Tak Kalah Indah, Yuk Intip Tempat Wisata di Papua Barat

Desa Wisata Sauwandarek

Papua Barat – Ada banyak tempat wisata di Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke. Papua Barat atau juga dikenal sebagai Mutiara Hitam merupakan salah satu bagian yang ada di Indonesia yang memiliki beragam tempat wisata alam yang sangat indah. Walaupun letaknya di paling ujung Indonesia, akan tetapi Papua Barat sudah mulai terkenal akan tempat-tempat wisatanya dan suku serta adat masyarakat papua.

Indonesia menjadi negara yang dianugerahi keindahan mulai dari ujung barat hingga ujung timurnya. Pegunungannya yang membentang lengkap dengan baharinya yang tak kalah menawan. Menjelajahi Indonesia menjadi idaman banyak orang karena keindahannya tersebut.

Beragam Tempat Wisata yang Bisa Kalian Datangi Saat di Papua Barat

Kalian hendak merencanakan liburan ke Papua Barat? Disini kami telah mengumpulkan informasi mengenai beragam tempat wisata yang ada di Papua Barat yang bisa kalian kunjungi.

Kami dari Infowisataid.com akan membahas dan mereferensikan 38 Tempat Wisata di Papua Barat yang Sangat Indah dan Recomended untuk dikunjungi saat berlibur.

1. Pantai Tanjung Kasuari

tempat wisata Pantai Tanjung Kasuari di Papua Barat

Keindahan bahari tanah Papua memang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Pantai Tanjung Kasuari memiliki keindahan yang menakjubkan. Meskipun begitu ia terbilang sepi sehingga membuat pengunjung bisa bebas menikmati keindahannya. Hanya pada hari hari tertentu saja akan ramai pengunjung. Hamparan pasirnya yang berwarna putih yang membuat anda ingin sekali berlarian di atasnya. Ombaknya juga tenang sehingga bisa berenang selama berhati hati.

Tanjung Kasuari terletak 70 km ke arah timur dari Kota Sorong yang bisa ditempuh dalam waktu 30 menitan. Untuk mencapai pantai cantik anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti ojek atau menyewa kendaraan umum. Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan di pantai cantik satu ini. Mulai mengambil gambar hingga menikmati keindahan alamnya. Anda juga bisa menikmati santapan di pantai ini sambil menikmati keindahan pantainya yang memukau.

Lokasi : Pantai Tanjung Kasuari, Kota Sorong, Papua Barat.
Tiket Parkir : Rp 20.000 – Rp 50.000
Jam Operasional : 24 Jam
Biaya Transport ke Pantai Tanjung Kasuari : Rp 100.000 – Rp 200.000

2. Raja Ampat

tempat wisata Raja Ampat di Papua Barat

Tempat satu ini menjadi tempat yang terkenal dan menjadi idaman banyak orang. Raja Ampat sangat mashur dengan keindahan terumbu karangnya sebagai Coral Triangle atau segitiga terumbu karang yang tidak bisa anda jumpai di negara manapun. Sehingga wajar jika pemerintah setempat amat sangat menjaga ekowisata di Raja Ampat. Untuk melihat keindahan surga dunia di Papua Barat ini memang anda butuh merogoh kocek cukup dalam.

Namun jangan salah, ketika sudah menginjakkan kaki ke Raja Ampat tidak akan menyesal sekalipun. Gugusan pulaunya yang banyak dengan hamparan laut yang jernih serta luas akan menjadi pemandangan yang tak bisa dilewatkan. Belum lagi anda juga bisa snorkeling atau diving untuk melihat bagaimana cantiknya koral dan juga biota lautnya yang beragam. Bahkan para pecinta fotografi akan puas untuk membidikkan kamera karena kemolekkannya.

3. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Keindahan bahari Papua memang tidak bisa dilewatkan dan terus saja membuat orang tertarik. Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan wisata di Papua Barat dengan atraksi utamanya hiu paus. Wisatawan akan diajak untuk berenang dengan hiu paus yang merupakan mamalia terbesar ini. Meskipun Hiu Paus bersabahat dengan manusia, namun anda juga harus mengetahui etika sebelum menikmati langsung sensasinya.

Untuk menuju Taman Nasional Teluk Cendrawasih anda harus mengambil penerbangan di kota Manowari. Setelah itu melanjutkan dengan jalur datat ke Ransinki selama 3 jam. Perjalanan akan dilanjutkan dengan kapal sekitar 1 jam untuk sampai di kawasan Nasional Teluk Cendrawasih. Selain bisa berenang dan diving anda juga bisa mendatangi gua alam yang merupakan peninggalan zaman purba di Tanjung Mangguar yang tak kalah menarik.

4. Danau Framu

tempat wisata Danau Framu di Papua Barat

Selain menikmati keindahan bahari tanah Papua, anda juga bisa menikmati keindahan Danau Framu yang berada di Sorong. Tepatnya berada di Kabupaten Maybrat yang mana anda harus menempuh jarak sekitar 216 dari kota Sorong. Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun menyewanya dengan waktu tempuh sekitar 4 hingga 5 jam. Danau Framu terkenal dengan airnya yang jernih bahkan mirip dengan Cermin.

Danau cantik ini juga memiliki kedalaman sekitar 30 meter namun tetap mempesona untuk dikunjungi. Anda tidak akan dikenakan retribusi resmi namun ketika weekend ada beberapa penduduk yang mengharuskan anda membayar parkir. Untuk sampai di danau Framu anda harus berjalan kaki menyusuri hutan kecil sekitar 10 hingga 15 menit. Namun semua lelah anda akan hilang dengan melihat keindahan dari Danau Framu dengan air yang jernih ini.

Lokasi : Kota Ayamaru, Kab. Maybrat, Papua Barat.
Tiket Parkir : Rp 10.000 – Rp 50.000

5. Pulau Waigeo

tempat wisata Pulau Waigeo di Papua Barat

Pulau Waigeo masih berada di kawasan Raja Ampat dan bisa dikatakan sebagai pulau yang paling besar. Namun untuk menikmati keindahan tempat wisata di Papua Barat ini, anda harus menempuh perjalanan yang tidak sebentar sekitar 65 km. Perjalanan bisa anda tempuh dengan kapal,mobil hingga kapal. Kebanyakan wisatawan akan menempuh perjalanan melalui Sorong. Di Pualu Waigeo anda juga bisa melihat konservasi helm liar karena merupakan rumah satwa liar.

Mulai dari Cendrawasih hingga Maleo Waigeo bisa anda temui jika beruntung. Tak hanya itu keindahan alam bawah lautnya juga tak bisa dilewatkan begitu saja. Batu karang dan aneka biota laut tumbuh subur di perairan Pulau Waigeo ini. Anda juga bisa berkesempatan untuk berinteraksi dengan warga lokalnya yang terkenal ramah. Kampung Kabare, Distrik Waigeo Utara bahkan memiliki festival Suling Tambur yang menarik untuk anda datangi.

6. Pegunungan Arfak

tempat wisata Pegunungan Arfak di Papua Barat

Jika ingin mencari pariwisata selain bahari, Pegunungan Arfak bisa menjadi alternatif untuk anda. Pegunungan satu ini juga terkenal dengan keindahannya, dengan hamparan hijau perbukitan lengkap dengan udaranya yang asri. Selain itu anda juga bisa melakukan banyak hal mulai dari melihat danau, wisata budaya hingga spot pengamatan burung. Mengingat masyarakat Papua yang masih tinggal di daratan tinggi memiliki kebudayaan yang masih kental.

Terdapat dua danau yang bisa anda kunjungi yakni Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji. Danau Anggi Gida berada di distrik Anggi Gidadan sementara Danau Anggi Giji berada di Distrik Anggi. Pengamantan kupu kupu dan burung di Distrik Mokwan juga patut untuk anda intip. Hanya saja untuk menuju Pegunungan Arfak anda harus menempuh jalur yang cukup ekstrim. Karena beberapa jalan di Kabupaten Pegunungan Arfak banyak yang rusak.

7. Air Panas War Aremi

tempat wisata Air Panas War Aremi di Papua Barat

Singgah Ke Kabupaten Tambrauw rasanya tidak lengkap jika tidak mampir ke pemandian air panas War Aremi. Namanya sendiri masih terdengar asing dan belum banyak diketahui oleh para pelancong. Apalagi untuk menuju lokasi pengunjung juga harus menaklukkan trek yang menantang. Ditopang dengan batuan alami membuat pemandian satu ini seperti sungai biasa. Namun airnya hangat dan bisa menghilangkan penat anda dengan berendam.

Biaya Penginapan : Rp 500.000 an per malam
Biaya Makan : Rp 50.000 per orang sekali makan

8. Bukit Sontiri

tempat wisata Bukit Sontiri di Papua Barat

Masih berada di kawasan Tambrauw, yang masih satu distrik dengan Air Panas War Aremi tepatnya di Distrik kebar ada Bukit Sontiri. Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata di Papua Barat ini adalah saat pagi. Anda akan disajikan dengan perbukitan hijau yang mirip bukit Teletubies. Bukit satu ini juga langsung berhadapan dengan Gunung Tamrau yang membuat panoramanya semakin cantik. Wisatawan banyak berkunjung untuk menyaksikan sunrise maupun sunset.

9. Air Terjun Anenderat

Air Terjun Anenderat

Air terjun cantik ini berada di Desa Siakwa, Distrik Miyah, Tambrauw. Bukan hanya satu air terjun dengan ketinggian tertentu, namun Air Terjun Anenderat memiliki tujuh tingkat yang membuatnya semakin mempesona. Memang untuk sampai di Air Terjun Anendarat perjalanan yang harus ditempuh tidaklah mudah. Aksesnya masih  belum memadai, sehingga anda bisa membayangkan sealami apa tempat satu ini. Bahkan untuk menuju air terjun anda harus membelah sungai.

Namun semuanya sesuai dengan pemandangan yang dimilikinya. Alirannya deras bahkan bisa langsung terdengar dari jalan dengan batuan yang membentuk undakan sebanyak tujuh tingkat. Luncuran air terjun ini memiliki ketinggian hingga 200 meter. Di tengah air terjun anda akan bisa mendengar kicauan Cendawasih. Sebab lokasinya memang berada di tengah habitat asli burung kebanggaan Papua ini. Pastinya akan membuat anda semakin terpesona.

10. Peninggalan Perang Dunia II

Peninggalan Perang Dunia II Papua Barat

Masih di daerah Kabupaten Tambrauw juga memiliki peninggalan sejarah yang tak kalah menarik untuk anda datangi. Ada tank tank yang merupakan peninggalan PD ke dua yang totalnya ada sekitar 9 buah tank. Untuk melihat langsung anda harus menuju Distrik Kwor tepatnya di Kampung Es Mambo. Tank tank ini terbagi pada dua titik lokasi berbeda,dengan jenis tank seperti Landing Vehicle Track milik Angkatan Laut AS dengan pimpinan Jendral Douglas MacArthur.

11. Pulau Dua

tempat wisata Pulau Dua di Papua Barat

Pulau Dua juga masih berada di kawasan Kabupaten Tambrauw dengan keindahan alam lautnya yang begitu mempesona. Anda akan bisa melihat hamparan pasir putih dengan pemandangan laut yang luas. Melakukan snorkeling di tempat ini anda bisa melihat keindahan ragam bawah lautnya. Bisa dikatakan Pulau Dua merupakan surga tersembunyi yang tak akan membuat anda menyesal telah mengunjunginya.

Di Pulau Dua, anda bisa melihat jejak Kristen masuk ke Papua. Di Pulau tak berpenghuni ini ada petilasan Kristen Injil dimana Yonas Nandisa menjadi guru injil yang mendarat tahun 1912 di Pulau Dua ini. Tentunya akan menjadikan liburan yang tak terlupakan, bisa puas menikmati keindahan pantai namun juga bisa berwisata sejarah. Apalagi jika dilakukan bersama sambil mendirikan tenda untuk bisa melihat sunset maupun sunrise pasti akan semakin seru.

12. Situs Purbakala Tapurarang

tempat wisata Situs Purbakala Tapurarang di Papua barat

Papua Barat juga memiliki tempat yang harus disinggahi yang merupakan situs purbakala yang merupakan bagian dari peninggalan zaman batu. Situ Tapuparang berada di tepi laut Kokas, Kabupaten Fakfak. Anda akan bisa melihat cap tangan juga kaki pada dinding goa. Tak hanya itu ada beberapa lukisan lain seperti mata, lumba lumba, wajah manusia, bumerang, cicak dan lainnya yang mengambarkan manusia pada jaman tersebut.

Selain lukisan pada goa, anda juga bisa menemui adanya hutan bakau dengan air yang jernih. Beberapa spesies burung juga bisa anda temui karena situs ini dekat dengan alam bebas. Untuk menuju situs purbakala Tapurarang anda harus menempuh perjalanan darat dari pusat kota Fakfak untuk menuju dermaga Ubadari. Perjalanan akan dilanjutkan dengan perahu selama 2 jam. Ketika air pasang anda bisa melihat lukisan dari dekat namun jika surut hanya bisa dari perahu.

13. Gunung Meja

tempat wisata Gunung Meja di Papua Barat

Wisata di Papua Barat yang tak bisa anda lewatkan lagi adalah Gunung Meja yang berada di Manokwari. Dinamakan gunung meja karena gunung ini memang memiliki bentuk seperti meja. Tingginya hanya sekitar 1000 mdpl yang bisa dikatakan bukit, anda akan menemukan tanah lapang yang kerap digunakan warga untuk bersantai. Gunung ini dahulunya merupakan wilayah yang digunakan sebagai pertahanan oleh Jepang saat melawan Sekutu.

Kini bunker bunker tersebut tidak lagi terlihat karena tertimbun tanah dan juga sudah diubah fungsinya sebagai penampungan air oleh warga. Jaraknya yang dekat dengan pusat kota membuat Gunung Meja sering dijadikan lokasi wisata untuk masyarakat setempat. Anda hanya membutuhkan perjalanan sekitar 1km dari pusat kota. Hutan tropisnya yang sejuk memang sangat pas untuk menghilangkap penat dari rutinitas sehari hari.

14. Pagoda Sapta Ratna

tempat wisata Pagoda Sapta Ratna di Papua Barat

Pagoda Sapta Ratna merupakan sebuah pagoda China Budha yang terletak di Sorong. Berdiri di atas bukit membuat tempat ini sangat cocok untuk mendapatkan spot foto yang instagramable. Selain itu tempat ini juga menyajikan pemandangan matahari terbenam yang begitu mempesona. Bangunan juga sangat artistik sehingga anda tidak akan menyesal untuk mendatangi tempat beribadah satu ini. Pagoda ini terletak di pusat kota Sorong dekat dengan RRI.

Akses menuju lokasi juga terbilang mudah karena dekat dengan jalan raya. Untuk sampai ke pagoda anda juga butuh waktu sekitar 4 menit saja. Untuk masuk ke Pagoda Sapta Ratna anda harus membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu. Pemandangan laut dan juga perkotaan begitu terlihat menyejukkan mata. Banyak juga muda mudi yang datang hanya untuk sekedar foto foto. Jika beruntung anda bisa naik ke pagoda yang memiliki 7 tingkat.

15. Tembok Berlin Sorong

tempat wisata Tembok Berlin Sorong di Papua Barat

Tembok Berlin satu ini bukan yang berada di Jerman, melainkan di Sorong Papua Barat. Fungsi tembok ini sebagai pembatas antara tepi pantai dan juga jalan raya. Berbentuk memanjang dan menjadi tepat yang selalu dikunjungi wisatawan untuk melihat matahari berpulang. Pada malam hari tempat ini akan menjadi tempat para penjual menjajakan aneka kuliner. Dimana kuliner yang sangat banyak ditemui seafood dan ada juga penjual souvenir.

Untuk anda yang baru berkunjung mungkin akan bingung untuk memilih warung yang mana mengingat banyak sekali. Namun anda tak perlu khawatir karena harga yang dibandrol oleh pedagang rata rata sama. Makanan wisata di Papua Barat ini dibandrol mulai Rp. 60 ribu hingga Rp. 120 ribu untuk satu porsi kepiting. Tentunya harga tersebut dibedakan berdasarkan jenis kepiting atau seafood yang anda konsumsi.

16. Masjid Tua Patimburak

Masjid Tua Patimburak

Masjid satu ini tak boleh terlewatkan ketika anda berada di Fakfak Papua Barat.Sudah berdiri selama 174 tahun menjadikan masjid ini sebagai aset sejatah Islam di papua. Majid Tua Patimburak di bangun oleh Raja Wertuar pada 1870 M. Inilah yang membuat fakfak juga dijuluki sebagai serambi mekahnya Papua. Masjid Tua juga menjadi salah satu pusat Islam Papua, meskipun kini bangunannya tak sekokoh dulu karena termakan usia.

Untuk menuju tempat wisata di Papua Barat ini, anda harus menempuh perjalanan darat dan juga laut hingga sampai ke Distrik Kokas. Selama mengunjungi masjid bersejarah ini, anda akan dimanjakan dengan pesisirnya yang juga bisa anda singgahi. Begitu juga terumbu karangnya yang masih terlihat alami dan cantik untuk anda intip dengan snorkeling. Sungguh perjalanan wisata yang lengkap karena selain alamnya, peninggalan sejarahnya juga menarik.

17. Air Terjun Tagor

tempat wisata Air Terjun Tagor di Papua Barat

Meskipun tempat wisata di Fakfak satu ini belum banyak terjamah wisatawan, namun pemandangannya tak kalah cantik. Sangat cocok untuk anda yang menginginkan tempat sepi dan juga masih alami. Masih belum diketahui berapa ketinggiannya, namun air di air terjun termasuk jernih dan deras. Sehingga bisa untuk bermain air maupun berfoto foto ria asalkan tetap berhati hati. Tertarik mengunjungi tempat satu ini?

18. Air Terjun Kiti Kiti

tempat wisata Air Terjun Kitikiti di Papua Barat

Air Terjun Kitikirti merupakan air terjun paling populer yang ada di fakfak, Papua Barat. Karena air terjun satu ini langsung bermuara pada laut dengan pemandangan pegunungan, hutan yang berpadu dengan birunya laut. Keindahan inilah yang membuat air terjun satu ini begitu populer. Anda akan mendapatkan pemandangan ekslusif yang bisa anda abadikan dengan kamera mengingat keindahannya yang mengagumkan.

19. Pantai Patawana

Pantai Patawana

Tak hanya memiliki ekosistem yang masih terjaga, wisata di papua barat satu ini juga sangat cocok bagi yang gemar surfing. Bulan Agustus sampai Desember merupakan waktu yang tepat jika ingin surfing. Habitat terumbu karang hingga bawah lautnya masih sangat terjaga dengan air jernih dan pasir putih yang lembut. Lokasi pantai ini dekat dengan pusat kota Fakfak sehingga anda bisa mudah untuk menjangkaunya dengan tiket masuk yang cukup terjangkau.

20. Air Terjun Ubadari

Air Terjun Ubadari

Fakfak memang menyimpan keindahan alam yang luar biasa, tak heran jika mengunjungi Papua Barat kota ini tak boleh terlewatkan. Kali Ubadari merupakan destinasi wisata yang mirip air terjun namun undakannya tidak terlalu tinggi. Airnya yang jernih dan dingin membuat tempat ini cocok untuk menghilangkan penat. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari dari pusat kota Fakfak.

Kali Ubadari terletak di Distrik Kramongmongga, Kabupaten Fakfak. Berada di tengah perkampungan membuat tempat ini begitu aman. Terkadang akan ada beberapa anak anak yang bermain atau warga yang sedang memancing. Fasilitas seperti tempat ibadah juga tersedia sehingga sangat memudahkan pengunjung. Tempat satu ini juga bisa dijadikan spot foto yang cantik, banyak wisatawan yang mengunggah lokasi satu ini di media sosial.

21. Danau Ayamaru

Danau Ayamaru

Danau Ayamaru menjadi destinasi liburan yang letaknya di Sorong dengan segala keindahannya. Untuk sampai di Danau Ayamaru anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 7 jam. Namun semua lelah anda akan terbayar ketika sampai di danau dengan air yang jernih ini. Kedalamannya sekitar 6 m yang akan mengundang untuk berenang di danau tersebut. Tak hanya airnya yang jernih sekitaran danau juga sangat dijaga kebersihannya.

Keindahan danau Ayamaru ini semakin mempesona didukung dengan perbukitan dan pepohonan rinang.  Wisatawan juga bisa melihat burung yang bermigrasi yang diduga berasal dari Australia pada musim kemarau. Di Danau Ayamaru anda juga bisa menemui ikan langka yang bernama Rainbow Fish. Selain bisa berfoto foto cantik, anda juga bisa ikut para nelayan mencari ikan dengan menggunakan perahu.

22. Desa Wisata Arborek

Desa Wisata Arborek

Di Papua Barat sendiri terdapat beberapa desawa wisata yang salah satunya adalah Desa Wisata Arborek. Desa satu ini juga terbilang paling menonjol sebab desa inilah yang mempelopori adanya Desa Wisata di daerah Papua Barat. Desa wisata satu ini memberdayakan masyarakatnya guna mengembangkan konservasi lokal pada kekayaan laut. Mengingat kekayaan bawah laut desa ini sudah dikenal oleh seluruh dunia.

Desa Arborek masih berada di kepulauan Raja Ampat yang memiliki arti duri dalam bahasa setempat. Desa kecil satu ini sudah memiliki infrastruktur yang memadai mulai dari listrik, air tawar hingga sekolah dan gereja. Desa satu ini menawarkan keindahan alam yang mempesona yang patut untuk anda jelajahi. Pengunjung juga bisa lebih dekat dengan warganya yang ramah selain menikmati keindahan alamnya yang cantik.

23. Teluk Triton

Teluk Triton

Teluk Triton merupakan teluk yang menjadi surga untuk peneliti bawah laut. Kawasan satu ini memang cukup tersembunyi namun keindahannya tak akan bisa anda tolak. Memiliki beberapa pulau kecil dan juga karang karang menjulang yang sangat indah. Jika anda menyelam akan bisa menemukan beragam ekosistem bawah laut yang memukau. Mengambil foto di tempat satu ini juga bukanlah hal yang tak mungkin.

Selain melihat keindahan teluk Triton, daerah ini juga memiliki Kampung Lobo yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Di laut daerah ini biasanya Paus Bryde menampakkan dirinya. Bahkan ikan yang memiliki panjang hingga 12 meter ini akan berenang mendekati perahu nelayan. Teluk triton juga memilki tebing Maimai yang merupakan lukisan pra sejarah yang bisa dinikmati dari speedboat. Teluk Triton berada di Kaimana, Papua Barat.

Untuk menuju lokasi memang terbilang sulit mengingat Teluk Triton menawarkan wisata alam yang mengagumkan. Warga daerah Triton juga sangat ramah sehingga bisa saja anda mendapatkan penginapan Cuma Cuma jika bisa berbaur dengan mereka. Teluk triton menjadi tempat wisata alam yang wajib dikunjungi karena kekayaan baharinya. Apalagi juga masih asri dan belum banyak dikunjungi sehingga anda bisa puas snorkeling atau diving.

24. Pulau Um

Pulau Um

Pulau Um merupakan pulau di Distrik Makbon, Kota Sorong, Papua Barat yang memiliki keindahan yang memukau. Meskipun tidak terlalu besar yang bahkan hanya butuh waktu 15 menit mengelilinginya, namun keindahannya tak bisa ditolak. Jika anda pecinta keindahan laut, maka pulau Um tak boleh dilewatkan. Kegiatan diving maupun snorkeling akann termanjakan di pulau satu ini. Pulau Um berarti pulau Kelelawar dalam bahasa Sorong.

Mencapai pulau ini anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam dari Kota Sorong. Dengan menepuh perjalanan laut dan juga darat. Memang cukup panjang, namun sepanjang perjalanan indera anda akan termanjakan oleh hamparan lautan yang mempesona. Di Pulau ini aktivitas seperti berenang, diving hingga snorkeling atau hanya menikmati pemandangan sangat bisa untuk dilakukan.

25. Kolam Sisir

Kolam Sisir

Kolam sisir berada di Kaimana tepatnya di Kampung Sisir yang bentuknya juga menyerupai sisir. Pengunjung kebanyakan merupakan warga sekitar yang ingin menghabiskan waktu liburan. Selain kolamnya yang bewarna tosca anda juga akan dimanjakan dengan perbukitan yang mempesona. Membuat sekitarnya menjadi teduh dan juga asri. Membuat pengunjung merasa betah jika berlama lama di kolam satu ini.

26. The Japanese Fortress

The Japanese Fortress Papua

Destinasi satu ini merupakan benteng peninggalan tentara Jepang saat PD ke dua. Lokasinya berada di Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Untuk mencapai lokasi anda harus melakukan perjalanan dari jalur laut sekitar 4 jam. Tak hanya dalam bentuk benteng, anda bisa menyusuri dalam benteng yang memiliki panjang 138 m ini. Setelah di penghujung anda akan bertemu dengan pemandangan laut yang sangat memukau.

Untuk masuk ke dalam benteng ini akan tersedia 3 gerbang yang berada di bawah tanah. Tentunya perjalanan ini akan menjadi liburan yang tidak akan terlupakan. Bentuk goa ini masih tetap alami meskipun sudah digunakan sebagai tempat wisata. Kegelapan akan menemani perjalanan anda namun disinilah letak sensasinya. Menikmati kegelapan yang seru ini anda harus merogoh kocek yang tak terlalu dalam untuk satu kali perjalanan.

27. Desa Wisata Sauwandarek

Desa Wisata Sauwandarek

Desa wisata ini berada di barat Waisai yang menjadi bagian kabupaten Mansar Meos. Desa wisata ini masih sangat tradisional dengan rumah penduduk yang terbuat dari jerami dan kayu. Anda akan merasakan keindahannya dan juga keramahan penduduknya. Terdapat objek wisata  seperti telaga Yenauwyau yang dianggap keramat. Masyarakat desa Sauwandarek percaya jika telaga ini dihuni oleh penyu putih, yang jika bisa melihatnya akan membawa keberuntungan.

Anda harus berjalan 25 km untuk sampai telaga dan bisa duduk sambil menyaksikan burung Maleo Waigeo. Penduduk wanita juga seorang pengrajin seperti topi dan tas atau noken yang bisa anda jadikan oleh oleh. Menuju desa ini anda harus menempuh jalur laut ke Waisai sekitar 2 hingga 4 jam. Setelah itu dilanjutkan dengan longboat atau perahu yang membutuhkan waktu 4 jam. Perjalan panjang ini akan terbayar begitu tiba di desa Sauwandarek.

28. Cagar Alam Wondiwoy

Pegunungan Wondiwoy

Untuk anda yang menyukai tantangan, anda bisa menjajal tracking di Cagar Alam Pegunungan Wondiwoy ini. Tempat wisata alam terbaru ini berada di Manokwari yang berjarak sekitar 5 km dari pusat kotanya. Pegunungan Wondiwoy termasuk dalam wilayah Kabupaten Teluk Windana. Lahan dengan luas 73.022 ha ini menjadi tempat berbagai fauna maupun flora yang beragam. Anda juga bisa melihat pemandangan teluk Cendrawasih dari kejauhan.

29. Teluk Doreri

Teluk Doreri

Teluk Doreri merupakan teluk yang sangat cantik dan kondang dikalangan wisatawan. Di dalam teluk ini terdapat beberapa bangkai kapal yang membuat terumbu karang subur di dalamnya. Jika ditotal mungkin ada sekitar 6 bangkai kapal yang merupakan sisa perang dunia ke 2. Di dalam bangkai ini hidup berbagai jenis ikan yang sangat cocok untuk anda yang gemar diving maupun snorkeling serta menjadi pengalaman tak terlupakan.

30. Gugusan Pulau Karst

Gugusan Pulau Karst

Objek wisata satu ini menawarkan hamparan laut luas dengan tebing tebing karang yang kokoh. Tebing tebing inilah yang dikenal dengan Gugusan Pulau Karst. Lokasi tempat satu ini tidak jauh dari Tapurarang. Yang membuat tempat ini menarik adalah adanya kota dari semen yang berada di antara tebing. Kotak tersebut digunakan menyimpan tulang belulang manusia, yang menurut kepercayaan setempat dipercaya sebagai makan putri laut.

Tempat Wisata Kuliner di Papua Barat

31. Tempat Kuliner di Jl. Ahmad Yani Sorong

tempat wisata kuliner di papua barat

Salah satu tempat untuk berburu wisata kuliner saat kalian berada di Papua Barat. Mulai dari makanan khas hingga oleh oleh. Tepatnya di Jl. Ahmad Yani, Klakublik, Sorong, Papua Barat. Saking banyaknya penjual makanan membuat daerah ini dijadikan sebagai pusat kuliner. Sehingga ketika anda sedang berada di Sorong tak ada salahnya untuk mampir. Anda bisa mencicipi sup ikan, papeda hingga oleh oleh seperti abon gulung yang merupakan khas Papua.

Lokasi : Klakublik, Jln. ahmad Yani, Sorong, Papua Barat.
Jam Operasional : 10.00 – 22.00 WITA

32. Rumah Makan Ikan Bakar Ratu Sayang

Rumah Makan Ikan Bakar Ratu Sayang

Tempat satu ini akan memuaskan anda akan kuliner yang lezat terutama untuk hidangan seafood. Selain menyajikan menu seafood yang lengkap, anda juga bisa melihat pemandangan laut lepas di rumah makan satu ini. Rumah makan satu ini terletak di Sorong, Papua Barat. Harga yang ditawarkan untuk setiap menu juga beragam mulai dari Rp. 60 ribu hingga diatas Rp. 100 ribuan, namun sebanding dengan rasanya.

Lokasi : Lido, Jl. Yos. Sudarso No. 31, Klasuur, Kec. Sorong.
Jam Buka : 10.00 – 14.00 WITA , 18.00 – 22.00 WITA (Setiap Hari)

33. EmJi Food Market

EmJi Food Market

Tempat kuliner selanjutnya yang bisa anda jajal berada di Manokwari. Tak hanya menyajikan beragam menu nusantara, anda juga bisa menemukan makanan khas Papua di sini. Memiliki konsep yang modern tempat satu ini sangat cocok untuk nongkrong semua usia. Mulai dari anak muda hingga keluarga bisa menghabiskan waktu di tempat satu ini dengan harga menu mulai Rp. 35 ribu hingga Rp. 50 ribuan.

Lokasi : Jln. Jend. Sudirman, Padami, Manokwari Barat.
Jam Operasional : 09.00 – 23.00 WITA

34. Pasar Waisai Raja Ampat

Pasar Waisai Raja Ampat

Pasar Waisai di Raja Ampat ini bisa dijadikan sebagai wisata kuliner anda. Umumnya para wisatawan datang untuk mencari sarapan pagi di pasar satu ini. Ada beberapa kuliner yang bisa ditemui ketika anda melancong ke Raja Ampat mulai dari jajanan tradisional hingga makanan berat. Harga yang ditawarkan untuk makanan di pasar satu ini cukup terjangkau. Namun pastikan anda tidak datang siang hari karena biasanya dagangannya sudah habis.

Lokasi : Waisai, Waigeo Selata, Kota Waisai, Papua Barat.
Jam Operasional : 07.00 – 17.00 WITA

Tempat Perbelanjaan untuk Oleh-Oleh di Papua Barat

35. Kaokanao

Kaokanao

Kaokanao merupakan sebuah tempat wisata perbelanjaan yang ada di Papua Barat yang menyediakan beragam souvenir khas Papua. Terletak di Sorong toko satu ini terbilang lengkap dan menjadi salah satu tujuan para wisatawan dari berbagai daerah. Tak hanya menjual patung Asmat, disini anda juga bisa menemukan koteka, kalng, kaos dan lainnya yang didatangkan dari berbagai daerah di Papua. Harga yang ditawarkan juga terbilang murah mulai dari Rp. 10 ribu hingga ratusan ribu.

Lokasi : Malabutor, Sorong Manoi, Kota Sorong.
Jam Operasional : 10.00 – 22.00 WITA

36. Icon Raja Ampat

Icon Raja Ampat

Tempat satu ini menjual berbagai buah tangan yang bisa anda bawa pulang setelah dari Papua. Icon Raja Ampat terletak di beberapa ruas jalan di daerah Sorong karena memang memiliki beberapa cabang. Membeli oleh oleh di Sorong lebih banyak dilakukan oleh wisatawan. Mengingat ketika akan menjelajah nanti cukup sulit menemukan toko oleh oleh dan lebih fokus untuk berlibur. Disini anda akan menemukan banyak kaos khas Raja Ampat.

Karena memang Raja Ampat identik dengan pantainya dibandingkan oleh olehnya. Kaos kaos di tempat ini dijual mulai dari Rp. 110 ribu hingga Rp. 130 ribu. Ada juga gantungan kunci dan souvenir lain yang dijual mulai Rp. 10 ribu hingga Rp. 20 ribuan. Jika anda berkunjung siang hari akan berkesempatan untuk berpose di mural dnegan tulisan Raja Ampat di halaman toko ini.

Lokasi : Jln. R.A. Kartini No. 33, Kp. Baru, Kota Sorong.
Jam Operasional : 09.00 – 22.00 WITA

37. Pasar Jembatan Puri

Pasar Jembatan Puri

Rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi pasar tradisional di beberapa daerah di Indonesia. Di kota Sorong, Papua Barat ada sebuah pasar tradisional yang menjadi favorit wisatawan. Pasar Jembatan Puri menjual berbagai macam ikan segar di pagi hari. Aktivitas ini dirasa menarik sehingga banyak wisatawan lokal maupun asing yang mengunjungi pasar ini. Berbagai jenis ikan bisa anda dapatkan di pasar tradisional satu ini.

Lokasi : Klailigi, Sorong Manoi, Kota Sorong
Jam Operasional : 06.00 – 20.30 WITA

38. Sorong Mega Mall

Sorong Mega Mall

Mengunjungi mall satu ini tak hanya untuk berjalan jalan, namun juga bisa dijadikan sebagai wisata belanja bagi wisatawan. Anda juga sudah bisa menemui makanan cepat saji di Mall satu ini. Perkembangan kota Sorong yang maju pesat membuat pusat perbelanjaan ini ada dan juga ramai dikunjungi. Gerai gerai pakaian dan berbagai kebutuhan bisa anda jumpai jika mengunjungi mall satu ini. Mall juga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata di Papua Barat.

Lokasi : Jalan Basuki Rahmat Klabulu, Malaimsimsa, Malaingkedi, Sorong Utara
Jam Operasional : 08.00 – 22.00 WITA

Baca Juga : Tempat Wisata di Bali yang Paling Hits

Keindahan Papua Barat memang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Hanya saja masih banyak yang belum mengetahui potensi wisata dari ujung Timur Indonesia ini. Tak hanya itu alasan lautnya tentu saja biaya yang terbilang lebih mahal. Namun jika menginginkan mendapatkan pemandangan dan sensasi liburan yang menakjubkan Papua bisa menjadi jawabannya. Jadi tertarik untuk menjelajah mutiara hitam?

Leave a reply

%d blogger menyukai ini: