31 Tempat Wisata Di Belitung Yang Wajib Dikunjungi

Pulau Batu Berlayar

Belitung – Memiliki potensi alam dan tempat wisata yang sangat luar biasa, maka dari itu banyak sekali wisatawan yang membuat rencana untuk berlibur di kota Belitung ini. Selain menyajikan pemandangan alam yang luar biasa cantik dan menawan, Belitung seakan menjadi daerah yang wajib masuk dalam daftar kunjungan berwisata selanjutnya.

Potensi alamnya yang luar biasa, bahkan telah didengar hingga ke telinga negara tetangga. Usai berjalan jalan santai, jangan lupa untuk membeli buah tangan terbaik khas dari Belitung.  Berikut beberapa destinasi wisata di Belitung populer, beserta pusat oleh oleh yang sayang untuk dilewatkan.

Beberapa Tempat Wisata Populer Untuk Dikunjungi Di Belitung

Kalian hendak merencanakan liburan ke kota Belitung? Disini kami telah mengumpulkan informasi mengenai beragam tempat wisata yang ada di Belitung yang bisa kalian kunjungi.

Kami dari Infowisataid.com akan membahas dan mereferensikan 30 Tempat Wisata di Belitung yang Wajib untuk dikunjungi saat berlibur.

1. Pulau Lengkuas

tempat wisata Pulau Lengkuas di Belitung

Masih menjadi primadona hingga kini, dimana daya tariknya terletak pada mercusuar tua yang digunakan sebagai penuntunn lalu lintas kapal. Pengunjung pun diperbolehkan untuk naik ke puncak mercusuar, apabila ingin melihat pemandangan alam sekitar yang tampak menyegarkan mata. Dari ketinggian diatas mercusuar tersebut, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan pantai cantik dilengkapi air laut yang tampak jernih. Pemandangan alamnya yang luar biasa, banyak wisatawan yang kemudian mengabadikan momen disini.

Usai melihat dari ketinggian, kini saatnya merasakan kesegaran air lautnya yang masih bersih serta bening. Oleh karenanya, pantai ini sangat cocok untuk melakukan olahraga air seperti snorkeling ataupun diving karena pantai ini dikenal dengan kecantikan pemandangan bawah lautnya. Jika kalian beruntung, kalian dapat melihat langsung penyu hijau yang dipelihara oleh sang penjaga mercusuar. Dengan suguhan tersebut, tidak heran bila banyak wisatawan betah berlama lama disana.

Cara Kesini : Bisa Dicapai dari Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi, dan Pantai Tanjung Binga menggunakan perahu motor.
Biaya : Rp 450.000 – Rp 550.000 per kapal ukuran kecil.
Sewa Snorkeling : Rp 15.000 per item.

2. Pantai Tanjung Kelayang

tempat wisata Pantai Tanjung Kelayang di Belitung

Disebut sebagai pantai yang menawarkan pemandangan eksotis, ternyata kepopuleran si Pantai Tanjung Kelayang sudah dikenal dunia lewat event Internasional bernama Sail Wakatobi Belitong. Karena sudah terlalu indah, kadangkala pengunjung kesulitan untuk mendeskripsikan atau menggambarkannya lewat sebuah kata kata. Bagaimana tidak, disini pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan pasir berwarna putih yang bersih serta kejernihan air lautnya yang begitu menawan.

Selama berada disini, beberapa pengunjung mungkin menyadari bila terdapat keunikan pada sebuah tumpukan batu yang ternyata menyerupai kepala burung. Namun perlu diketahui bahwa, tumpukan batu tersebut memang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Sedangkan aktifitas yang bisa dilakukan yaitu berenang, memancing, berjemur, menyelam, dan masih banyak permainan air lainnya yang tak kalah seru untuk dilakukan.

3. Pantai Nyiur Melambai

tempat wisata Pantai Nyiur Melambai di Belitung

Pantai Nyiur melambai, merupakan salah satu tempat wisata bahari di Belitung yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Sebab pantai ini menawarkan pemandangan yang tak biasa, dimana si sepanjang bibirnya justru ditumbuhi pohon pinus. Kehadiran pohon pinus tersebut, membuat udara di sekitar pantai terasa lebih sejuk nan menyegarkan. Tidak heran bila banyak pengunjung yang terbuai di lokasi wisata ini, dan ingin segera mengujunginya di lain waktu.

Hembusan angin lembut yang dirasakan, pengunjung seakan tak diperbolehkan untuk kembali ke rumah. Banyak wisatawan yang merasa nyaman berada di lokasi ini, dan tak tak ingin terburu buru meninggalkan pantai. Tampaknya apa yang dirasakan oleh pengunjung, sesuai dengan nama yang diberikan pada pantai ini. Mungkin sebagian orang tidak percaya dengan hal ini, sebelum benar benar merasakan betapa nyamannya terkena hembusan sembari melihat pemandangannya yang indah.

Selain bersantai ria di sekitar bibir pantai, ada beberapa aktifitas lain yang membuat suasana liburan menjadi lebih berwarna. Aktifitas tersebut seperti bermain air, berenang, panjat tebing, hingga bermain voli pantai bisa dilakukan disini. Sebab garis pantainya termasuk panjang, dan ditambah dengan suasana teduh yang mendukung untuk melakukan aktifitas tersebut. Oleh karenanya, pantai indah satu ini pantas masuk dalam daftar liburan selanjutnya.

Lokasi : Pantai Nyiur melambai, Manggar, Kab. Belitung Timur.

4. Pulau Memperak

tempat wisata Pulau Memperak di Belitung

Bagi pecinta olahraga air seperti snorkeling, pastikan bahwa wisata di Belitung satu ini masuk dalam daftar kunjungan ketika berada di Belitung. Saat berada disana, pengunjung bisa melihat keindahan biota lautnya yang masih terawat dengan baik. Bahkan terdapat beberapa spot terbaik, yang dikatakan memiliki pemandangan luar biasa yang tentu saja sayang untuk dilewatkan. Untuk bisa menikmati pemandangan biota bawah air, pengunjung harus membawa perlengkapan menyelam sendiri.

Selain itu, pengunjung yang ingin melakukan snorkeling ada baiknya tetap waspada dan menggunakan alas kaki untuk melindingi kulit kaki. Sebab lokasi ini banyak ditemukan bulu babi, sehingga penting untuk selalu berhati hati setiap melangkah. Namun secara keseluruhan pulau ini aman dikunjungi, karena ada beberapa penjaga yang tinggal di sekitar lokasi wisata. Bahkan tempat tinggalnya sendiri, dibangun tepat di tengah pepohonan yang  berada di sekeliling pantai.

Lokasi  : Pulau Buku Limau, Manggar, Kab. Belitung Timur.

5. Pulau Pasir

tempat wisata Pulau Pasir di Belitung

Letaknya yang berdekatan dengan pulau Lengkuas, tidak ada salahnya untuk mampir dan menikmati pesona keindahannya. Bagi wisatawan yang ingin melihat keindahannya, ada baiknya datang ketika air laut sedang surut. Pada waktu tersebut, pulau pasir akan terlihat lebih jelas karena biasanya pulau ini tertutupi oleh air laut. Oleh karenanya, pengunjung harus datang di saat yang tepat untuk bisa menikmati pesonanya yang tak kalah indah seperti pulau lainnya.

6. Burung Mandi Beach

Burung Mandi beach

Namanya sudah tak lagi asing terdengar, dimana lokasi wisata ini menjadi tempat favorit untuk menikmati hari libur bersama dengan orang tercinta. Yang membuatnya begitu dicintai, yaitu memiliki pasir berwarna putih bersih dan dilengkapi dengan ratusan pohon pinus laut. Pepohonan tersebut terlihat seperti pembatas antara pantai dan daratan, sehingga menghasilkan pemandangan yang menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan.

Daya tarik utama dari pantai satu ini, terletak pada keberadaan pemandangan gunung bak latar belakang pantai. Di tempat ini pula, wisatawan bisa menyaksikan langsung bentuk gunung Burung Mandi dengan jelas. Bahkan dikatakan bahwa, pantai di Belitung inilah yang menjadi satu satu tepat yang bisa melihat pemandangan khas laut dan pegunungan dalam satu tempat. Dengan perpaduan pemandangan tersebut, suasana sekitar dianggap cocok sebagai tempat berlibur untuk menghilangkan penat.

7. Pantai Serdang

tempat wisata Pantai Serdang di Belitung

Tawarkan pemandangan mempesona, banyak wisatawan yang kemudian menjadikannya sebagai spot terbaik untuk berfoto ria. Apa yang istimewa dari pantai satu ini ? Pengunjung tak hanya disuguhkan dengan pemandangan bak pantai pada umumnya, karena terdapat hutan pinus yang biasanya ditemukan di daerah pegunungan. Dari pemandangan unik tersebut, banyak dari wisatawan memanfaatkannya sebagai latar belakang saat mengambil gambar.

Pengunjung juga bisa menjumpai berbagai perahu nelayan yang berwarna warni, sehingga dikatakan sebagai spot lain yang tak kalah menarik untuk diabadikan. Dan benar saja, tak jarang para pecinta fotografi dan videografer mendatangi tempat tersebut, untuk mengabadikan ciptaan Tuhan yang tampak mempesona. Puas melihat pemandangan sekitar, kini saat yang tepat untuk mencicipi kelezatan kuliner khas pantai dan ngopi santai di sekitar bibir pantai.

8. Pantai Punai

tempat wisata Pantai Punai di belitung

Ciri khas dari pantai di Belitung, yaitu memiliki batu granit berukuran jumbo yang terletak di sekitar bibir pantainya. Namun tidak dengan pantai satu  ini, yang justru menawarkan bentangan pasir putih serta batu granit berukuran kecil. Suasana di pantai ini pun denderung tenang, sehingga sangat cocok untuk melepaskan penat dari bisingnya perkotaan. Karena menawarkan pemandangan berbeda, tidak heran bila pantai satu ini banyak disukai.

Ketika menatap ke hamparan lautan yang luas, pengunjung bisa melihat ada sebuah pulau kecil yang diberi nama Pulau Punai. Nama pulaunya sendiri, diambil dari banyaknya burung Punai yang dulunya singgah di pulau tersebut. Letaknya yang tak jauh dari bibir pantai, pengunjung yang beruntung bisa berjalan kaki menuju pulau tersebut jikalau air laut sedang surut. Siapapun yang sudah pernah berkunjung kesana, pasti akan merindukan suasana tenang dan menenangkannya.

9. Tanjung Binga

tempat wisata Tanjung Binga di belitung

Sebagai salah satu destinasi bahari, Tanjung Binga tentu saja menawarkan pesona alam yang tiada duanya. Ternyata tempat wisata kali di Belitung ini tak hanya menawarkan pemandangan alam semata, sebab pengunjung bisa membaur dan menikmati kehidupan nelayan tradisional yang terlihat begitu eksotis. Dari pulau ini pula, pengunjung bisa melihat adanya pulau pulau berukuran kecil yang menambah kecantikan alam sekitarnya.

Layaknya pantai khas Belitung, lokasi ini memiliki pasir berwarna putih bersih dan dilengkapi dengan bebatuan granit. Hanya saja ukuran batu disini tidak terlalu besar dan tidak terlalu banyak seperti di lokasi wisata lainnya. Aktifitas menarik yang bisa dilakukan disini, adalah mencicipi kuliner dengan membeli langsung dari nelayan yang datang membawa hasil tangkapan lautnya. Bagi para pecinta ikan, tempat ini bisa menjadi surga untuk berburu ikan untuk dijadikan sebagai santapan dikala perut keroncongan.

Selain bisa membeli ikan langsung dari nelayan, wisatawan bisa mendatangi restoran yang menyediakan menu ala restoran ternama di kota besar. Dari restoran tersebut, pengunjung bisa menikmati kuliner lezat sembari melihat pemandangan laut lepas yang terlihat cantik menawan. Rasa makanan pun semakin terasa nikmat, dan pengalaman ini tentu tak akan pernah terlupa. Pengunjung juga dimanjakan dengan adanya fasilitas kolam renang, untuk merasakan kesegaran air di tengah panasnya suhu sekitar.

10. Air Terjun Kepala Kawai

tempat wisata Air Terjun Kepala Kawai di belitung

Selain wisata baharinya, di Belitung juga menawarkan tempat wisata berupa air terjun yang tak kalah indah seperti objek wisata lainnya. Dari sekian banyak air terjun, Kapala Kawai bisa menjadi alternatif terbaik untuk mengisi hari liburmu. Letaknya yang berada di balik bukit dengan ketinggian sekitar 200 MDPL, air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter ini terlihat menakjubkan di mata pengunjungnya. Suara gemuruh air yang turun dari ketinggian, seakan menambah semangat menjalani hari.

Lokasi : Dusun Aik nangka, Desa Simpang Rusa, Kec. Membalong.

11. Danau Kaolin

tempat wisata Danau Kaolin di belitung

Dikatakan sebagai tempat wisata di Belitung yang menawarkan pesona alam luar biasa, tidak heran bila Danau Kaolin tak pernah sepi dikunjungi meski bukan di hari libur panjang. Bagi pengunjung yang ingin berlibur namun isi dompet tidak memadai, destinasi wisata ini tampaknya bisa menjadi pilihan alternatif terbaik. Sebab pengunjung tidak akan dikenai biaya sedikitpun, dan bisa menikmati pemadangan sepuasnya. Waktu terbaik untuk mengunjunginya yaitu jam 9 pagi hingga 11 siang.

Kenapa harus datang pada rentang waktu tersebut ? Sebab matahari belum terlalu terik, sehingga cocok untuk menikati kesegaran air lautnya. Pada pecinta fotografi pun mendapatkan pencahayaan yang pas, untuk bisa menghasilkan jepretan yang begitu menawan. Apabila melewati batas waktu tersebut, siap siap dihadang dengan teriknya sinar matahari yang menyilaukan mata. Oleh karenanya, pastikan untuk tidak datang terlalu siang karena dapat membakar kulitmu.

Lokasi : Perawas, Tanjung Pandan, Kec. Belitung.

12. Pantai Tanjung Tinggi

Dikenal dengan keindahan alamnya, sayangnya lokasinya yang berada diantara Tanjung kelayang dan Tanjung Pendam ini justru tak banyak diketahui publik. Yang membuat pantai ini begitu menarik dikunjungi, yaitu perpaduan pasirnya putih dan batuan granit berukuran besar yang tersebar di penjuru pantainya. Ukuran batuannya pun cukup beragam, berhasil membuat tampilan pantai ini terlihat unik dan berbeda dengan pantai kebanyakan.

Tahukah apa yang membuat pantai ini semakin spesial ? Sebenarnya pantai ini merupakan salah satu lokasi syuting sebuah film fenomenal di Indonesia, yang berjudul Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi. Sejak saat itulah, masyarakat mulai menyadari keberadaannya dan berbondong bondong mendatanginya dikala ingin melepaskan lelah. Dijamin pengunjung yang datang kesini, tak tahan untuk tidak mengabadikannya dan membagikannya di media sosialnya.

Lokasi : Kec. Sijuk, Kab. Belitung

13. Vihara Dewi Kwan Im

tempat wisata Vihara Dewi Kwan Im di belitung

Selain wisata alam, tidak ada salahnya mengunjungi salah satu peninggalan sejarah yang didirikan sejak 266 lampau. Dikatakan sebagai Vihara tertua dan terbesar di pulau Belitung, sehingga tidak heran bila lokasi ini banyak dikunjungi wisatawan setiap harinya. Maksud kedatangan setiap pengunjung pun berbeda beda, ada pula yang memang berniat untuk beribadah dan ada pula yang memang ingin berwisata semata.

Untuk bisa sampai di puncak Vihara, pengunjung harus menaiki tangga dengan jumlah mencapai 86 anak tangga. Rasa lelah saat menaiki tangga akan terbayarkan, ketika melihat pesona alam sekitarnya yang begitu menakjubkan. Lokasi ini kerap kali dijadikan sebagai spot terbaik untuk mengabadikan momen liburan tak terlupakan. Ternyata antusias mengunjungi Vihara tak hanya berasal dari wisatawan lokal saja, namun wisatwan asing juga penasaran dengan situs peninggalan tersebut.

Lokasi : Burong Mandi, Damar, Bangka Belitung

14. Pulau Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar

Jika dilihat sekilas, banyak wisatawan menganggapnya sebagai gundukan pasir yang dilengkapi dengan bebatuan granit di sekitarnya. Karena letaknya yang memang berada di tengah laut, pengunjung hanya bisa menduga duga tanpa mengetahui apa itu sebenarnya. Apabila lokasi ini didekati, barulah mereka menyadari betapa indahnya pemandangan alami dari bebatuan granit tersebut. Bebatuan tersebut berada di atas pulau berpasir berwarna putih, dan terasa lembut ketika mengenai kulit.

Pemandangan sekitar pulau ini semakin menakjubkan, dengan adanya warna air lautnya yang berwarna biru segar. Airnya pun cenderung tenang, sehingga sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menyelam. Sebab  keindahan pulau ini tak hanya tampak dari luarnya saja, dimana area bawah lautnya terlihat  cantik nan menawan yang dilengkapi dengan biota laut. Untuk bisa menuju pulau ini, pengunjung bisa menempuhnya dari Pantai Tanjung Kelayang.

15. Kampoeng Dedaun

tempat wisata kuliner Kampoeng Dedaun di belitung

Mengusung konsep pantai sederhana, tempat wisata kuliner di belitung satu ini berhasil untuk menarik wisatawan agar berkunjung kesana. Tempat ini dikatakan cocok bagi siapapun yang ingin bersantai sembari menikmati pesona alam mempesona, karena dilengkapi dengan pepohonan rindang. Angin sepoi sepoi khas pantai, membuat siapapun ingin bersantai lebih lama. Tepat di bawah pepohonan, pihak pengelola menyediakan gazebo hingga kursi kain yang menambah kenyamanan untuk bersantai.

Selain duduk manis di bibir pantai, pengunjung juga diperbolehkan untuk menyewa sebuah perahu (kano) yang bisa memuat hingga 2 orang sekaligus. Dengan perahu tersebut, pengunjung bisa menelusuri sekitar pantai dan menikmati kesegaran air laut dari dekat. Pengunjung pun tak perlu khawatir akan kelaparan karena terlalu asyik bermain, karena di lokasi ini juga tersedia restoran dengan rasa kuliner yang lezat. Menu andalannya yaitu khas makanan laut, yang dijamin membuat perut kenyang dan puas.

Lokasi : Jl. Raya Sijuk, Tanjung Tinggi, Sijuk, Kab. Belitung.
Jam Buka : 10:00 – 22.00 WIB

16. Pantai Penyabong

tempat wisata Pantai Penyabong di belitung

Wisata bahari yang tak kalah indah untuk dikunjungi yaitu Pantai Penyabong. Disini pengunjung dapat melihat langsung keindahan bebatuan granit yang indah, serta menemukan jalan tanah yang cukup panjang dan berliku. Selama menelusuri jalan tersebut, pepohonan hijau serta bukit bukit menyapa pengunjung dengan indah. Siapapun yang sudah pernah ke lokasi wisata ini, dijamin akan betah berlama lama bersantai sembari menikmati suasana khas pantai.

Pengunjung juga ditawarkan dengan pemandangan Batu Baginde tampak berdiri kokoh, yang letaknya berada di pinggir jalan saat menuju Pantai Penyabong. Yang membuat pantai satu ini tampak berbeda, yaitu ombaknya yang cenderung besar. Suara gemuruh ombak dan pemandangan cantik di sekitarnya, dirasa mampu menenangkan pikiran dan mengembalikan tenaga. Kecantikan alamnya, tak jarang membuat pengunjung ingin datang kembali di lain waktu.

Lokasi : Padang Kandis, Membalong, Kab. Belitung.
Jam Operasional : 24 Jam

17. Air Terjun Marsila

tempat wisata Air Terjun Marsila di belitung

Meski ukurannya tidak terlalu besar, namun objek wisata satu  ini cukup ramai dikunjungi wisatawan. Uniknya, disini pengunjung akan melihat dua air terjun yang memiliki keunikan masing masing. Dimana air terjun pertama terdapat sebuah kolam yang terbentuk alami dengan ukuran yang agak besar, sedangkan air terjun kedua memiliki pesan bak tetesan air hujan yang tak kunjung berhenti. Untuk bisa sampai di lokasi ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi karena medannya cukup mudah dilalui.

Lokasi : Kacang Butor, Badau, Kab. Belitung
Jam Operasional : 24 Jam
Biaya Masuk : Rp 10.000 per orang

18. Open Pit

tempat wisata Open Pit di belitung timur

Meski terkenal akan kecantikannya, siapa sangka bila tempat wisata di Belitung ini dahulunya tidak secantik seperti yang terlihat sekarang. Dahulunya lokasi ini digunakan oleh sebuah perusahaan tambang dari Australia, dan kemudian dialihkan kepada perusahaan Jerman. Selama masa tersebut, lokasi ini digunakan sebagai pusat operasi penambangan timah dan baru berhenti pada tahun 1989 an. Sejak saat itu, lokasi ini pun terbengkalai dan berubah menjadi pemandangan indah seperti saat ini.

Ketika berada disana, pengunjung diajak untuk mengenal dan belajar mengenai sejarah pertambangan di Belitung. Pengunjung juga bisa menjelajahi gua yang dipercaya sebagai bekas tambang timah, untuk melihat kawah buatan dari hasil tangan manusia. Untuk bisa menikmati keindahan kawah tersebut, pengunjung tak perlu susah payah mendaki gunung atau apapun itu. Sebab letaknya yang berada di bawah tanah, memudahkan siapa saja yang penasaran untuk melihat keindahannya.

Lokasi : Desa Senyubuk Kelapa Kampit.

19. Pulau Lutong

Pulau Lutong

Nama pulau ini sebenarnya berasal dari  ditemukannya sebuah batu granit berukuran besar, yang memiliki bentuk menyerupai kepala lutong. Sedangkan daya tarik utamanya, yaitu semenanjung pasir berwarna putih yang ada di sisi Selatan pulau utamanya. Apabila ada pengunjung yang berniat untuk menelusuri pulau ini, maka perahu akan mendarat di semenanjung pasir putihnya. Sejak pertama kali melihatnya, banyak yang terpana dengan pesona alamnya yang begitu indah.

Selama berada di pulau ini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktifitas menarik untuk menambah keseruan berlibur. Mulai dari bermain pasir, menikmati kesegaran air laut, berenang di bibir pantainya, hingga  menelusuri bagian sisi Barat dari arah semenanjung pasir. Sejak berada di titik awal semenanjung, terlihat sebuah halangan berupa bebatuan granit. Wisatawan tidak diperkenankan untuk berhenti di rintangan tersebut, dan diperbolehkan untuk menaiki bebatuan tersebut secara perlahan lahan.

20. Bukit Pangkuan

Bukit Pangkuan

Bosan dengan wisata bahari, kini saatnya untuk berwisata di Bukit Pangkuan. Disini pengunjung bsia menemukan aneka buah buahan segar, yang telah ditanami di kawasan sekitar  120 hektar. Mulai dari buah mangga, rambutan, durian, jamaikan, sawit, sirsak, tanaman Mahoni serta aneka tanaman kayu sangon dapat ditemui disini. Untuk bisa menanam semua jenis buah tersebut, sang pemilik menanamnya secara bertahap dan sudah dimulai sejak tahun 2001.

Agar hari libur lebih mengasyikkan, pihak pengelola juga menyediakan berbagai wahana outdoor seru yang bisa dicoba. Mulai dari high rope, motor ATV, hingga flying fox tersedia hanya untuk menyenangkan para pengunjungnya. Medan yang harus ditempuh dirasa cukup mudah dan dapat dilalui oleh kendaraan pribadi, sehingga banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai tempat berlibur bersama dengan kerabat ataupun keluarga tersayang.

Lokasi : Mentawak, Kelapa Kampit, Belitung.
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB

21. Pulau Leebong

Pulau Leebong

Meski termasuk pulau berukuran kecil, pesona alam yang ditawarkannya tak perlu diragukan lagi. Disini pengunjung bisa melihat pemandangan khas hutan mangrove, yang berjejer rapi di sepanjang pelabuhan. Perpaduan warna hijau segar asri dan warna lautnya, membuat pengunjung betah berada disana. Pihak pengelola pun membangun rumah kayu tinggi, untuk menambah kesan tradisional sekaligus menjadi daya tariknya.

Ketika menelusuri pulau ini lebih dalam, pengunjung bisa menemukan sebuah rumah pohon yang menyatu dengan pohon yang berada di tengah pulau tersebut. Keberadaan rumah pohon ini, membuat pulau cantik ini bak milik pribadi. Dengan keunikan yang ditawarkan, banyak pemuda pemudi yang tak sabar ingin mengambil gambar di pulau ini. Sedangkan beberapa pengunjung lainnya, lebih memilih untuk berlibur santai sembari menikmati hawa sejuk dari semilirnya angin laut.

Lokasi : Pegantungan, Badau, Kab. Belitung.
Jam Operasional : 24 Jam

22. Tirta Marundang

Tirta Marundang

Di tengah teriknya sinar matahari, tampaknya berenang merupakan aktifitas yang menyenangkan. Daripada ke kolam renang biasa, tidak ada salahnya mengunjungi Tirta Marundang. Pengunjung akan ditawarkan dengan sebuah pemandian alam yang terlihat segar, yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Ternyata tak hanya wisatawan lokal saja yang tertarik menikmati kesegaran airnya, namun tak jarang pengunjung melihat wisatawan asing ikut meramaikan suasana.

Yang membuat lokasi ini banyak diminati yaitu kehadiran pepohonan hutan serta rekreasi air yang tersedia. Aktifitas bermain air pun semakin menyenangkan, karena udara di sekitar terasa sejuk nan menenangkan. Oleh karenanya  tempat ini sangat cocok didatangi bersama beramai ramai, entah itu bersama dengan kerabat terdekat ataupun bersama dengan keluarga besar. Dijamin tubuh akan  menjadi lebih segar sekaligus menghilangkan penat di pikiran.

Lokasi : Air Seru, Sijuk, Kab. Belitung
Jam Buka : 09.00 – 17.00 WIB

23. Arumdalu Private Resort

Arumdalu Private Resort

Tawarkan konsep alam yang cantik nan menawan, tidak heran bila resort satu ini layak dikunjungi oleh wisatawan. Sebab lingkungannya terlihat terjaga kelestariannya, dan jauh dari pusat keramaian. Tempat wisata di Belitung satu ini juga dilengkapi dengan villa yang memiliki area cukup luas, dan terdapat sebuah privat pool bagi pengunjung yang ingin berenang santai. Setiap wisatawan yang menginap disini, dipastikan akan mendapatkan pelayanan terbaik sekaligus merasa nyaman berada di lokasi penginapan.

Lokasi : Jl. Batu Lubang, Padang Kandis, Membalong, Kab. Belitung.
Jam Buka : 08.00 – 18.00 WIB

Destinasi Kuliner Wajib Dikunjungi Di Belitung

24. Rumah Makan Timpo Duluk

Sejak pertama kali melihatnya, pengunjung akan dibuat takjub dengan bangunan yang digunakan sebagai rumah makan ini. Sebab bangunannya merupakan salah satu sebagai warisan budaya yang kini dilindungi oleh pemerintah Kabupaten Belitung. Tak hanya bangunannya, bahkan resep yang digunakan masih sama sejak 1918 lalu. Saat masuk ke dalam bangunan tersebut, pengunjung akan disuguhi dengan berbagi pernah pernik unik yang terlihat jadul.

Selama berada disana, pengunjung seakan dibawa menuju masa lampau dengan semua dekorasinya. Bagiamana tidak, bahkan perabotan dapur dan piring yang disajikan bak dibawa dari masa lampau. Tidak banyak warung makan yang masih menyediakannya, sehingga banyak wisatawan yang kemudian tertarik untuk mengunjunginya sekaligus mengabadikanya di smartphone kesayangannya. Kapan lagi bisa mencicipi kuliner lezat, sekaligus mendatangi tempat wisata di Belitung yang dikatakan warisan budaya.

Lokasi : Jl. Lettu Mad Daud No. 22, parit, Tj. Pandan, Kab. Belitung.
Jam Buka : 11.00 – 23.00 WIB

25. Kong Djie Coffee

Kong Djie Coffee

Disebut sebagai warung kopi legendaris, karena sudah berdiri  pada tahun 1943 yang berarti sudah ada sebelum Indonesia dinyatakan merdeka. Warung ini memang tampak sederhana, dimana pengunjungnya bahkan bisa melihat suasana dapur sejak masuk ke dalam warung tersebut. Warung ini kerap kali dikunjungi  oleh para pria sembari menikmati kopi khas Belitung. Karena didominasi oleh pria, tidak heran bila asap rokok terlihat mengebul di udara.

Tahukah apa yang membuatnya semakin menarik ? Pengunjung bisa duduk di bangku panjang, tanpa dibumbuhi dengan baluan interior masa kini. Tapi justru tampilannya tersebut, menjadi sebuah orisinilitas dari sebuah warung kopi yang sudah berdiri sejak lama. Di Tempat ini pengujung bisa saling berkenalan dengan orang baru, sembari bersama sama menikmati secangkir kopi yang telah dipesan. Bahkan dari kesederhanaannya, pengunjung terlihat datang silih berganti  tiada henti.

Lokasi : Jln. Siburik barat No. 4, Pecinan.
Jam Buka : 06.00 – 21.00 WIB

26. Restoran Pulau Kepayang

Restoran Pulau Kepayang

Wisata bahari dapat dikatakan sebagai wisata primadona yang banyak dikunjungi ketika berada di Belitung. Sebelum berlayar ke beberapa pulaunya, biasanya wisatawan akan berangkat dari pantai Tanjung Kelayang. Saat sedang asyik menjelajahi pulau, tak jarang mereka akan singgah sebentar ke Pulau Kepayang untuk mengisi perut yang sedari tadi keroncongan. Tahukah apa yang menarik dari pulau cantik satu ini ? Pulau ini tidak dihuni oleh satupun penduduk, namun memiliki dua rumah makan beserta penginapan.

Letak setiap rumah makannya memang tidak berdekatan, namun cukup dekat dengan area pantai. Umumnya  para pelancong menggunakan tempat ini, untuk beristirahat sembari menikmati kelezatan kuliner yang disajikan. Yang membuatnya semakin menarik, terletak pada banyaknya kamar mandi dan toilet yang disediakan oleh sang pemilik. Sehingga para pengunjung tak perlu antri lama, dan bisa mengganti pakaiannya sesudah menikmati kesegaran air lautnya.

Lokasi : Keciput, Sijuk, Kab. Belitung
Jam Buka : 10.00 – 17.00 WIB

Tempat Wisata Belanja di Belitung

27. Pewter TKF

tempat wisata belanja Pewter TKF di belitung

Sebagai daerah penghasil timah terbaik, Belitung menawarkan berbagai aksesoris cantik yang bisa menjadi buah tangan menarik. Tentu saja aksesoris tersebut terbuat dari olahan timah, yang membuatnya terlihat unik dan berbeda dari buah tangan lainnya. Model yang ditawarkan pun cukup beragam seperti miniatur kapal, pot, hingga asbak dengan mudah ditemukan disini. Bahkan sejak masuk ke dalam tokonya, pengunjung akan tersihir dengan keunikan setiap pernak pernik yang dipajang.

Aksesoris tersebut dibuat langsung oleh tangan tangan berbakat, dan sedikit sentuhan kreatifitas pengrajinnya. Agar tampilannya tampak sempurna, setiap lekukannya memiliki detail yang sangat diperhatikan. Tingkat kerumitan detailnya, bahkan tidak ada yang menyangka bila aksesoris tersebut benar benar dibuat menggunakan cara tradisional. Karena keunikannya tersebut, tempat ini pun banyak dikunjungi wisatawan terutama bagi mereka yang senang mengkoleksi aksesoris dari timah.

28. Belitung Art Gallery

Belitung Art Gallery

Ingin mencari tempat oleh oleh yang kreatif nan terlihat unik  ? Tampaknya Belitung Art Gallery bisa menjadi jawaban tepat atas pertanyaan tersebut. Kenapa bisa dikatakan demikian ? Pengunjung akan ditawarkan dengan berbagai souvenir mulai dari kaus, produk kalung etnik ataupun gantungan kunci unik. Disajikan dalam bentuk yang berbeda beda, sehingga menarik dijadikan sebagai buah tangan terbaik.

Selain souvenir, toko satu ini juga menawarkan berbagai camilan khas dari Belitung yang mayoritasnya berasal dari olahan hasil laut. Mulai dari sambal teri krispi, kerupuk ikan, pletek, hingga kerupuk ketan,keripik kopi, keripik sukun, minuman kopi bubuk, serta sirup jeruk kunci dapat ditemukan disini. Harga yang ditawarkan pun cukup ramah di kantong, sehingga kamu tak perlu khawatir isi dompet terancam karena ingin membeli semua produknya.

Lokasi : Jalan Sriwijaya, sekitar 200 meter dari Bundaran Batu Satam.
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB

29. Arief Workshop

Arief Workshop

Akar bahar merupakan salah satu jenis karang yang banyak ditemukan di bawah laut Belitung. Karena jumlahnya yang melimpah, masyarakat sekitar pun memanfaatkannya untuk menjadi sebuah penghasilan. Dengan sentuhan kreatifitas dan dikerjakan oleh tangan tangan terampil, akar ini pun berubah menjadi perhiasan cantik nan menawan. Agar lebih menarik, masyarakat menambahkannya dengan campuran emas.Siapa sangka, olahan dari akar tersebut ternyata cukup banyak diminati.

Setiap orang yang sudah melihatnya secara langsung, selalu dibuat takjub dan terpukau akan keindahannya. Perhiasan yang dibuat pun cukup beragam seperti anting, kalung, gelang, dan masih banyak yang lainnya. Ternyata peminat perhiasan ini tidak hanya para wanita semata, bahkan perhiasan ini berhasil menarik minat para pria untuk memilikinya. Tak bisa ditemukan di toko lainnya, sehingga pengunjung bisa datang langsung di toko satu ini.

Lokasi : Jln. Raya Peltim No. 63, Muntok, Bangka
Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB

30. Toko Kain Cual Ishadi

Toko Kain Cual Ishadi

Apabila tertarik untuk menjadikan kain tenun sebagai buah tangan, toko kain Cual Ishadi merupakan tujuan tepat. Toko ini menawarkan kain tenun dengan motif tanaman atau hewan, yang disajikan dalamwarna warna cerah nan menggoda. Apa yang membuat kain tenun ini istimewa ? Pada awalnya kain ini berasal dari Mentok dan hanya dikenakan oleh para anggota bangsawan. Bahan utama pembuatan kainnya sendiri menggunakan sutra, sehingga begitu nyaman saat dikenakan.

Yang lebih uniknya lagi, kain ini masih digarap dengan menggunakan alat tradisional. Untuk bisa menghasilkan satu kilogram kain, setidaknya memerlukan benang emas dengan berat mencapai 18 karat. Oleh karenanya jangan terkejut dengan patokan harga yang diberikan, karena memang bahan dan pembuatannya sendiri tidaklah sembarangan dilakukan. Namun ada pula kain cual yang dijual dengan harga murah, hanya saja kualitasnya berada di bawah kain yang pertama.

Lokasi : Jln. Jendral A. Yani No. 46, Pangkalpinang.
Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB

31. Souvenir Laskar Pelangi di Museum Kata Andrea Hirata

Souvenir Laskar Pelangi

 

Bagi pecinta buku dan film Laskar Pelangi, toko satu ini nampaknya tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Di tempat ini pula, kamu bisa mengintip berbagai literatur unik sekaligus memborong berbagai souvenir khas dari film tersebut. Mulai dari kaus, buku, hingga berbaga souvenir lainnya dengan mudah ditemukan disini. Harganya pun cukup terjangkau, sehingga banyak yang kemudian menjadikannya sebagai buah tangan kepada kerabat terdekat.

Lokasi : Desa Gentong, Pulau Belitung.
Jam Buka : 10.00 – 17.00 WIB
Kisaran harga : Rp 10.000 – Rp 200.000

Baca Juga : Tempat Wisata yang harus Dikunjungi di Jakarta

Keindahan pulaunya yang tiada dua, dianggap mampu menghadirkan potensi wisata alam menarik untuk dikunjungi. Dan benar saja, sejak namanya semakin populer banyak wisatawan lokal maupun asing tertarik melihat keindahannya secara langsung. Bahkan beberapa diantaranya, dianggap sebagai spot terbaik untuk tambahan koleksi foto kekinian. Dari ulasan diatas, tampaknya tak ada alasan untuk tidak berkunjung ke Belitung ketika pikiran sedang suntuk.

Leave a reply

%d blogger menyukai ini: