31 Tempat Wisata di Bali yang Paling Hits dan Recomended

Nusa Penida

Bali – Memiliki segudang pesona tempat wisata yang bisa kalian kunjungi selama kalian sedang liburan di Bali. Tidak heran kalau Bali ini sudah menjadi destinasi favorit berwisata selama di Indonesia baik oleh tourist ataupun wisatawan dalam negeri. Pesona alamnya yang sudah terdengan hingga ke berbagai penjuru dunia, membuat Bali tiada hentinya dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ketika memasuki musim libur panjang atau Summer, kalian bisa melihat kalau Bali sudah sangat dipenuhi oleh wisatawan-wisatawan yang datang untuk memburu indahnya pemandangan di pulau-pulau sekitar Bali.

Berbagai jenis wisata pun tersedia, sehingga wisatawan dapat memilih dan melakukan aktivitas di tempat manapun yang mereka ingin kunjungi. Baik dari wisata alamnya, pulau-pulau yang sangat indah, pantai pasir putih yang sangat memukau, wisata budaya yang diperkenalkan oleh masyarakat Bali, bahkan sampai kuliner hingga tempat hangout yang paling populer.

Berbagai Tempat Wisata Yang Bisa Dikunjungi Saat Berada Di Pulau Bali

Kalian hendak merencanakan liburan ke Bali? Disini kami telah mengumpulkan informasi mengenai beragam tempat wisata yang ada di Bali yang bisa kalian kunjungi.

Kami dari Infowisataid.com akan membahas dan mereferensikan 31 Tempat Wisata di Bali yang Paling Hits dan Recomended untuk dikunjungi saat berlibur.

1. Pura Tanah Lot

tempat wisata Pura Tanah Lot di Bali

Keindahan alam yang ditawarkannya, membuatnya banyak dikunjungi oleh wisatawan. Dengan adanya pura yang terletak di sebuah batu karang berukuran besar, seakan menambah daya tarik tersendiri. Hanya saja pengunjung tak dapat mendekati pura, ketika air laut sedang pasang karena batu karang akan digenangi air laut. Ketika air laut pasang, maka Pura akan terlihat seperti berada di tengah laut. Dibuka 24 jam penuh, lokasi wisata ini semakin banyak dikunjungi ketika menjelang matahari terbenam.

Untuk kalian yang ingin menginap, kalian bisa mendapati berbagai macam penginapan disepanjang jalan menuju tempat wisata. Mulai dari penginapan sederhana, villa, dan hotel berbintang. Ada juga atraksi dan pertunjukan yang sering diadakan di hotel-hotel sekitaran pantai, seperti pertunjukan tari kecak, Sunset Dinner, bahkan acara pernikahan.

Lokasi : Desa Beraba, Kec. Kediri, Kab. Tabanan, Bali
Biaya Masuk : Rp 15.000 – Rp 20.000
Jam Buka : 24 Jam

2. Pantai Kuta

tempat wisata Pantai Kuta di Bali

Menjadi salah satu ikon wisata, lantaran pesona dari pantainya terasa begitu eksotis. Tak hanya wisatawan lokal, seringkali pantai satu ini dipenuhi oleh para wisatawan asing yang menikmati keindahan pantai pulau dewata. Cukup ramai dikunjungi, banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama berada di Pantai Kuta. Contohnya saja seperti berselancar, voli pantai, berjemur, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya.

Lokasi : Jln. Pantai Kuta, Kuta, Kab. Badung, Bali
Tiket Parkir : Rp 2.000 – Rp 5.000
Biaya Masuk : Gratis

3. Pantai Pandawa Kutuh

tempat wisata Pantai Pandawa Kutuh di Bali

Tawarkan pesona alam yang begitu eksotis nan menawan, menjadikan pantai Pandawa Kutuh mengalami kenaikan peminatnya. Bagaimana wisatawan tak jatuh hati, bila tempat wisata ini menyajikan hamparan garis pantai yang landai nan tampak bersih. Bagian bibir pantainya yang luas, serasa cocok untuk dijadikan sebagi objek wisata bersama dengan keluarga tercinta.

Selama berada di objek wisata ini, ada beberapa aktifitas yang bisa dilakukan untuk menyempurnakan liburan. Mulai dari berenang, mengunjungi 5 patung ksatria Pandawa, berselancar, bermain kano, ataupun sekedar menyegarkan tubuh dengan pijak tradisionalnya.

Lokasi : Desa Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali
Tiket Parkir: Rp 8.000

4. Pantai Amed

tempat wisata Pantai Amed di Bali

Mungkin saja kalian jarang sekali mendengar tempat wisata satu ini selama di Bali. Pantai Amed ini memang juga terbilang cukup sepi dari wisatawan, akan tetapi Pantai Amed merupakan pantai yang eksotis yang menjadi surga bagi para penggila snorkeling dan diving. Pemandangan alam bawah laut dan berbagai macam biota laut yang beragam menjadi daya tarik dari pantai Amed.

Keunikan yang dimiliki oleh Pantai Amed adalah pasirnya yang memiliki warna hitam, berbeda dengan pantai lainnya yang memiliki pasir berwarna putih jernih. Selain Snorkeling dan Diving, kalian bisa menikmati pemandangan sunrise dan sunset hingga melihat secara langsung nelayan yang sedang membuat garam di pantai tersebut.

Lokasi : Desa Amed, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali.
Biaya Masuk : Rp 5.000

5. Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

tempat wisata Pura Ulun Danu Beratan Bedugul di Bali

Di tempat ini pengunjung bisa merasakan nuansa religius yang masih kental terasa, yang dipadukan dengan keindahan alamnya yang bisa memanjakan mata. Tak hanya menawarkan kecantikan panoramanya, disini anda bisa menghirup udara segar lantaran kawasannya yang masih asri. Pengunjung juga bisa mengelilingi danau tersebut, dengan menyewa beberapa transportasi air. Tak jarang para pecinta fotografipun mengabadikan momen tersebut, sebagai koleksi jepretan barunya.

Lokasi : Jalan Raya Candi Kuning, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
Biaya Masuk : Rp 20.000 – Rp 30.000
Tiket Parkir : Rp 2.000 – Rp 10.000
Jam Buka : 08.00 – 18.00 WITA

6. Pantai Nusa Dua

tempat wisata Pantai Nusa Dua di Bali

Menyabet sebutan sebagai pantai terbersih yang ada di Pulau Bali, pantai satu ini bisa menjadi wisata alternatif untuk dikunjungi. Keindahan yang ditawarkannya sungguh terkenal di kalangan turis mancanegara. Berbagai event besar yang berkaitan dengan kenegaraan, biasanya akan diadakan di kawasan pariwisata satu ini. Jika kalian membutuhkan penginapan, ada banyak sekali penginapan yang berada di sekitaran lokasi Pantau Nusa Dua ini, dan kebanyakan adalah hotel bintang lima. Jadi siapkan uang agak lebih ya.

Lokasi : Jalan Nusa Dua Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Bandung, Bali.
Jam Buka : 24 Jam

Biaya Parkir : Rp 10.000

7. Pantai Suluban Uluwatu

tempat wisata Pantai Suluban Uluwatu di Bali

Terkenal dengan ombaknya yang besar, memang tidak cocok dijadikan sebagai tempat berlibur bagi anak anak. Namun berbeda ketika air lautnya sedang surut, dimana pesona alamnya seakan bertambah dengan terlihatnya cekungan kecil bak kolam dengan warna airnya yang begitu jernih. Jangan tertipu dengan keindahannya, karena terdapat bebatuan karang yang tajam sehingga perlu berhati hati ketika melangkah.

Lokasi ini seringkali dikunjungi oleh pecina fotografi, sebagai upaya mengabadikan ciptaan Tuhan yang begitu luar biasa. Untuk bisa menikmati keindahan alam di pantai Suluban Uluwatu, para pengunjungnya tidak akan dikenakan biaya sedikitpun alias gratis.

Lokasi : Jalan Pantai Suluban, Desa Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
Biaya parkir : Rp 5.000 – Rp 15.000

8. Pantai Dreamland

tempat wisata Pantai Dreamland di Bali

 

Termasuk dalam daftar wisata di Bali yang cukup populer dikunjungi, dimana pengunjung diajak untuk melihat pemandangan alam dari atas tebing. Sebagian besar dari tebing tersebut, masih tertutup oleh berbagai tanaman hijau yang justru menjadi daya pikatnya sendiri.

Dengan keindahannya tersebut, tidak mengherankan kemudian banyak pecinta fotografi yang berkunjung ke pantai mempesona satu ini. Dikenal dengan ombaknya yang berderu deru, banyak wisatawan yang mencoba menaklukkan ombaknya tersebut. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin bersantai, bisa berjemur di pinggir pantainya yang bersih dengan pasirnya yang terasa lembut sambil menikmati pemandangan matahari terbenam.

Lokasi : Desa Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali
Biaya Parkir : Rp 5.000 – Rp 15.000

9. Monkey Forest Ubud

Monkey Forest Ubud

Ketika berkunjung ke tempat wisata ini, pengunjungnya akan disambut dengan para kera yang dibiarkan hidup bebas disana. Hal yang menarik dari objek wisata ini, setiap pengunjungnya diperbolehkan untuk berinteraksi dengan hewan tersebut. Dibiarkan untuk tumbuh kembang di kawasan tersebut, masyarakat sekitar mempercayai bila mereka merupakan keramat yang sebaiknya tidak diganggu.

Selama berada disana, pengunjung bisa merasakan udara sejuk dengan suasana sekitar bak menyatu dengan alam. Selagi berkunjung ke Monkey Forest Ubud, ada baiknya untuk tidak membawa barang mencolok karena bisa menarik perhatian mereka.

Lokasi : Jalan Monkey Forest ubud, kec. Ubud, Kab. Gianyar, Bali
Jam Buka : 08.30 – 18.00 WITA

Biaya Masuk : Rp 30.000

10. Secret Garden Buleleng

Secret Garden Buleleng

Pernah kesini sebelumnya ? Jika belum, kalian harus mencoba ke Secret Garden Buleleng. Terdapat 7 air terjun yang sangat memukau disini, yaitu air terjun Aling-Aling, air terjun kroya, Pucuk, Air Terjun Kembar, Canging, Dedari, dan Air Terjun Cemara. Kalian bisa melakukan aktivitas apapun selama disini, seperti bermain air, berenang, meluncur bahkan berfoto untuk mengabadikan moment kalian.

Lokasi : Desa Sambangan, Kec. Sukasada, kab. Singaraja
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WITA

Biaya Masuk : Rp 10.000
Tiket parkir Rp 3.000 – Rp 5.000

11. Pura Tirta Tampak Siring

tempat wisata Pura Tirta Tampak Siring di Bali

Di kawasan Tirta Empul ini, kalian bisa menemukan kolam air dengan mata air yang alami. Ada tradisi yang unik dan tentunya menarik yang bisa kalian jumpai saat kalian berkunjung ke Pura Tirta Empul Tampak Siring. Hal inilah yang membuat wisatawan dalam negeri dan luar negeri mendatangi Pura Tirta Empul setiap harinya.

Terdapat sekitar 33 pancuran yang ada di Pura Tirta Empul ini, dan masing-masing pancuran tersebut memiliki nama masing-masing dan manfaatnya sendiri-sendiri. Nama-nama pancuran yang ada disini diantara lain adalah 14 pancuran yang disebut sebagai Pancuran Tirtha Pembersihan, 2 Pancuran Tirta Pelebur Kutukan dan Sumpah, serta 6 Pancuran Tirtha Penyakit Berat dan Tirtha Upakara.

Untuk ikut serta dalam upacara yang diadakan di Pura Tirta Empul ini, wisatawan harus mengikuti dan menaati peraturan yang ditetapkan oleh pihak Pura. Salah satu diantaranya adalah penggunaan kain kamen yang diikatkan pada bagian pinggang, yang dimana merupakan kain kamen ini adalah sarana wajib dalam melaksanakan upacara sembahyang di dalam pura oleh masyarakat Hindu Bali.

Lokasi : Jalan Tirta, Tampaksiring, Manukaya, Kabupaten Gianyar, Bali.
Jam Buka : 08.00 – 16.00 WITA

Biaya Masuk : Rp 30.000
Tiket Parkir : Rp 2.000 – Rp 5.000

12. Pantai Balangan

tempat wisata Pantai Balangan di Bali

Tak sepopuler seperti pantai lainnya, namun beberapa waktu belakangan pamor si Pantai Balangan mulai naik berkat bantuan media sosial. Disini mengunjung akan ditawarkan dengan suasana pantainya yang indah, diwarnai dengan bentangan pasir putihnya yang begitu luas. Letaknya yang sedikit jauh dari hiruk pikuk manusia, bisa menjadi pilihan tepat ketika mencari tempat wisata dengan ketenangannya.

Lokasi : Desa Ungasa, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Bali
Operasional : 24 Jam

Tiket Parkir : Rp 5.000

13. Pantai Nyang Nyang

tempat wisata Pantai Nyang Nyang di Bali

Jika kalian yang suka dengan tempat sunyi dan memberikan ketenangan, maka kalian bisa mengunjungi Pantai Nyang Nyang. Pantai tersembunyi ini jarang diketahui oleh wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Akses yang sangat susah untuk menuju Pantai Nyang Nyang ini lah yang membuat wisatawan jarang tahu letak lokasinya dan tentunya memerlukan usaha ekstra untuk pergi ke pantai ini. Ada sekitar ratusan anak tangga dengan tingkat kemiringan yang cukup ekstrem sepanjang perjalanan menuju lokasi utama.

Lokasi : Jln. Raya Uluwatu Pecatu, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, kab. Badung, Bali
Tiket Parkir : Rp 2.000 – Rp 5.000

14. Anjungan Wanagiri

tempat wisata Anjungan Wanagiri di Bali

Wanagiri Hidden Hills Buleleng merupakan tempat wisata yang baru saja populer di Bali. Kawasan ini semakin ramai hari-harinya dikunjungi oleh wisatawan yang memiliki hobbie selfie atau berfoto. Memiliki spot foto kekinian dan juga menawarkan keindahan alamnya sebagai background landscape yang bisa dipamerkan di media sosial.

tempat wisata Anjungan Wanagiri di Bali

Lokasi foto instagramable ini diantara lain yang paling populer ialah berbentuk kapal serupa dengan kapal Titanic, Ayunan yang diikatkan di pohon, dan juga seperti sarang burung yang memiliki background danau Buyan.

tempat wisata Anjungan Wanagiri di Bali

Lokasi : Dusun Asih Panji, Kecamatan Sukasa, Buleleng.
Jam Buka : 06.30 – 19.00 WITA
Biaya Masuk : Rp 10.000

15. Air Terjun Peguyangan, Nusa Penida

Air Terjun Peguyangan, Nusa Penida

Tempat wisata di Bali berikutnya adalah Air Terjun Peguyangan, Nusa Penida. Tempat ini dikhususkan untuk anda yang bernyali besar dan tidak memiliki phobia akan ketinggian.

Letaknya yang berada di kedalaman jurang, semakin cantik lantaran langsung menghadap ke arah laut. Objek wisata ini berlokasi di Jalan Kresek, Gang Oscar No. 18, Denpasar, Bali dan beroperasi sejak pukul 09.00 hingga 21.00 WITA. Masuk dalam wilayah suci, pengunjung diharuskan mengenakan kain dengan harga sewa sekitar Rp. 10.000 per kain.

Lokasi : Jalan Kresek, Gang Oscar No. 18, Denpasar, Bali
Jam Buka : 09.00 – 21.00 WITA

Sewa Kain : Rp 10.000 /kain

15. Pantai Lovina

Pantai Lovina

Banyak wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri masih asing dengan keberadaan Pantai Lovina. Padahal ketika kalian sedang berlibur di Bali, tempat wisata satu ini tidak boleh dilewatkan. Pantai Lovina terkenal dengan habitat hewan lumba-lumba, sehingga pantai ini sering dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat lumba-lumba.

Waktu yang sangat baik untuk datang kesini adalah pada pagi hari, ketika lumba-lumba akan pergi naik ke atas untuk mencari makan. Kalian bisa melihat segerombolan lumba-lumba berenang kesana kemari bahkan hingga meloncat-loncat ke udara. Untuk melihat lumba-lumba tersebut, kalian harus menyewa sebuah perahu.

Lokasi : Desa Kalibukbuk, kab. Buleleng, Bali
Tiket Parkir : Rp 5.000 – Rp 10.000

Biaya Perahu : Rp 150.000 – Rp 250.000 /orang

16. Bali Underwater Scooter

Bali Underwater Scooter

Tidak tahu mau pergi berwisata kemana lagi? Mari coba tempat wisata yang unik dan seru satu ini yang ada di Bali yaitu Bali underwater Scooter. Disini kalian akan mengendarai scooter kebawah laut dan melihat keindahan bawah laut dengan biota yang beragam macam. Tentunya peralatan dan keamanan sudah sangat terjaga sehingga kalian tidak perlu takut untuk menaiki scooter tersebut dan pergi ke dunia bawah laut.

Lokasi : Pantai melasti, Jl. Tukad Punggawa, Serangan, Kec. Denpasar Selatan
Jam Buka : 09.00 – 17.00 WITA

Biaya Sewa : Rp 800.000 – Rp 1.000.000

17. Dream Island Bali

Dream Island Bali

Disini kalian akan ditawarkan pemandangan alam dari pantai Mertasari yang dimana sangat bagus untuk spot melihat sunrise dan sunset. Terdapat juga beberapa spot foto yang sangat instagramable sehingga banyak wisatawan muda datang kesini untuk berfoto ria. Uniknya, kalian bisa menunggangi unta loh untuk mengitari pantai.

Lokasi : Jl. Pengembak No. 44 Kec. Denpasar Sel, Kota Denpasar, Bali.
Tiket Parkir : Rp 2.000 – Rp 5.000

Biaya Masuk : Rp 20.000 /orang

18. Zen Hideaway

Zen Hideaway

Sebuah tempat yang menyediakan fasilitas yang sedikit ekstrim, yaitu ayunan. Kalian akan diayunkan di ayunan tersebut yang cukup tinggi, selain itu kalian juga dapat menikmati keindahan alam sekitar sepuasnya selama berada di ayunan tersebut. Hamparan hijau yang sangat asri, sehingga kalian lupa akan ketakutan yang melanda.

Lokasi : Jl. Dewi Saraswati, Banjar Tegalkuning, Bongkasa Pertiwi, Abiansemal, Bali.
Operasional : 24 Jam

Biaya Masuk : Rp 20.000
Biaya Fasilitas Ayunan : Rp 250.000 /30 menit

19. Desa Panglipuran

Desa Panglipuran

Jika kalian berlibur ke Bali, usahakan untuk datang ke Desa Panglipuran ini walaupun hanya sekali saja. Desa ini memiliki predikat sebagai desa terbesih di seluruh dunia. Desa Panglipuran ini mulai terkenal karena pernah masuk disalah satu stasiun TV Indonesia yang digunakan sebagai tempat shooting FTV (Film Televisi).

Keunikan-keunikan yang ada di desa ini seperti bentuk dari tiap-tiap rumah penduduk yang hampir sama, pembagian dari masing-masing tata ruang rumah juga sama, dan budaya yang dianut di desa ini. Jika kalian ingin menginap disini, Desa Panglipuran menawarkan beberapa penginapan dengan harga yang bervariasi.

Lokasi : Jl. Penglipuran, Kubu, Kec. Bangli, Kapubaten Bangli, Bali.
Jam Buka : 09.00 – 17.00 WITA

Biaya Masuk : Rp 15.000

20. Kuil Bawah Laut di Pemuteran

Kuil Bawah Laut di Pemuteran

Sebenarnya pura ini memang sengaja ditenggelamkan oleh para pecinta lingkungan yang bertujuan untuk sebagai upaya konservasi terumbu karang bawah laut. Akhirnya menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata bagi para pecinta snorkeling dan diving di Bali. Anda bisa menemukan tempat wisata ini yang berlokasi sekitar 115 km dari kota Denpasar.

Selain keindahan dari terumbu karang asli yang berada di bawah laut, kecantikan bawah laut lainnya ditambah dengan adanya patung-patung yang juga ditumbuhi oleh koral-koral. Berada pada kedalaman 15-28 meter, ini adalah spot favorit para penyelam untuk menikmati keindahan bawah laut yang ada di Desa Pemuteran, Buleleng.

Lokasi : Teluk Pemuteran, Kab. Buleleng, Bali
Jam Operasional : 24 Jam
Biaya Masuk : Gratis

21. Desa Munduk

tempat wisata Desa Munduk di Bali

Desa Munduk Singaraja ini memiliki daya pikat akan keindahan alamnya yang berupa perkebeunan kopi, teh, dan cengkeh. Disini, wisatawan bisa menemukan air terjun yang cantik dengan ketinggian 200 meter dengan debit air yang cukup deras, sehingga tidak disarankan terlalu dekat dengan air terjun karena cukup berbahaya.

Ada juga tempat yang menarik lainnya ketika kalian berkunjung ke Desa Munduk ini, yaitu Danau Tamblingan. Terdapat banyak pura yang biasa digunakan sebagai tempat upacara adat dan keagaman di sekitaran danau. Selain menikmati wisata alamnya, kalian juga dapat belajar membuat tire dan kdape disini.

Lokasi : Kec. Banjar, Kab. Buleleng, Bali
Jam Operasional : 24 Jam

22. Danau Batur

Danau Batur

Danau Batur Kintamani ini berada di daerah dataran tinggi dengan ketinggian 1050 mdpl, membuat tempat ini cocok untuk mencari ketenangan. Danau ini termasuk sebagai salah satu danau terbesar yang ada di pulau Dewata. Memiliki luasan sekitar 16 km persegi dan memiliki kedalaman hingga 65 meter, dan rupanya danau ini juga mempunyai bentuk yang unik.

Danau ini tercipta karena dampak dari letusan Gunung Batur yang terjadi pada ribuan tahun lalu, dan juga merupakan sebuah danau kaldera aktif. Oleh karenanya, warna air di danau ini mengalami perubahan yang menjadikan daya tarik tersendiri. Hal inilah yang membuat Danau Batur memiliki panorama alam yang sangat cantik dan menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk berkunjung.

Disini kalian bisa menikmati pemandangan dan sambil bersantai di Batur natural Hot Spring atau Sumber Air Panas Batur. Bagi kalian yang suka berfoto, ada spot fotografi yang sangat indah, dan yang paling juara yaitu saat foto sunrise dan sunset. Kalian akan mendapatkan foto pemandangan matahari terbit dan terbenam yang sangat indah di Danau Batur.

Lokasi : Desa Penelokan utara, Kintamani, Kab. Bangli
Biaya Masuk : Rp 15.000 /orang

Biaya Mandi Air Panas : Rp 60.000 /orang

23. Bukit Campuhan

Bukit Campuhan

Beberapa waktu terakhir, wisata di Bali ini tengah viral di salah satu media sosial karena keindahan alamnya yang begitu menakjubkan. Disini pengunjungnya akan ditawarkan dengan perbukitan serba hijau, sebab banyaknya pepohonan khas daerah tropis yang menghiasinya. Pesonanya semakin menakjubkan, disana pengunjung juga bisa melihat area persawahan serta lembah yang menghiasi tempat wisata ini.

Disini, kalian bisa melakukan aktivitas apapun, seperti Jogging, Trekking ataupun berfoto. Salah satu rute trekking yang terkenal adalah Bukit Campuhan Ridge Walk, kalian bisa trekking sambil menikmati keindahan alam khas Bali yang sangat kental. Banyak juga spot-spot foto yang instagramable banget berada di jalur trekking tersebut.

Lokasi : Jalan Bangkiang Sidem, Keusa, Payangan, Ubud, Kelusa, Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali.
Jam Operasional : 24 Jam

Sewa Sepeda : Rp 15.000 /hari
Biaya Masuk : Gratis

24. Nusa Penida

Nusa Penida

Nusa Penida merupakan tempat wisata paling populer yang ada di Bali. Untuk akses kesini, kalian bisa melewati pantai Sanur dengan menggunakan kapal Ferry ataupun boat.

Nusa Penida

Ada beragam tempat wisata menarik lainnya yang bisa kalian kunjungi selama di Nusa Penida, diantaranya adalah Rumah Pohon Raja Lima Melonteng, Raja Lima Nusa Penida, Pantai Atuh, Bukit Teletubbies, Pantai Kelingking, Angel Billabong, Pasig Uug Broken Beach, Crystal Bay, dan Toya Pakeh. Kalian bisa menyewa sebuah motor untuk mengelilingi Nusa Penida, sehingga tidak perlu repot-repot berjalan kaki.

Sewa Motor : Rp 75.000 /hari
Sewa Mobil : Rp 535.000 /hari

Tiket Ferry : Rp 150.000 – Rp 300.000 /orang (Roundtrip)

25. Pantai Sanur

Pantai Sanur

Walaupun banyaknya bermunculan pantai-pantai yang ada di Bali, akan tetapi Pantai Sanur selalu tak luput dari wisatawan untuk memasukannya ke dalam daftar wisata yang wajib dikunjungi selama berlibur di Bali. Hal yang tidak bisa dilupakan di Pantai Sanur adalah pemandangan matahari terbit atau sunrise yang paling terbaik diantara tempat wisata lainnya yang menawarkan pemandangan sunrise.

Ada beragam fasilitas dan wahana permainan yang bisa kalian gunakan dan nikmati selama di Pantai Sanur. Kalian bisa menikmati pantai dengan bersepeda ataupun berjogging buat kalian yang gemar jogging, bermain Kano dan wahana permainan air lainnya, menikmati wisata kuliner khas Indonesia, Asia bahkan Western disini, dan terdapat pula penginapan-penginapan terbaik disekitaran Pantai Sanur.

Lokasi : Jalan Kusuma Sari No. 1, Sanur, Denpasar Selatan, Bali
Jam Operasional : 24 Jam

Tiket Parkir : Rp 5.000 – Rp 10.000

26. Pantai Uluwatu

Pantai Uluwatu

Berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Bali, lokasi Pantai Uluwatu ini sangat tersembunyi. Walaupun tersembunyi, banyak wisatawan yang sering berdatangan ke Pantai Uluwatu ini untuk menikmati keindahan pantai berpasir putih ini dan deburan ombaknya. Untuk mencapai bibir pantai, kalian harus melewati tangga kecil sepanjang 50 meter. Tangga tersebut terlihat seperti terowongan karena berada di tengah-tengah dua bukit karang yang tinggi.

Lokasi : Pantai Uluwatu, Pecatu, Kab. Badung, Bali
Jam Operasional : 24 Jam
Tiket Parkir : Rp 5.000
Biaya Masuk : Rp 30.000

27. Bali Bird Park

Bali Bird Park

Dibuka sejak tahun 1995, dapat dikatakan bila tempat wisata di Bali ini menjadi taman burung terbesar yang ada di tanah air. Setidaknya ada sekitar 1.000 spesies satwa yang terdiri dari 250 jenis spesies unggas. Usai puas bertemu dengan aneka satwa, pengunjung bisa menikmati sensasi baru di teater 4D. Dijamin hari libur akan menjadi lebih berwarna, sekaligus menambah kenangan indah selama berada di pulau dewata.

Lokasi : Jln. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Kabupaten Gianyar, Bali.
Jam Buka : 09.00 – 17.30 WITA

Biaya Masuk : Rp 75.000 – Rp 140.000

28. Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park

Sebagai tempat penangkaran berbagai satwa yang rawan punah, membuatnya masuk dalam daftar tempat wisata di pulau Dewata yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Yang membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi, karena konsep dimana pengunjungnya bisa menikmati pengalaman bersafari mulai dari yang modern hingga khas Bali kuno. Selain bisa berinteraksi langsung dengan para satwa, pengunjung juga bisa mendapatkan edukasi hingga mitos di kehidupan liar.

Lokasi : Jln. Profesor Ida Bagus Mantra Km 19.8, Serongga, Kec. Gianyar, Bali
Jam Buka : 09.00 – 18.00 WITA

Biaya Masuk : Rp 135.000 – Rp 175.000

29. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Garuda Wisnu Kencana

Ikonik dengan adanya patung raksasa Garuda Wisnu Kendana, membuatnya menjadi daya tarik sendiir untuk dikunjungi. Tak hanya melihat kemegahan patungnya, pengunjung juga dimanjakan dengan adanya perbukitan kapur di sekitar lokas wisata. Puas melihat keindahan alam sekitar, pengelola tempat wisata pun memanjakan pengunjungnya dengan mengadakan teater seni. Berbagai keseian dan tarian khas Bali pun ditampilkan, seakan menambah daya tariknya.

Lokasi : Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali
Tiket Masuk : Rp 80.000 – Rp 130.000

Jam Buka : 08.00 – 22.00 WITA

30. Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati

Masuk menjadi spot wisata religi yang tak boleh ketinggalan untuk dikunjungi, para pengunjungnya harus menghormati tempat ibadah ini dengan mengenakan selempang ataupun sarung. Pengunjung bisa menyaksikan pementasan seni berupa Tari Kecak yang dibangun oleh para seniman terkenal di Ubud.

Usai memasuki kawasan pura, anda bisa berswafoto sampai puas, dengan background berupa arsitektur candi klasik yang begitu indah. Pemandangan semakin cantik dengan tambahan adanya teratai, yang berada di setiap bagian jalan setapak menuju Pura.

Lokasi : Jln. Kajeng, Ubud, kec. ubud, kab. Gianyar, Bali
Jam Buka : 07.00 – 17.00 WITA

Tiket Pertunjukan : Rp 80.000 /orang
Biaya Masuk : Gratis

31. Pantai Padang Padang

pantai padang padang

Pantai Padang Padang terkenal dengan latar belakang yang berupa perbukitan dan batu karang yang terjal, serta jernihnya air laut menambah keindahan panorama di Pantai ini.

Selain panoramana keindahan batu karangnya serta jernihnya air laut disini, ternyata Pantai Padang Padang memiliki ombak yang cukup besar. Setiap tahunnya, selalu ada kompetisi surfing berskala internasional yang diadakan di pantai ini. Untuk mendapatkan ombak yang maksimal, kalian harus berenang terlebih dahulu ke tengah laut sekitar 300 meter, kalian akan merasakan gelombang ombak yang cukup besar dengan arus bawah laut yang kuat.

Lokasi : Jalan Labuan Sait, Desa Pecatu, Bali
Biaya Masuk : Rp 5.000 – Rp 10.000

Tiket Parkir : Rp 2.000 – Rp 5.000
Jam Operasional : Rp 24 Jam
Sewa Papan Surfing : Rp 100.000 /2 Jam

Baca Juga : 31 Tempat Wisata Di Belitung Yang Wajib Dikunjungi

Ketika kita mengulas beragam macam tempat wisata yang ada di Bali, tampaknya tidak akan pernah habis. Karena lokasi Bali yang identik dengan banyaknya pantai dan Pulau membuat siapapun ingin berkunjung dan jatuh hati langsung ketika sudah berada di Bali. Sehingga Tidak heran apabila banyak wisatawan yang mengaku bahwa mereka sering dan terus-menerus berpergian ke Bali disaat liburan ataupun suntuk dengan kerja.

  • Leave a reply