36 Tempat Wisata di Lampung Yang Populer Dikunjungi

tempat wisata Pantai Gigi Hiu di lampung

Lampung – Siapa yang Menyangka bahwa Tempat Wisata yang ada di Lampung ini sangatlah banyak dan sangat indah. Provinsi yang berada paling selatan Sumatera ini, menyimpan banyak keelokan alam yang luar biasa.

Sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja, karena Lampung bisa menjadi destinasi wajib untuk dikunjungi saat liburan. Adapun beberapa tempat wisata di Lampung yang kami tawarkan kepada para traveller yang pastinya dijamin tidak akan menyesal. Mulai dari tawaran wisata alam hingga pusat kuliner. Penasaran apa saja? Simak ulasan berikut ini.

Beberapa Tempat Wisata Populer Untuk Dikunjungi Di Lampung

Kalian hendak merencanakan liburan ke kota Lampung? Disini kami telah mengumpulkan informasi mengenai beragam tempat wisata yang ada di Lampung yang bisa kalian kunjungi.

Kami dari Infowisataid.com akan membahas dan mereferensikan 36 Tempat Wisata di Lampung yang Populer untuk dikunjungi saat berlibur.

1. Teluk Kiluan

tempat wisata Teluk Kiluan di lampung

Sebuah surga tersembunyi yang berada di ujung Provinsi Lampung. Pertama kali tiba pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa. Untuk menuju ke tempat ini perlu siapkan mental dan fisik, sebab perjalanan dari pusat kota jauh. Rute sepanjang jalan hingga ke Teluk Kilauan berliku-liku, dan jalanan berlubang. Di dalam mobil pun akan merasa terombang ambing. Bagi anda yang tidak kuat disarankan membawa obat anti mabuk.

Untungnya perjalanan panjang tersebut tidak terasa membosankan, karena kanan kiri yang penuh pemandangan. Rasa lelah anda akan terbayar saat masuk ke area pantai, di gerbang saja sudah terlihat hamparan pulau indah. Masuk ke dalam disuguhkan dengan topografi berbukit dan lembah. Disamping landscape alam yang elok, Tempat wisata di Lampung ini dihuni oleh ratusan ekor lumba-lumba. Spesies yang paling terkenal ialah lumba-lumba hidung botol, dan lumba-lumba snipper.

Kumpulan lumba-lumba tersebut saling berlompatan, di tengah lautan lepas. Anda bisa melihatnya dari dekat menggunakan perahu nelayan. Jika beruntung lumba-lumba akan mendekat, dan mengelus punggungnya dari pinggir perahu. Selain itu tersedia pula Laguna air asin tempat berenang, sambil bersantai. Atau mungkin sekedar habiskan waktu dengan memancing. Jangan lupakan agenda diving untuk menikmati keindahan bawah air, serta wisata terumbu karang.

Lokasi : Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung.
Jam Operasional : 24 Jam
Tiket Masuk : Rp 5.000
Biaya Perahu : Rp 15.000 per orang
Biaya Parkir Menginap : Rp 20.000

2. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas

Jika anda sudah berkeluarga dan memiliki anak, atau punya adik kecil dalam usia pertumbuhan. Cobalah berlibur di Taman Nasional Way Kambas, dan rasakan liburan edukatif bersama keluarga. Di Taman ini menyediakan pembelajaran tentang flora dan fauna, dengan suguhan alam yang masih alami. Udara Way Kambas masih sejuk serta alami cocok bagi anda, yang ingin merefresh pikiran. Dengan luas area sekitar 125.000 hektar seluruh kawasan ini masih berupa hutan rimba.

Ada satu hewan endemik yang dilindungi oleh Taman Nasional, yaitu Gajah yang kini sudah hampir punah. Bisa dibilang Gajah Sumatera menjadi ikon dari Taman Nasional Way Kambas. Tidak hanya hewan Gajah namun kawasan alam ini juga tempat perlindungan satwa lainnya. Anda juga bisa menemukan tapir, enam jenis primata, kijang, beruang madu serta badak Sumatera. Didalamnya tersedia pula sebuah rumah sakit gajah, dan mungkin satu-satunya di Asia.

Sambil berwisata pengunjung akan dihibur dengan beberapa atraksi, dari para gajah tersebut. Salah satunya olahraga sepak bola yang dimainkan gajah, tontonan yang terlihat seru dan menarik. Atau melakukan aktivitas lain yaitu ikut memandikan gajah-gajah tersebut. Anda akan memekik bahagia melihat tingkah mereka yang lucu, serta menggemaskan. Rasanya seperti memandikan anak-anak dan mengundang tawa.

Ingin berjalan-jalan keliling kawasan? Anda bisa coba tawaran untuk naik ke atas punggung gajah. Sembari menikmati deretan hijau yang menawan, dan menyejukkan hati. Kanan kiri hanya terlihat full hutan, tapi sensasi ketenangannya berbeda. Membuat anda berdecak kagum terus menerus, tanpa henti. Jika ingin menambah ilmu pengetahuan tersedia museum, isinya mengupas tentang gajah beserta hewan langka lainnya.

Lokasi : Raja Basa Lama, Labuhan Ratu, Sukadana, Kab. Lampung Timur.
Tiket Masuk : Rp 7.000 per orang
Biaya Naik Gajah : Rp 20.000
Sewa Cottage : Rp 500.000++
Biaya Penginapan : Rp 100.000 – Rp 200.000

3. Pantai Dewi Mandapa

tempat wisata Pantai Dewi Mandapa di lampung

Masuk ke area pantai pengunjung akan disambut oleh luasnya lautan, nampak sangat cantik dari kejauhan. Perpaduan antara alam hijau dan rindang pohon, dengan air laut biru. Tempat Wisata di Lampung ini membuat siapapun seperti jatuh cinta saat pertama melihatnya. Pantai terasa lebih asri dengan adanya hutan bakau. Tanaman tersebut tumbuh subur di sekitar pantai, memberi kesan adem saat dipandang.

Hal yang unik dari Pantai Dewi Mendapa ialah keberadaan Pulau Cinta, yang berdiri diatas tumpukan pasir putih halus. Mengapa disebut pulau Cinta? Karena tumpukan pasir tersebut berbentuk hati, serta suasana pulau yang mendamaikan hati. Letak pulau menjorok kedalam laut, jadi seakan pulau ini mengapung. Namun pengunjung tidak perlu khawatir terbawa arus laut. Karena pulau berdiri diatas lahan reklamasi, sehingga aman untuk dikunjungi.

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung kesini, ialah pemandangan sunsetnya. Kecantikan matahari terbenam ini bisa dinikmati, dari pinggir semenanjung Pulau Cinta. Atau bisa melihatnya dari pinggir Pantai Dewi Mandapa, sambil bermain air maupun bercengkrama bersama keluarga. Akan banyak momen istimewa yang bisa anda ciptakan disini bersama keluarga, sahabat atau pasangan.

Lokasi : Desa Gebang, Kec. Teluk Pandan, Kab. Pesawaran, Lampung.
Jam Buka : 08.00 – 19.00 WIB
Tiket masuk : Rp 10.000 per orang
Biaya parkir : Rp 10.000 – Rp 30.000 per kendaraan
Biaya Dermaga : Rp 5.000

4. Air Terjun Curup Gangsa

tempat wisata Air Terjun Curup Gangsa di lampung

Kabupaten Way Kanan memiliki tempat wisata alam yang belum terekspose, bernama air terjun Curup Cangsa. Lokasinya berada di ujung barat laut Lampung, dan belum banyak terjamah manusia. Wisata air terjun yang dikelola oleh warga ini letaknya di daerah pelosok, menyusuri kampung-kampung dan perkebunan. Meskipun begitu pesona alamnya tetap ciamik, bahkan menjadi andalan wisata Lampung.

Ketika sampai di Curup Cangsa wisatawan disambut, oleh area bumi perkemahan. Tempat ini biasa digunakan sebagai area camping. Untuk melihat keindahan air terjun, anda harus menuruni beberapa anak tangga. Berjarak sekitar 100 meter dari hilir air terjun, terdapat sungai yang dikelilingi batu. Anda bisa gunakan untuk berenang bersama keluarga, atau sekedar bermain air saja. Berlatar belakang pemandangan air terjun, pengungjung bisa lakukan swafoto disini.

Lokasi : Kotaway, Kasui, kab. Way Kanan, Lampung.
Jam Buka : 08.00 – 18.00 WIB
Biaya Masuk : Rp 5.000 per orang

5. Air Terjun Putri Malu

tempat wisata Air Terjun Putri Malu di lampung

Wisata air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter, diatas permukaan laut. Dinamakan Putri Malu karena tetesan air yang jatuh berbentuk melengkung. Hampir menyerupai punggung manusia, yang sedang mandi. Pesona alamnya benar-benar cantik jadi tidak heran, jika wisatawan terpesona keindahannya. Saat mendengar deburan airnya sudah terbayang rasa segarnya. Apalagi jika terkena cipratan airnya secara langsung, rasa dinginya serasa menembus kulit.

Lokasi : Hutan Register 24, Banjit, Kab. Way Kanan, Lampung.
Jam Operasional : 24 Jam

6. Bukit BLT Pringsewu

tempat wisata Bukit BLT Pringsewu di lampung

Kawasan wisata ini terkenal dengan pemadangan perbukitan yang seru. Untuk sampai ke bukit BLT, butuh 45 menit perjalanan dari arah Bandar Lampung. Dari atas bukit bisa melihat kolaborasi view, yang sangat menajubkan dan membius mata. Gabungan pemandangan sawah, perkebunan, dan bangunan kota menjadi lokasi yang sangat instagramble. Bahkan pengelola menyediakan spot-spot khusus. Tidak heran jika Tempat wisata di Lampung ini digandrungi oleh para kaula muda.

Lokasi : Desa Blitarejo, Kec. Gading Reji, Kab. Pringsewu.
Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB
Biaya Masuk : Rp 5.000 per orang

7. Air Terjun Ciupang

tempat wisata Air Terjun Ciupang di lampung

Pemandangan paling istimewa dari air terjun ini ialah tumpukan dinding batu, yang menjulang tinggi. Dinding inilah yang menjadi landasan cucuran air dari atas tebing, menampilkan kecantikan alam tersendiri. Setiap pijakan batu bisa didaki oleh pengunjung, tapi perlu berhati-hati karena permukaannya licin. Dari atas bebatuan tersebut anda bisa mengabadikan gambar, dengan berfoto dengan background air terjun.

Ketika tiba pertama kali di lokasi, anda akan disambut oleh gemuruh air terjun. Saat memfokuskan pandangan akan terlihat airnya yang jernih. Jika pada umumnya air terjun langsung jatuh ke bawah, maka Ciupang berbeda. Air yang jatuh akan melalui batu-batuan dari atas tebing. Saat sampai dibawah air sudah pecah dan berubah, menjadi butiran air yang kecil-kecil. Hal itulah alasan pengunjung nyaman berkunjung kemari, karena air tidak deras saat jatuh ke tubuh.

Lokasi : Hutan, Kab. Pesawaran, Lampung.
Jam Operasional : 24 jam
Tiket Masuk : Rp 5.000

8. Bukit Pangonan

tempat wisata Bukit Pangonan di lampung

Tempat wisata di Lampung ini mempunyai kekuatan daya tarik spot foto, yang menarik perhatian pengunjung. Pengelola pun membangun sejumlah tempat menarik, mulai dari rumah hobbit hingga jembatan cinta. Spot foto paling favorit ialah Rumah Hobbit dan Rumah Pohon, serta mejadi tempat paling andalan di Bukit Pangonan. Khusus unit Rumah Hobbit terinspirasi dari film The Hobbit, dan dibentuk rumah kecil dibawah perbukitan. Bangunan juga menempel di lereng bukit, dengan inti bangunan masuk kedalam bukit mirip gua.

Lokasi : Desa Fajaresuk, Kec. Pringsewu Selatan, Kab. Pringsewu, Lampung.
Jam Buka : 08.00 – 17.30
Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang
Biaya Untuk Spot Foto : Rp 3.000 – Rp 5.000

9. Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Tempat wisata ini sangat ikonik dengan batu besar, yang berdiri gagah diantara hijaunya kumpulan kebun karet. Keunikan dari lokasi ini ialah susunan batu granit, yang terjadi secara alami. Tumpukan batu tersebut menjadikannya tampak fotogenik, dan tempat favorit para fotografer hunting foto di Lampung. Dari atas batu anda bisa melihat view kebun karet, yang terhampar sangat indah. Kesan hijau dari pola tanaman yang rapih, mampu memanjakan mata para wisatawan.

Lokasi : Purwodadi Dalam, Tanjung Sari, kab. Lampung Selatan.
Tiket Masuk : Rp 10.000 per Orang
Jam Operasional : 24 Jam

10. Pantai Gigi Hiu

tempat wisata Pantai Gigi Hiu di lampung

Keistimewaan dari pantai Gigi Hiu yaitu terletak pada jajaran batu karang, yang tersebar di sepanjang pantai. Berbeda dengan pantai lain yang memiliki hamparan pasir, pantai ini justru tidak ada pasir. Pengunjung hanya disambut dengan bebatuan artistik, yang tersebar secara alami. Tempat wisata di Lampung ini semakin mempesona saat terkena pancaran sinar matahari, dan matahari terbenam. Jika cukup nyali tetap di pantai saat malam hari yang cerah, anda akan melihat Star Gazing yang mempesona.

Lokasi : Pekon Susuk, Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung.
Jam Operasional : 24 Jam
Tiket Masuk : Rp 10.000

11. Laguna Dodo

tempat wisata Laguna Dodo di lampung

Laguna berbentuk kolam renang alami di tepi laut, dan dibatasi oleh karang-karang besar. Perpaduan warna hijau dan biru menciptakan air Laguna Dodo yang unik. Melakukan aktivitas berenang disini, menawarkan relaksasi pikiran dan tubuh sendiri. Suara deburan ombak yang pecah oleh batuan karang, akan setia menemani anda. Karena suasana yang masih asri tidak perlu kaget jika mendengar suara Siamang. Atau sesekali ada kera ekor panjang yang menampakkan diri.

Lokasi : Kiluan Negeri, Kelumbayan, kab. Tanggamus, Lampung.
Jam Operasional : 24 Jam
Biaya Masuk : Free / Gratis

12. Danau Ranau

tempat wisata Danau Ranau di lampung

Daya tarik utama danau Ranau ini terletak pada air jernihnya yang berwarna biru. Belum lagi suguhan latar belakang danau, yaitu kemegahan Gunung Seminung. Perpaduan elok antara gunung dan danau, sungguh elegan dan menawan hati. Anda bisa melakukan aktivitas memancing disini, lantaran di dalam danau tersedia beragam jenis ikan. Tidak heran jika mata pencaharian utama penduduk, adalah nelayan. Jika malas memancing bisa langsung membeli hasil ikan lewat nelayan.

Lokasi : Perbatasan Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.
Tiket Masuk : Gratis
Biaya Sewa Perahu : Rp 300.000
Tiket Wahana : Rp 50.000

13. Danau Lematang

tempat wisata Danau Lematang di lampung

Saat anda berkunjung ke Tanjung Bintang jangan lupa mampir, ke Danau Lematang. Kurang lebih sekitar 25 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung. Letak danau tepat berada di tengah-tengah pertambangan biji besi. Jalanan menuju ke danau berupa tanah coklat yang berbukit-bukit. Baru setelah itu akan menjumpai danau hijau nan indah, seperti cermin dari langit. Jika hari sedang cerah anda bisa melihat untaian awan, yang berkaca ke air danau.

Sayangnya tempat wisata di Lampung ini tidak bisa dinikmati oleh publik, dan resmi ditutup oleh pengelola. Karena kini wilayah tersebut masuk dalam areal pertambangan bijih besi, yang dimiliki perusahaan swasta. Masyarakat sudah tidak boleh mendekat ke danau, sebab area danau telah dibuat private. Selain itu dapat membahayakan pengunjung karena labilnya kontur tanah, dan banyak alat berat yang beroperasi.

Lokasi : Desa Lematang, Kec. Tanjung Bintang, Lampung Selatan
Jam Operasional : 24 jam

14. Kawah Keramikan Suoh

tempat wisata Kawah Keramikan Suoh di lampung

Tempat wisata di daerah Lampung Barat menyajikan kawasan wisata yang menarik, yaitu kawah Suoh. Hal yang menarik adalah fenomena alam vulkanik, yang terbentuk dari Cincin Api. Bentuknya berupa hamparan lempengan batu yang mengeras. Dilihat dari dekat menyerupai kerak ketel uap, dengan asap yang membumbung tinggi. Di bawah lempengan terdapat sumber air panas, yang membentuk kubangan besar dan kecil.

Lokasi : Batas Wilayah Kec. Sekincau, Tiga Jaya, Suoh, Kab. Lampung Barat.
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB
Biaya Masuk : Rp 35.000

15. Bukit Batu Bara dan Bukit Dampit Linggapura

Bukit Batu Bara dan Bukit Dampit Linggapura

Kealamian wisata yang ditawarkan membuat pengunjung betah disini. Menampilkan landscape bumi yang istimewa. Dengan panorama dan bentang alam menjadi sisi utama, yang ditawarkan pesona perbukitan. Anda seakan berada di hutan savana, dengan padang rumput yang hijau. Banyak hal yang bisa anda lakukan disini selain menghirup udara segar, dan merefresh pikiran. Pengunjung bisa pula mengambil swafoto di Batu Dampit, yang jaraknya dekat dari Bukit Batu Bara.

Lokasi : Desa Linggapura, Kec. Selagai Lingga, Kab. Lampung Tengah, Lampung.

16. Gunung Krakatau

tempat wisata Gunung Krakatau di lampung

Orang-orang mengenal gunung ini sebagai salah satu gunung aktif, dan paling berbahaya. Namun keindahannya seolah menutup segala hal buruk, dari Gunung Krakatau. Bahkan direkomendasikan untuk tempat menghabiskan liburan. Ada kegiatan snorkeling yang bisa anda lakukan, dan nikmati keindahan bawah laut Krakatau. Anda bisa pula mendaki Anak Krakatau yang tidak terlalu tinggi. Dan dapatkan pemandangan keren langsung dari atas puncak Krakatau.

Lokasi : Krakatau, Pulau Anak Krakatu, Pulau, Kab. Lampung Selatan.
Jam Buka : 05.00 – 15.00
Tiket Masuk : Gratis
Biaya Sewa Ranger : Rp 50.000

17. Bukit Mandi Angin

Bukit Mandi Angin

Berkunjung ke Danau Ranau tidak lupa melipir sebentar ke Lumbok Seminung. Lebih tepatnya datang ke Bukit Mandi Angin. Berada di ketinggian 400 meter dari permukaan air laut, anda bisa melihat keindahan Danau Ranau. Untuk menikmati pesona alam disini pengunjung bisa terbang, dengan paralayang. Lewat paralayang lebih jelas menyaksikan kontur alam yang indah.

Lokasi : Bukit Mandi Angin, Desa Lumbok, Kec. Sukau, Kab. Lampung Barat, Lampung.
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB
Biaya Paralayang : Rp 250.000

18. Pulau Mengkudu

Pulau Mengkudu

Jika bertanya tempat wisata di Lampung mana yang perlu dikunjungi, jawabannya pasti Pulau Mengkudu. Para traveller mengklaim suasana alamnya mirip dengan Tanah Lot, Bali. Selagi berkunjung kesini bisa mampir sebentar ke Batu Lapis. Hal yang paling terkenal ialah fenomena pasir timbul, yang menghubungkan Pulau Mengkudu dan Pulau Sumatera. Namun keunikan ini tergantung kondisi pasang surut air lautnya.

Bentangan alam Pulang Mengkudu sendiri sangat apik, dan memanjakan mata. Paduan warna hijau kebiruan terlihat dominan. Ombak yang relatif tenang dengan kondisi pantai berbatu, menambah kadar pesona. Serta pemandangan bawah laut yang mengesankan, melalui aktivitas snorkeling dan diving. Anda bisa melihat beragam spesies ikan dan terumbu karang, yang masih terjaga alami.

Lokasi : Totoharjo, Bakauheni, Kab. Lampung Selatan, Lampung.
Tiket Masuk : Rp 10.000 per orang

19. Pulau Balak

Pulau Balak

Suka berlibur ke tempat sepi dan sunyi? Tempat wisata di Lampung yang bernama Pulau Balak ini bisa menjadi pilihan. Pulau tidak berpenghuni ini diisi dengan deretan pohon kelapa, dan berhiaskan lautan biru. Jangan lupakan pasir putih dan gradasi air laut hijau kebiruan, memunculkan kesan eksotis. Selain suasana sepi, sunyi, tenang dan layaknya berada di pulau pribadi. Sunset di Pulau Balak sangat indah, semburatnya akan memantul di permukaan laut.

Beberapa aktivitas bisa dilakukan disini antara lain snorkeling, bermain pasir, atau berjemur. Air lautnya cukup tenang sehingga mempermudah para penyelam. Dari bawah laut anda bisa melihat terumbu karang, yang masih terjaga. Jika beruntung anda bisa bertemu ikan Nemo, yang berseliweran diantara terumbu karang. Kadang pula ada penyu sisik yang lewat, baik bergerombol atau sendiri.

Lokasi : Sukarame, Punduh Pidada, Kab. Pesawaran, Lampung.

20. Pulau Tangkil

Pulau Tangkil

Pulau terletak di lepas pantai Mutun serta mempunyai hamparan pasir, yang putih dan halus. Luas area pantai sekitar 12 hektar dikelilingi oleh pemandangan indah, yaitu rimbunan pepohonan di bagian belakang. Saat ini lokasi wisata baru memanfaatkan lahan, sekitar 3 hektar. Pertama masuk lokasi ditandai dengan gapura dari susunan batu, dan dibelakang gapura berderet pondokan. Objek wisata pulau cocok untuk liburan keluarga, dengan ongkos yang murah.

Ada beragam pilihan olahraga air yang menantang disini, dan semua bisa anda nikmati dalam satu hari. Wahana primadona di Pulau Tangkil ialah parasailing, sekaligus andalan tempat wisata. Sensasi seru dan menegangkan bercampur menjadi satu saat menaikinya. Pengunjung akan dibawa terbang tinggi dengan parasut, yang ditarik oleh speedboat berkecepatan tinggi. Permainan ini tidak disarankan bagi mereka yang takut ketinggian, serta kedalaman air.

Selain itu ada satu aktivitas yang bisa dimainkan bersama-sama, yaitu banana boat. Pengunjung bisa menaikinya dengan keluarga atau sahabat, ramai-ramai lebih seru. Anda dan 5 orang lainnya hanya duduk diatas perahu karet, berbentuk pisang. Lalu ditarik kencang oleh speed boat, yang mengelilingi bibir pantai. Sampai di tengah laut boat akan dijatuhkan, disinilah letak kesenangan tercipta. Mengundang gelak tawa dan kebahagiaan setelah menaikinya.

Lokasi : Pulau Tangkil, Sukajaya, Lempasing, Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.
Jam Buka : 06.00 – 18.00 WIB
Tiket Masuk : Rp 5.000

21. Danau Suoh

Danau Suoh

Kawasan wisata Suoh tersusun dari tiga danau, yang terbentuk akibat gempa Liwa tahun 1994. Ketiga danau tersebut antara lain Danau Lebar Suoh, Danau Minyak dan Danau Asam. Disebut danau asam karena air danau memang terasa sangat asam. Sedangkan danau minyak karena di permukaan air, tampak seperti minyak yang mengambang. Diantara ketiganya Danau Suoh yang paling luas. Jadi danau tersebut banyak disinggahi para wisatawan, untuk berlibur.

Berkunjung ke lokasi pertama yaitu Danau Suoh yang mempunyai luas, sekitar 65 hektar. Posisi danau paling kondusif diantara lainnya, karena terletak dekat pemukiman warga. Air danau sangat jernih, namun dari kejauhan berwarna biru pekat. Untuk menuju lokasi danau anda harus melewati perkebunan kakao. Cukup menitipkan kendaraan lalu berjalan kaki ke Danau Suoh. Tidak perlu memakan waktu atau menempuh perjalanan melelahkan, karena juga melewati banyak tempat wisata.

Lokasi : Danau Suoh, Lampung Barat

22. Taman Wisata Lembah Hijau Lampung

Taman Wisata Lembah Hijau Lampung

Lokasi tempat wisata di Lampung ini sangat dekat dengan pusat kota, hanya sekitar 10 km dari Bandar Lampung. Kawasan lembah memiliki area seluas 30 hektar, dan dibagi menjadi dua bagian. Luas 15 hektar untuk taman wisata, dan 15 hektar difungsikan sebagai taman satwa. Sehingga Lembah Hijau Lampung bisa dibilang berkonsep wisata, yang padukan unsur rekreasi dengan alam hijau.

Ada beragam wahana menarik yang ditawarkan disini, mulai dari permainan air, outbond, berkemah hingga water park. Sedangkan di zona taman satwa pengunjung bisa menyaksikan koleksi, sekitar 465 satwa dari 65 spesies yang berbeda. Saat berada di bagian taman satwa pengunjung bisa berinteraksi, dengan beberapa binatang. Tentu saja yang paling populer adalah gajah dan kuda. Karena kedua hewan tersbut bisa ditunggangi, sambil berkeliling sekitar area.

Selain daya tarik alam yang mengagumkan, anda dibuat terkesan dengan fasilitas ruang permainan. Diantaranya terdapat komidi putar, kereta api kecil, dan boom-boom car. Tidak ketinggalan satu wahana yang menantang, yaitu Rumah Hantu. Didalamnya berisi hantu-hantu menyeramkan, yang menarik perhatian pengunjung. Bukannya takut pengunjung malah asyik berfoto bersama hantu-hantu tersebut. Bagaimana menyenangkan bukan?

Lokasi : Jln. Radin Imba Kesuma Ratu, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung.
Jam Buka : 08.05 – 17.00 WIB
Tiket Masuk : Rp 8.000 – Rp 10.000
Biaya parkir : Rp 2.000 – Rp 5.000

23. Taman Nasional Bukit Barisan

Taman Nasional Bukit Barisan

Taman nasional mempunyai luas area sekitar 249.552 hektar, dan terletak di ujung barat daya Sumatera. Ditujukan untuk melindungi hutan hujan tropis pulau wisata, beserta seluruh kekayaan alam hayati. UNESCO menetapkan taman nasional Bukit Barisan, sebagai salah satu warisan dunia. Ditetapkan pula sebagai hutan yang paling penting, untuk pelestarian harimau di dunia. Taman nasional juga menjadi perwakilan bermacam vegetasi, dari seluruh pegunungan di Sumatera.

Tipe vegetasi utama utama yang diandalkan kawasan ialah hutan hujan tropis, hutan payau, dan hutan pantai. Bisa dibayangkan berapa puluh tumbuhan yang dilindungi di taman nasional tersebut. Untuk fauna yang menghuni taman nasional antara lain Badak Sumatera, Gajah Sumatera, Harimau, dan jenis hewan langka lainnya. Selain tawarkan flora dan fauna yang mengedukasi, disini pengunjung juga bisa menikmati objek wisata.

Ada air terjun Sepapa Kiri dengan ketinggian 60 meter, posisinya berada di tengah hutan. Karena itu tempat wisata di Lampung ini  sangat eksotis, sebab berada diantar hutan hujan tropis yang masih alami. Anda juga bisa menjelajahi hutan sambil mengunjungi beberapa tempat, serta melakukan pengamatan tumbuhan. Wisata Bukit Barisan direkomendasikan untuk anda yang memiliki anak kecil, bisa wisata sambil edukasi.

Lokasi : Jl. Ir. H. Juanda No. 19 Tanggamus, Kotaagung, Lampung Selatan
Jam Buka : 07.30 – 16.00 WIB
Tiket Masuk : Rp 15.000 per orang

24. Taman Kupu-kupu Gita Persada

Taman Kupu-kupu Gita Persada

Ingin merasakan liburan sambil bermain dengan kupu-kupu? Pasti rasanya sangat menyenangkan. Cobalah berkunjung ke taman konservasi kupu-kupu Gita Persada. Disini anda akan melihat beragam kupu-kupu dengan beragam warna-warni. Disamping itu juga bisa bermain di beberapa wahana yang disediakan, yang berkonsep menyatu dengan alam. Daerah taman sangat sejuk karena dikeliling oleh pohon-pohon besar yang tumbuh diatas lahan. Lokasi wisata tidak jauh dari pusat kota Lampung, hanya butuh sekitar 10 menit.

Tidak perlu takut bosan jika berlibur ke Gita Persada, karena pengelola sudah menyediakan fasilitas menyenangkan. Untuk agenda liburan santai anda bisa berkeliling taman saja, sambil menyaksikan kupu-kupu berterbangan. Pengunjung juga dapat melihat bagaimana kawanan tersebut, hinggap dari satu tanaman ke yang lainnya. Tidak heran apabila taman ini ditumbuhi tanaman khas. Memang tujuannya untuk menarik perhatian kupu-kupu.

Jika anda ingin berlibur sambil menambah pengetahuan, disini juga menyediakan fasilitasnya. Terdapat taman penangkaran kupu-kupu yang menyimpan beragam spesies, ada juga yang langka. Selain itu bisa mengunjungi museum yang tersedia, dengan berbagai koleksi herbarium. Di dalam museum tidak hanya kupu-kupu yang diawetkan, juga ada lukisan kupu-kupu serta produk kreasi dari bahan kayu.

Semua fasilitas yang menyenangkan pengunjung tersedia di taman Gita Persada. Termasuk kafe yang menyediakan pilihan makanan. Jadi tidak perlu takut lapar setelah lelah berkeliling. Anda bisa menyantap makanan ditengah suasana alam, mungkin sambil bercengkrama dengan keluarg atau para sahabat. Dijamin anda dan rombongan akan mendapatkan momen liburan yang berbeda kali ini.

Lokasi : Campang, Gisting, Kab. Tanggamus, Lampung.
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB
Tiket Masuk : Rp 10.000 per orang

25. Wisata Talang Indah

Wisata Talang Indah

Bagi anda yang jenuh dengan aktivitas kota, dan ingin istirahat sejenak. Taman Hutan Kota Talang Indah bisa menjadi rekemondasi hiburan. Menghadirkan ketenangan alam yang dapat merefresh pikiran sejenak. Fasilitas wisata sudah disempurnakan oleh pengelola, semakin menambah pesona Talang Indah. Beberapa spot menarik bisa digunakan untuk berfoto, dengan latar belakang pemandangan yang eksotis.

Lokasi : Jl. Raya Sampang, Fajar Esuk, Kec. Pringsewu, Kab. Pringsewu, Lampung.
Jam Buka : 08.00 – 17.30 WIB
Tiket Masuk : Rp 3.000 per orang

26. Puncak Mas Sukadanaham Lampung

Puncak Mas Sukadanaham Lampung

Tempat wisata terbaru ini berada di kawasan perbukitan dengan bentangan alam, yang menyegarkan mata. Suasana tempat yang asri sangat menentramkan pikiran, serta mendamaikan hati. Menjadi alasan mengapa Puncak Mas Sukadanaha dijadikan spot wisata baru, karena berada di area dataran tinggi, dari puncak anda bisa menikmati view perkotaan, pegunungan juga laut. Mengusung konsep wisata kekinian jadi seluruh desain wisata.

Ada banyak fasilitas menarik yang bisa ditemui disini, seperti cafe outdoor, rumah pohon, jembatan cinta, dan taman. Spot paling diincar tentu saja rumah pohon, karena dari atas tempat ini bisa menikmati indahnya kota Lampung. Apalagi untuk anak milenials yang hobi swafoto. Background yang tepat bisa menjadi stok foto yang instagramable, dan mempercantik feed instagram.

Waktu terbaik ketika berada di Puncak Mas Sukadanaham ialah saat malam hari. Dari ketinggian anda bisa melihat kecantikan Bandar Lampung. Dibawah sana bak lautan kunang-kunang, yang berasal dari kilau lampu perkotaan. Serta melihat bintang secara  jelas juga teduhnya sinar rembulan. Namun saat siang hari pun juga tidak kalah cantik, malah semakin jelas melihat panorama alam yang disuguhkan.

Lokasi : Jl. PB. Marga, Sukadana Ham, Kec. Tj. Karang Timur, Kota Bandar Lampung
Jam Buka : 08.00 – 23.00 WIB
Biaya Masuk : Rp 20.000 per orang
Tiket Parkir : Rp 10.000

27. Bukit Kabut Bawang Bakung

Bukit Kabut Bawang Bakung

Masyarakat sering mengenalnya dengan Bukit Geredai, merupakan salah satu wisata andalan Lampung Barat. Barisan bukit menghadirkan pemandangan berupa kota Liwa dari atas ketinggian. Anda seperti menempati negeri diatas awan, dengan fokus pandang Gunung Pesagi dan Semiung dari kejauhan. Disamping itu juga bisa melihat susunan kota dari atas.

Bila berkunjung usai Subuh maka terlihat kabut yang menyelimuti perbukitan. Dari atas sini pengunjung bisa menikmati indahnya alam kala matahari terbit. Dan saat sunset datang maka akan terlihat, kemegahan gunung Seminung. Tidak heran apabila tempat ini diincar oleh para traveller, dan fotografer. Bagi penikmat suasana hening saat pagi coba datang ke tempat ini.

Lokasi : Negeri Ratu, Batu Brak, Kab. Lampung Barat.

Tempat Wisata Kuliner di Lampung Yang Harus Dikunjungi

28. Toko Manisan Lampung Yen-Yen

Toko Manisan Lampung Yen-Yen

Ketika berlibur ke kota pisang ini tidak lupa membeli oleh-oleh, khas daerah Lampung. Ada satu toko yang legendaris, dan selalu ramai dikunjungi. Toko ini menjual aneka kuliner asli dari kota Lampung, yaitu Toko Manisan Yen-yen. Pengunjung bisa membeli oleh-oleh sperti sambal Lampung, dodol Durian, kemplang, kripik pisang dan kopi Lampung. Toko Yen-yen terkenal dengan harganya yang terjangkau, tidak perlu khawatir akan menguras kantong.

Lokasi : Jl. Ikan Kakap No. 26 & 28, Pesawahan, Kec. Telukbetung Selatan, Lampung.
Jam Buka : 07.30 – 21.00 WIB
Contact Person : +62 821-7629-6633

29. Mie Khodon

Mie Khodon

Berlibur di Lampung jangan lupa untuk menikmati mie legendaris satu ini, yang paling tersohor di Bandar Lampung. Namanya mie Khodon yang sudah berdiri sejak tahun 1960, hingga kini masih ramai dikunjungi. Ciri khas mie terletak pada teksturnya yang basah, dan bubuhan ebi diatasnya. Aroma gurih kuah mie menyeruak masuk ke dalam hidung, membuat anda semakin tidak sabar ingin memakannya. Sebagai pelengkap diberi suwiran ayam goreng diatasnya.

Lokasi : Jl. Ikan bawal No. 22, Pesawahan, Kec. Telukbetung Selatan, Bandar Lampung, Lampung
Jam Buka : 13.00 – 19.00 WIB

30. Mie Pangsit Ubi Cilembu

Mie Pangsit Ubi Cilembu

Jika anda suka berburu kuliner coba bertandang ke kota Lampung. Lalu merasakan kelezatan dari mie pangsit, dengan bahan dasar ubi cilembu. Selain enak kuliner ini juga menyehatkan, sebab kandungan antioksidan dan potasium dari ubi manis. Suguhan mie pangsit bisa dinimati saat malam hari, untuk menghangatkan suhu tubuh. Untuk menjawab rasa penasaran akan rasa mie, anda bisa langsung berkunjung ke Griya Oebi di kota Bandar Lampung.

Lokasi : Griya Oebi, Jln. Pajajaran No. 147, Gn. Sulah, Way Halim, Bandar Lampung
Jam Buka : 08.00 – 22.00 WIB

31. Dr. Coffee Cafe

Dr. Coffee Cafe

Berlibur ke Lampung, kalian jangan lupa untuk mencicipi kopinya disana. Lampung terkenal dengan kuliner kopinya yang mantap, dan kesan rasa berbeda. Aroma kopi yang dihasilkan sangat harum. Saat menghirupnya ada perasaan tenang tersendiri, pikiran lebih rileks. Dr. Coffe Cafe manjadi referensi tempat untuk menikmati kopi khas Lampung tersebut. Disamping itu anda bisa memesan kopi lain seperti kopi Vietnam, Fresch Press, Rock Presso, dan jenis kopi lainnya. Tidak hanya kesan kopi yang ditinggalkan, tapi desain cafe juga sangat instagramble.

Lokasi : Jl. Pagar Alam No. 73, Segala Mider, Kec. Tj. Karang barat, Kota Bandar Lampung
Jam Buka : 09.00 – 00.00 WIB

Wisata Berbelanja di Lampung Yang Harus Dikunjungi

32. Sentra Keripik Pisang Shinta

Sentra Keripik Pisang Shinta

Saatnya kalian berkunjung ketempat pembelian oleh-oleh. Dikenal sebagai kota pisang tentu harus membawa pulang olahan pisang, sebagai buah tangan dari Lampung. Terletak di jalan Pagaralam dan merupakan surganya pusat kripik pisang. Bukan berupa satu toko oleh-oleh saja, tapi sepanjang gang disini berderet pedagang kiripik pisang. Menjual beraneka ragam varian rasa yang bisa dibawa pulang oleh wisatawan. Tidak hanya kripik tapi juga mejajakan makanan khas lain yang tahan lama.

Lokasi : Jl. Pagar Alam, Segala Mider, Kec. Tj. Karang Barat, Bandar Lampung
Jam Buka : 06.00 – 22.00 WIB

33. Sabay Market

Sabay Market

Lokasinya satu daerah dengan Sentra Kripiki Pisang, bedanya toko ini menjual souvenir khas Lampung. Disini anda bisa menemukan ragam kerajinan tangan, seperti topi, kaos, gantungan kunci, dan masih banyak lagi. Untuk masalah harga pengunjung tidak perlu khawatir, karena rata-rata dibanderol dengan harga terjangkau.

Lokasi : Jl. Pagar Alam, Kedaton, Kec. Tj. Karang Barat, Bandar Lampung
Jam Buka : 07.00 – 22.00 WIB

34. Pasar Bambu Kuning

Pasar Bambu Kuning

Datang ke kota Lampung hanya menikmati tempat wisata alam saja? Tidak cukup rasanya jika belum menjajal wisata belanja. Ada satu tempat yang direkomendasikan, yaitu Pasar Bambu Kuning. Sebuah pasar tradisional yang besar di Lampung, dan wajib untuk disambangi. Pasar yang terdiri dari 3 lantai ini rata-rata pedagangnya asli orang Minang. Mayoritas pedagang menjual pakaian, sepatu, makanan hingga ada juga pedagang keliling yang menawarkan dagangan ke pengunjung.

Bagaimana dengan harganya? Tidak perlu cemas disini anda bisa melakukan tawar menawar. Dengan begitu anda bisa memborong banyak kebutuhan, juga oleh-oleh khas Lampung. Meskipun termasuk pasar tua namun anda tidak bisa meremehkannya. Pasar sudah direnovasi dan berubah, menjadi tambah bersih. Disediakan bermacam fasilitas terutama ekskalator, jadi tidak perlu capek saat berkeliling pasar.

Lokasi : Imam Bonjol, Bandar Lampung
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB

35. Sai Bumi Ruwa Jurai

Sai Bumi Ruwa Jurai

Bisa dibilang outlet paling premium diantara pusat belanja di Lampung. Anda harus menyiapkan dompet yang cukup tebal. Karena beberapa souvenir yang dipajang disini, mematok harga mahal. Tempat ini sangat menjaga kualitas barangnya, sebelum dipasarkan ke publik. Produk unggulan yang ditawarkan ialah batik Lampung, dan beberpa aksesoris buatan masyarakat sekitar. Tersedia pula tas kulit asli berhiaskan tapis Lampung, sehingga terkesan mewah.

Lokasi : Jl. Wolter Monginsidi No. 44C, Bandar Lampung
Jam Buka : 09.00 – 20.00 WIB

36. Waleu Kaos Lampung

Waleu Kaos Lampung

Begeser sebentar dari oleh-oleh makanan ataupun souvenir, disini menawarkan kaos untuk dibawa pulang. Mengangkat suasana khasa Lampung mulai dari gambar gajah, hingga tulisan aksara Lampung. Waleu sudah terkenal seantereo Lampung, sebagai tempat pembuatan kaos yang terjamin kualitasnya. Tidak hanya kaos tapi juga memproduksi topi tas dan jaket. Soal harga tidak perlu khawatir dompet jebol, karena dipasarkan dengan harga terjangkau.

Lokasi : Jl. Wolter Monginsidi No. 89, Pengajaran, Kec. Teluk Betung utara, Bandar Lampung
Jam Buka : 09.00 – 21.00 WIB

BACA JUGA : 32 Tempat Wisata di Banjarmasin Terpopuler

Hal paling menyenangkan bagi para pekerja, keluarga, ataupun pelajar ialah saat libur panjang. Kemudian memanfaatkan waktu tersebut untuk berlibur, bertandang ke banyak tempat wisata. Jika kalian berada di Sumatera atau ingin berlibur ke daerah Sumatera, maka Lampung menjadi rekomendasi utama untuk dikunjungi, karena potensi wisatanya yang patut ditelusuri. Dengan suasana khas hutan tropis dan kesejukan udara, paduan sensasi liburan yang menyenangkan. Mulai dari tempat wisata alam hingga wisata kuliner bisa anda rasakan di Lampung.

  • Leave a reply