan. Disini tidak hanya tersedia satu restoran saja, ada beberapa tempat makan yang bisa dipilih oleh pengunjung. Sajian utamanya ialah aneka seafood yang dimasak oleh para chef handal di bidangnya. Untuk harga masing-masing gerai mematok tarif sendiri, yang pasti masih sesuai dengan isi kantong.

Harbour Bay terbagi dalam dua ruangan yaitu area outdoor dan indoor. Untuk bagian outdoor terdapat panggung kecil untuk mengadakan live music. Dengan tatanan meja dan kursi kayu yang nyaman untuk pengunjung. Sedangkan area indoor tidak terlalu tertutup tetapi meja dan kursinya jauh lebih luas. Sambil menikmati hidangan anda akan disuguhi pemandangan pantai, dengan lampu-lampu yang berkilauan.

Lokasi : Sungai Jodoh, Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 24 Jam

34. Golden Prawn 933

Golden Prawn

Bagi yang menyukai hidangan seafood mungkin bisa berkunjung ke wisata kuliner ini. Anda akan merasakan masakan khas Batam yang diolah dengan bumbu rempah. Lokasi restoran terletak di kawasan Bengkong Laut, tidak begitu jauh dari pusat kota. Tempat makan ini berada di pinggir laut dengan segala fasilitas yang memadai. Sehingga para pengunjung bisa menyantap berbagai sajian makanan, sambil menikmati semilir angin yang berhembus.

Lokasi : Jl. Golden Prawn, Tj. Buntung, Kec. Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 09.00 – 23.00

Wisata Berbelanja Oleh-Oleh yang ada di Batam

35. Kampung Oleh-Oleh

Kampung Oleh-Oleh

Setelah puas mengelilingi kota Batam saatnya anda mencari buah tangan untuk kerabat dekat. Ada beragam pilihan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang selain makanan khas Batam. Salah satunya pernak-pernik buatan para perajin Batam seperti gantungan kunci, sarung batik, dan ukiran kayu. Biasanya berbagai kerajinan tangan asli kota ini yang paling diminati oleh para wisatawan. Karena jarang ditemukan bentuk yang sama di tempat lain diluar Kepuluan Riau.

Lokasi : Komp. Penuin Center BLock B No. 14-15, Kota Batam
Jam Buka : 08.00 – 21.00

36. Mega Mall Shopping Center

Mega Mall Shopping Center

Anda bisa mengunjungi tempat ini di hari terkahir liburan di kota Batam. Karena letak pusat perbelanjaan berada tepat di seberang Terminal Feri Batam Center. Disini terdapat beberapa toko ritel yang menampilkan beragam merek, mulai branded sampai kelas lokal. Selain itu ada penjual perkakas rumah tangga dengan bentuk dan warna yang lucu-lucu. Apabila membutuhkan oleh-oleh khas Batam, mall juga menjual pernak-pernik yang bisa dibawa pulang.

Lokasi : Jl. Engku Putri No. 1, Teluk Tering, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 10.00 – 22.00

37. Pasar Aviari

Pasar Aviari

Belanja oleh-oleh tidak harus di toko pusatnya, Pasar Aviari pun bisa menjadi solusi alternatif. Anda bisa berbelanja sambil menjelajajahi semua penjuru pasar, dan mengenal beragam aktivitasnya. Kawasan ini terkenal dengan penjual barang second yang terkenal di seluruh Indonesia. Terutama barang elektronik dan gadget yang ditawarkan dengan harga yang sangat miring. Tidak hanya itu saja ternyata pakaian dan peralatan rumah tangga juga terkenal murahnya.

Lokasi : Builang, Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 09.00 – 20.00

38. Pasar Pagi Jodoh

Pasar Pagi Jodoh

Bagi anda yang berburu oleh-oleh dengan harga murah, mungkin bisa mengunjungi pasar kaget satu ini. Disini anda tidak hanya mendapatkan buah tangan berupa makanan khas Batam. Tetapi ada pakaian bekas dari Singapura yang ditawarkan dengan harga cukup miring. Selain itu ada barang-barang berkualitas mulai dari ukiran kayu hingga alat-alat elektronik. Sayangnya pasar hanya buka sampai tengah hari jadi anda harus buru-buru datang di pagi hari.

Lokasi : Lubuk Baja Kota, Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 09.00 – 17.00

39. Batam City Square

Batam City Square

Bicara soal destinasi wisata di kota Batam tidak melulu tentang panorama alam saja. Ada wisata belanja yang perlu dikunjungi saat pergi berlibur di kota ini. Batam City Square akan memanjakan para wisatawan yang punya hobi berbelanja. Disini tersedia berbagai produk khas Batam, produk lokal, hingga luar negeri dengan harga yang sesuai. Tempat perbelanjaan ini memiliki desain interior yang cukup megah, dengan sentuhan modernitas.

Tidak hanya gerai-gerai baju yang mengundang untuk dibeli pengunjungnya. Ada juga wahana hiburan untuk anak-anak dengan beragam arena permainan seru. Bisa dibilang bisa menjadi alternatif ketika si kecil rewel dan merasa bosan. Fasilitas di dalam mall sudah sangat mumpuni, terbukti dari tempat parkir yang dapat menampung 1000 mobil. Bangunan 6 lantai ini selalu ramai saat musim liburan, kebayakan dikunjugi oleh turis mancanegara.

Lokasi : Jl. Bunga Raya, Batu Selicin, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 10.00 – 22.00

40. Nagoya Citywalk

Nagoya Batam

Nama kawasan wisata di Batam ini  memang terkesan sangat Jepang, tetapi masih dalam lingkungan kota Batam. Dari luar akan terlihat bangunan yang tampak megah dan gemerlap, begitu masuk kesan modernnya sungguh terasa. Jelas sekali bahwa pusat perbelanjaan ini menjual segala ritel yang berbau branded. Disini anda bisa menemukan berbagai barang kelas atas yang dijual dengan harga murah.

Hal tersebut tidak terlepas dari status kota Batam sebagai free trade zone. Dimana semua barang yang masuk tidak akan dikenakan pajak sedikitpun. Jadi wajar apabila barang-barang kelas atas di pusat perbelanjaan Nagoya sangat murah. Di wisata belanja ini anda bebas memuaskan hasrat belanja dan membeli barang-barang branded. Sesekali menghabiskan uang untuk yang sudah anda tabung, lalu menghabiskan uang seperlunya.

Lokasi : Jl. Teuku Umar No. 1, Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka : 10.00 – 22.00

Baca Juga : 32 Tempat Wisata Di Pontianak Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Kota Batam terkenal sebagai julukan gerbang utama atau pintu masuk menuju negara Singapura. Kawasan bebas pajak cukai ini menawarkan keindahan alam yang tiada duanya dan sangat menajubkan. Mulai dari wisata alam hingga pusat perbelanjaan, semuanya punya sisi eksotisme sendiri.

Tidak ada alasan untuk menolak keindahan alam yang terpampang secara nyata. Sudah banyak wisatawan yang dibuat jatuh cinta dengan segala keelokan kota Batam. Yuk kita traveling ke Batam

  • Leave a reply

    error: Content is protected !!