38 Tempat Wisata di Dieng Untuk Liburan Seru

GUNUNG SINDORO

Dieng – Sudah menjadi Tempat wisata primadona wisatawan bagi yang menyukai sensasi liburan dengan suasana dan cuaca pegunungan yang adem dan asri yang ada di Kota Dieng. Tidak hanya udaranya yang segar dan sejuk, tempat wisata yang ada di Dieng ini menyuguhkan lingkungan alam yang sangat memukau yang bisa membuat wisatawan terkagum-kagum ketika mengunjungi Dieng.

Berada di Kab. Wonosono, Dieng rupanya sudah familiar di telinga wisatawan lokal maupun asing. Banyak pula wisatawan asing yang penasaran dengan keindahan alam di Dieng, sehingga mereka akan mengunjungi Dieng ketika sedang berlibur ke Indonesia. Sedikit info, ketika kalian berencana melakukan liburan ke Dieng, ada baiknya kalian menunggu sekitaran di Bulan Agustus, karena kalian bisa melihat salju dari Dieng ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Terfavorit di Dieng

Kalian hendak merencanakan liburan ke kota Dieng? Disini kami telah mengumpulkan informasi mengenai beragam tempat wisata yang ada di Dieng yang bisa kalian kunjungi.

Berbagai tempat dan destinasi wisata yang indah, siap untuk anda telusuri di negeri Indonesia ini. Nah, kami dari Infowisataid.com akan membahas dan mereferensikan 38 Tempat Wisata di Dieng untuk liburan yang seru.

1. Telaga Warna

tempat wisata Telaga Warna di dieng

Seakan terpampang sebuah lukisan Tuhan yang sangat indah, begitulah yang tergambar ketika mengunjungi wisata satu ini. Tentu siapapun tak bisa menolak pesona Telaga Warna. Tak heran jika wisata ini kian populer di kalangan wisatawan. Pengunjung bisa melihat keunikan wisata ini dari warna air telaga yang dapat berubah ubah, terkadang berwarna merah, hijau, putih atau biru. Fenomena ini disebabkan karena kandungan belerang yang ada di dalamnya.

Kondisi alam yang masih asri turut membuat wisata satu ini semakin menyejukkan. Sembari menyaksikan keunikan warna air telaga, anda bisa memandang deretan pegunungan di sekelilingnya yang semakin menambah keeksotisannya. Duduk santai sambil menikmati panorama di Telaga warna mampu menjadi obat mujarab untuk menghilangkan penat. Jangan lupa mengabadikan momen di tempat ini dengan kamera terbaik anda.

Lokasi : Kejajar, Kab. Wonosobo, Dieng
Jam Buka : 07.00 – 17.00
Tiket Masuk : Rp 7,000
Biaya Parkir : Rp 2,000 – Rp 5,000

2. Gunung Prau

tempat wisata Gunung Prau di Dieng

Menaklukkan gunung yang tinggi menjadi aktivitas wajib bagi para petualang saat liburan. Dieng menghadirkan objek wisata khusus bagi para pendaki yaitu Gunung Prau. Berada di ketinggian 2.565 mdpl, wisata ini menyajikan panorama yang mengagumkan. Salah satu spot yang cukup populer di Gunung Prau yaitu bukit teletubis yang dipenuhi hamparan rumput berwarna hijau. Mendirikan tenda dan bermalam di sini, menjadi kegiatan favorit bagi para pengunjung.

Menikmati indahnya malam berhiaskan bintang sembari bercengkrama bersama teman merupakan momen yang tak terlupakan di tempat ini. Paginya, anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbit dari ufuk timur. Meskipun ketinggian gunung ini tergolong rendah, anda tetap harus menyiapkan fisik yang kuat sebelum melakukan pendakian. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan di wisata ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Lokasi : Bakulan, Dieng, Kab. Wonosobo
Tiket Masuk : Rp 10,000

3. Bukit Sikunir

tempat wisata Bukit Sikunir di dieng

Keindahan panorama matahari terbit seakan tak pernah ada habisnya. Setiap tempat mampu menyuguhkan pemandangan sunrise yang berbeda beda, seperti halnya dengan destinasi wisata satu ini. Terkenal sebagai bukit di atas awan, anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbit di sini lengkap dengan eloknya alam Dieng dari atas bukit. Maka tak salah jika Bukit Sikunir selalu ramai pengunjung dan kian populer di kalangan para wisatawan.

Menyajikan panorama yang tak biasa, banyak para pecinta fotografi yang tertarik untuk mengabadikan sunrise menawan dari bukit ini. Sayangnya, untuk mendapatkan momen tersebut, anda harus mendaki bukit ini sebelum subuh. Selain itu, tantangan yang cukup berat berupa dinginnya angin pegunungan harus siap anda hadapi. Bukan masalah sebenarnya karena semua kelelahan akan terbayarkan saat menyaksikan pemandangan di bukit ini.

Lokasi : Sembungan, kejajar, Kab. Wonosobo
Tiket Masuk : Rp 12,000

4. Kawah Sikidang

tempat wisata Kawah Sikidang di dieng

Berada tak jauh dari Bukit Sikunir, anda bisa menemukan objek wisata yang tak kalah menarik yaitu Kawah Sikidang. Jadi setelah puas menikmati keindahan sunrise, anda bisa melanjutkan perjalanan ke wisata satu ini. Bukan pegunungan yang hijau dan menyegarkan sebagaimana wisata di Dieng pada umumnya, justru anda akan menemukan kawah belerang yang sangat eksotis. Memiliki tanah yang datar, anda bisa mendekat ke arah kawah untuk menyaksikan gumpalan asap.

Di sekitar kawah dibangun pagar dari kayu sebagai pembatas untuk menjaga keamanan pengunjung. Meskipun demikian, anda tetap harus waspada karena kawah ini mengandung belerang yang tinggi. Selain itu,  anda perlu memakai masker karena bau belerang di sini cukup menyengat. Selain menyaksikan kawah Sikidang yang eksotis, anda bisa berburu foto keren. Ada burung hantu menggemaskan yang siap menemani anda berpose di depan kamera.

Lokasi : Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara
Jam Buka : 07.00 – 17.00
Tiket Masuk : Rp 10,000

5. Lembah Semurup

tempat wisata Lembah Semurup di dieng

Menghadirkan pesona eloknya padang savana yang membentang luas, Lembah Semurup menjadi rekomendasi wisata selanjutnya yang wajib disambangi. Menghirup udara yang segr sembari memandang indahnya hamparan rumput di wisata ini bisa membuat pikiran anda menjadi rileks. Dinamakan Lembah Semurup yang diambil dari bahasa Jawa. Arti sumurup sendiri menyala, karena memang rumput di lembah ini tampak menyala.

Lokasi : Dieng Kulon, Batur, Karangsari, Banjarnegara

6. Candi Arjuna

tempat wisata Candi Arjuna di dieng

Selain menyajikan panorama alam yang memukau, Dieng juga kaya akan bangunan bersejarah. Salah satu wisata bersejarah yang cukup terkenal adalah Candi Arjuna. Wisata ini memiliki lima buah candi yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram untuk penyembahan Dewa Siwa. Bahkan tempat wisata ini masih dipergunakan untuk melakukan ritual pada acara acara tertentu. Keeksotisan bangunan tampak dari salah satu candi yang memiliki atap berbentuk segitiga.

Berada di kawasan pegunungan membuat suasana di tempat ini cukup sejuk. Lanskap perbukitan di belakang candi semakin menambah cantiknya pemandangan. Anda bisa menelusuri sejarah dengan menyaksikan beberapa bangunan di tempat ini. Berfoto dengan latar candi merupakan kegiatan yang tak boleh dilewatkan. Mengunjungi wisata ini tentu dapat menambah pengetahuan sejarah pada zaman kerajaan.

Lokasi : Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara

7.  Candi Gatot Kaca

tempat wisata  Candi Gatot Kaca di dieng

Meskipun ada banyak bangunan candi di Dieng, akan tetapi setiap candi memiliki karakteristik yang khas dan tidak sama dengan candi yang lain. Jika anda penggemar bangunan unik ini dan ingin menambah koleksi gambar candi, anda bisa mengunjungi Candi Gatot Kaca. Beberapa sumber menyatakan jika candi ini dibangun sejak masa pemerintahan Ratu Sima. Lokasinya berdekatan dengan candi yang lain, sehingga anda bisa mengunjungi beberapa candi sekaligus.

Lokasi : Dieng Kulon, Batur, Karangsari, Banjarnegara

8. Telaga Merdada

tempat wisata Telaga Merdada di dieng

Disebut sebagai telaga terluas yang ada di Dieng, wisata ini bisa anda masukkan ke list tujuan wisata selama liburan. Menghubungkan antara bukit Semurup dan bukit Pangonan sehingga pemandangan alam yang ditawarkan mampu merilekskan pikiran. Ladang pertanian di sekitar turut menambah keelokan telaga satu ini, dan menjadi spot yang sangat mengagumkan. Menyaksikan telaga dari atas bukit tampak seperti kaldera bekas letusan vulkanik.

Lokasi : Dieng Kulon, Batur, Karangsari, Banjarnegara
Jam Buka : 07.00 – 16.00
Tiket Masuk : Rp 5,000

9. Batu Pandang Ratapan Angin

tempat wisata Batu Pandang Ratapan Angin di dieng

Menikmati keindahan Dieng memang membutuhkan lokasi yang tepat. Beberapa tempat kurang mampu menyajikan pemandangan yang sempurna, sehingga dibutuhkan lokasi yang lebih tinggi. Batu Pandang Ratapan Angin menjadi tujuan wisata yang paling tepat untuk mendapatkan panorama yang menyeluruh. Berada di ketinggian 2010 mdpl, anda bisa menyaksikan keindahan alam berupa telaga yang indah, bukit yang hijau dan pegunungan yang berderet.

Seperti namanya spot satu ini berupa bebatuan untuk memandang eloknya dataran tinggi Dieng ditambah hembusan angin lembut yang semakin menambah kesejukan. Suasana yang hening dan tenang membuat anda betah berlama lama di tempat ini. Tak lengkap rasanya jika tak mengabadikan setiap sudut Dieng di tempat ini. Mengunjungi wisata di Dieng ini akan memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan.

Lokasi : Theater, Jl. Dieng, DIeng Kulon, Kejajar, Kab. Wonosobo
Jam Buka : 06.00 – 17.30
Tiket Masuk : Rp 10,000

10. Gua Semar

tempat wisata Gua Semar di dieng

Dieng memiliki beberapa tempat bersejarah selain candi, mulai dari museum hingga goa. Bahkan beberapa diantaranya dianggap cukup mistis sehingga mengundang rasa penasaran yang tinggi. Seperti halnya dengan Gua Semar yang berada di perbukitan antara Talaga Warna dan Telaga Pengilon ini. Dulunya, lokasi ini diyakini sebagai tempat sakral karena dijadikan sebagai tempat pertapaan bagi para raja Jawa dan para pemimpin negara.

Selain itu, bangunan ini juga tampak eksotis dan sering dijadikan sebagai spot foto bagi para wisatawan. Di dalam gua, anda akan menemukan patung dan beberapa sesajen. Menjadi tempat yang dikeramatkan, tak heran jika banyak wisatawan yang semakin tertarik dan ingin menelusuri misteri gua satu ini. Jika anda bosan dengan wisata alam dan ingin mencoba wisata yang lebih menguji nyali, maka wisata satu ini sangat tepat untuk dikunjungi.

Lokasi : Dieng, Kejajar, Kab. Wonosobo

11. Kawah Sileri

tempat wisata Kawah Sileri di Dieng

Selain kawah Sikidang terdapat kawah di Dieng yang juga menyajikan pemandangan yang tak kalah eksotis, yaitu Kawah Sileri. Kawah satu ini juga sering disebut sebagai kawah terluas yang berada di Dataran Tinggi Dieng, dengan garis tengah hingga satu kilometer. Dinamakan sileri yang merujuk kepada air bekas mencuci beras seperti yang nampak pada air di kawah satu ini, yaitu berwarna putih keabu abuan. Ada banyak spot keren yang bisa dijadikan latar untuk  hunting foto selama liburan.

Kawah ini memang terbilang lebih aktif jika dibandingkan Kawah Sikidang. Meskipun demikian, objek wisata satu ini masih kondusif dan sering dikunjungi wisatawan. Pengunjung bisa mendekat untuk menyaksikan kawah dengan kepulan asap dari belerang. Bau belerang di kawah ini juga tidak terlalu menyengat sebagaimana di Kawah Sikidang. Namun, anda harus tetap waspada agar tidak tergelincir, mengingat bibir kawah ini tidak diberi pembatas.

Lokasi : Desa Kepakisan, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara

12. Museum Kaliasa

tempat wisata Museum Kailasa di dieng

Bagi sebagian orang, mengunjungi museum untuk rekreasi lebih menarik lantaran dapat memberikan banyak pengetahuan. Liburan ke museum bukan sebuah aktivitas yang membosankan karena ada banyak koleksi benda benda unik dan spot yang tak kalah keren dibandingkan wisata yang lain. Dieng memiliki museum yang cukup terkenal yaitu Museum Dieng Kailasa. Museum satu ini menyimpan banyak peninggalan benda purbakala.

Beberapa diantaranya seperti arca, kemuncak, lingga, patung, serta yoni. Selain menyajikan koleksi benda bersejarah, di sini anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai sejarah terbentuknya Dieng lengkap dengan kebudayaan yang masih bertahan hingga saat ini. Jangan lupa memotret koleksi museum ini untuk ditunjukkan ke teman atau keluarga. Jika liburan bersama anak anak, tentu mengunjungi wisata edukasi ini merupakan pilihan yang tepat.

Lokasi : Karangsari, Dieng Kulon, Kec. Batur, Banjarnegara
Jam Buka : 07.30 – 16.00

13. Petak 9 Dieng

tempat wisata di Petak 9 Dieng

Petak 9 sebenarnya merupakan nama pemetaan dari Bukit Sidengkeng. Namun, nama tersebut justru lebih familiar di kalangan para wisatawan dibandingkan Bukit Sidengkeng. Sama seperti saat berada di Bukit Sikunir, di sini anda dapat memandang indahnya telaga warna dari ketinggian. Bahkan di tempat ini, telaga warna tampak lebih jelas tertangkap oleh mata. Pemandangan yang turut mempercantik yaitu perbukitan hijau yang mengelilinginya.

Untuk mendapatkan momen terbaik, sebaiknya anda mengunjunginya di pagi hari. Anda bisa melihat lanskap telaga warna yang indah dengan sinar matahari yang mulai mengintip dari balik bukit. Selain itu, pagi hari juga menawarkan udara yang lebih segar dibandingkan siang hari. Namun, anda harus menyiapkan jaket yang hangat untuk beradu dengan dinginnya angin di bukit ini. Petak 9 Dieng merupakan tujuan yang tepat untuk menyegarkan pikiran.

Lokasi : Dieng, Kejajar, Kab. Wonosobo

14. Plateau Theater Dieng

tempat wisata di Plateau Theater Dieng

Jika anda menyukai film dokumenter, maka objek wisata satu ini wajib masuk dalam daftar tujuan liburan. Keindahan yang dimiliki oleh Dieng seringkali mengundang rasa penasaran yang tinggi. Maka rekomendasi wisata yang cocok untuk dikunjungi ialah Plateau Theater Dieng. Di tempat ini, anda bisa menonton film dokumenter tentang gunung berapi Dieng berjudul Kahyangan Dieng Plateau. Film tersebut menyajikan informasi mengenai gunung Dieng dari dulu sampai sekarang.

Dikemas sangat apik, sehingga film ini dapat menghibur anda. Durasi film ini juga tidak lama hanya 20 menit saja. Tersedia 60 buah kursi yang disiapkan pihak pengelola untuk para pengunjung. Bentuk bangunan yang megah dan unik dari Dieng Plateau Theater semakin menambah daya tarik tersendiri. Ditambah udaranya yang segar, mengunjungi wisata ini tak boleh anda lewatkan selama berada di Dieng.

Lokasi : Dieng, Kejajar, Kab. Wonosobo
Jam Buka : 07.00 – 17.00
Tiket Masuk : Rp 10,000

15. Sumur Jalatunda

tempat wisata Sumur Jalatunda di dieng

Berbeda dari wisata lain di Dieng yang populer, wisata satu ini cukup tersembunyi sehingga sangat cocok jika anda ingin merasakan suasana yang lebih tenang dan hening. Meskipun tak banyak yang mengetahui keberadaannya, bukan berarti keindahan yang ditawarkan kurang menarik. Jika kebanyakan objek wisata di Dieng berupa telaga dan kawah yang cukup luas, sedangkan lubangan air air ini hanya memiliki garis tengah sekitar 90 meter.

Walaupun demikian, sumur ini tentu memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan sumur pada umumnya. Proses terbentuknya sumur ini tidak diakibatkan oleh letusan gunung berapi beberapa tahun silam. Kemudian bekas letusan tersebut membentuk lubang yang menyerupai sumur. Tak hanya menyaksikan lubang sumur yang unik, di sini anda juga lebih mudah mendapatkan spot foto yang menarik, mengingat lokasinya yang berada di perbukitan.

Lokasi : Sidomulyo, Pekasiran, Kec. Batur, Banjarnegara
Jam Operasional : 24 Jam
Tiket Masuk : Rp 5,000

16. Telaga Pengilon

tempat wisata Telaga Pengilon di dieng

Dieng memang sangat terkenal memiliki banyak telaga yang indah. Namun, setiap telaga tentu memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan telaga yang lain termasuk dengan telaga satu ini. Salah satu karakteristiknya ialah airnya yang lebih jernih dan tidak menimbulkan cahaya seperti Telaga Warna. Kemungkinan hal tersebut yang membuat telaga ini diberi nama demikian. Lokasinya tidak jauh dari Telaga Warna sehingga anda bisa menikmati dua telaga sekaligus.

Keberadaan telaga ini semakin cantik dengan adanya perbukitan asri yang mengelilinginya. Tentu siapapun yang mendatanginya tak akan mengelak keindahan dari telaga satu ini. Duduk santai di pinggir telaga sembari menikmati alam sekitar menjadi kegiatan favorit bagi para pengunjung. Tempat wisata alam ini juga sangat mendukung kegiatan fotografi anda. Pepohonan yang rindang dan angin sepoi sepoi membuat anda merasa nyaman menghabiskan waktu di telaga ini.

Lokasi : Dieng, Kejajar, Kab. Wonosobi
jam BUka : 06.00 – 18.00
Tiket Masuk : Rp 10,000

17. Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng

Untuk menikmati keindahan alam Dieng dari ketinggian sebenarnya tidak hanya melalui pendakian saja, karena ada Gardu Pandang Tieng yang bisa anda coba. Berada di ketinggian 1700 mdpl, objek wisata ini menyajikan panorama yang sangat menawan. Dari gardu ini, pengunjung bisa melihat eloknya Gunung Kembang dan Gunung Sindoro lengkap dengan perbukitan yang asri dan hijau. Mengunjungi tempat ini, anda bisa mendapatkan spot foto kekinian.

Pemandangan yang indah bisa anda saksikan di pagi hari. Keindahan matahari terbit di tempat ini, merupakan momen yang paling dinanti oleh para pengunjung. Kabut yang tebal di bawahnya membuat anda seakan berada di atas awan. Berfoto dengan latar bukit yang indah menjadi kegiatan wajib selama di sini. Selain itu, wisata ini juga menyediakan tempat nongkrong untuk tempat berkumpul bersama sahabat atau keluarga.

Lokasi : Jl. Raya Dieng, Sidorejo, Tieng, Kejajar, Kab. Wonosobo
Jam Operasional : 24 Jam
Tiket Masuk : Rp 7,500 – Rp 8,500

18. Telaga Cebong

tempat wisata Telaga Cebong di dieng

Tempat wisata alam ini berada tak jauh dari Bukit Sikunir dan sering menjadi tujuan kedua setelah menikmati Sunrise di Sikunir. Telaga ini tergolong cukup unik karena lokasinya berada diatas 2300 mdpl, sehingga banyak yang menyebutnya telaga di atas awan. Selain itu, perbedaan telaga ini dengan telaga yang lainnya dapat dilihat dari warnanya yang biru. Dengan adanya perbukitan yang indah di sekitarnya, pesona telaga satu ini sangat sayang jika anda lewatkan.

Selain menyaksikan lanskap yang memanjakan mata, masih banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di wisata ini. Naik perahu untuk menyaksikan telaga lebih dekat, merupakan salah satu aktivitas yang disukai para pengunjung. Selain itu, wisatawan yang datang ke tempat wisata di Dieng ini juga sering bermalam dengan mendirikan tenda. Tak perlu ribet membawa peralatan kemah jika datang ke sini, karena sudah ada warga sekitar yang menyewakannya.

Lokasi : Desa Sembungan, Kejajar, Kab. Wonosobo
Jam Operasional : 24 Jam
Tiket Masuk : Rp 10,000

19. Lubang Sewu

tempat wisata lubang sewu di dieng

 

Dieng memiliki objek wisata yang menyajikan suasana layaknya Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat, yakni Lubang Sewu. Pemandangan ini dapat anda saksikan ketika mengunjunginya pada musim kemarau, dimana formasi batuan berlubang yang membuatnya tampak eksotis. Banyak pengunjung yang memanfaatkan sebagai spot untuk mendapatkan foto yang instagenik. Para pengunjung biasanya duduk di atas bebatuan sembari menikmati alam sekitar.

Lokasinya yang cukup tenang, sehingga wisata ini sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati liburan yang jauh dari keramaian. Ditambah sejuknya udara sekitar semakin membuat anda betah berlama lama di sini. Sedangkan pada saat musim hujan, anda akan mendapati jika lubang di bebatuan tersebut diisi oleh air dari Bendungan Wadaslintang. Bahkan di dalam lubang tersebut, ada ikan ikan yang berenang.

Lokasi : Jurutengah, Erorejo, Wadaslintang, Kab. Wonosobo
Biaya Parkir : Rp 10,000

20. Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka

Memang ada banyak kawah yang bisa anda temukan di Dieng, namun setiap kawah memiliki keunikan tersendiri. Sebagaimana ketika anda mengunjungi kawah satu ini. Kawah Candradimuka bisa anda saksikan semburan gas yang tidak beracun. Karena lokasinya cukup luas, sehingga pengunjung lebih mudah menyaksikan pemandangan dari berbagai sudut. Konon tempat wisata di Dieng ini disebut sebagai tempat Gatot Kaca direbus untuk mendapatkan kesaktian.

21. Tuk Bimo Lukar

Tuk Bimo Lukar

Tempat wisata ini merupakan sumber yang memiliki air sangat jernih. Banyak wisatawan yang singgah di tempat ini untuk sekedar mencuci muka. Bahkan banyak para pengunjung yang meminum airnya secara langsung. Masyarakat sekitar mempercayai jika sumber ini merupakan mata air abadi. Mencuci muka di tempat ini sudah menjadi salah satu tradisi yang masih dilestarikan.  Mata air Sungai Serayu Dieng juga dikenal dengan Tuk Bimo Lukar.

Lokasi : Dieng, Kejajar, Kab. Wonosobo

22. Serayu Rafting – Wisata Arum Jeram

Wisata Arum Jeram

Puas menikmati keindahan alam Dieng dan ingin mencoba kegiatan yang lebih menantang, anda bisa mengunjungi Wisata Arum jeram Dieng. Memang tak jauh berbeda dengan arung jeram di tempat lain, namun tempat wisata di Dieng ini memiliki lintasan dengan panorama yang mengagumkan ditambah dengan udaranya yang dingin dan sejuk. Selain bermain arung jeram, anda juga bisa melakukan kegiatan lain yang tak kalah seru seperti trekking, rafting hingga berkemah.

Lokasi : Jl. Banjarnegara Km. 15, Desa Randegan, Kec. Sigaluh, Banjarnegara
Jam Buka : 08.00 – 16.00

23. Telaga Menjer Wonosobo

Telaga Menjer

Telaga ini terbentuk dari aktivitas vulkanik yang kemudian dimanfaatkan sebagai PLTA. Meskipun demikian, panorama apik yang ditawarkan mampu mengundang para wisatawan untuk menikmati suasana di tempat wisata ini. Duduk bersantai di pinggir telaga sudah pasti menjadi kegiatan yang tak pernah ditinggalkan. Jika belum puas, anda bisa menaiki perahu yang terbuat dari rakit bambu. Biasanya perjalanan mengelilingi telaga membutuhkan waktu sekitar tiga puluh menit.

Lokasi : Maron, Garung, Kab. Wonosobo
jam Operasional : 24 Jam
Tiket Masuk : Rp 3,000

24. Curug Winong

Curug Winong

Setelah disibukkan dengan aktivitas yang cukup padat, maka tubuh dan pikiran membutuhkan waktu untuk beristirahat. Mengunjungi tempat wisata dengan tema alam selalu memberikan efek yang positif dan bisa dicoba, sebagaimana ketika mengunjungi tempat wisata curug yang ada di Dieng. Indahnya air terjun yang jatuh dari ketinggian ditambah udara sejuk sekitarnya membuat pikiran semakin terasa segar. Air terjun ini memiliki ketinggian 70 meter dengan kemiringan 70 derajat.

Objek wisata ini selalu menjadi favorit karena ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari menikmati segarnya air terjun hingga berburu spot foto yang menarik. Menyaksikan air terjun dari dekat mampu menghilangkan rasa penat setelah bergelut dengan rutinitas. Setelah mengunjungi wisata ini, ada banyak semangat yang bisa diperoleh untuk melanjutkan aktivitas di hari hari berikutnya. Namun, anda tidak boleh melewatkan baju ganti ketika mengunjunginya.

Lokasi : Satu, Winongsari, Kaliwiro, kab. Wonosobo
Biaya Parkir : Rp 2,000

25. D’qiano Water Park

D’qiano Water Park

Tempat wisata ini sangat cocok jika anda menyukai berenang. Menghabiskan waktu liburan di tempat ini membuat tubuh kembali fresh. Bukan air dingin sebagaimana kolam renang pada umumnya, namun tempat wisata terbaru ini menyediakan air panas mengingat udara di Dieng cukup dingin. Jika kemalaman dan bingung mencari tempat menginap, anda bisa bermalam di penginapan yang telah disediakan. Fasilitas yang tersedia juga cukup memadai.

Lokasi : Krajan, Kepakisan, Kec. Batur, Banjarnegara
Jam Buka : 08.00 – 18.00
Tiket Masuk : Rp 25,000 – Rp 30,000

26. Air Terjun Sirawe

Air Terjun Sirawe

Menikmati indahnya air terjun dengan gemericik airnya mampu membuat pikiran lebih rileks. Dieng memiliki air terjun yang cukup populer yaitu Air Terjun Sirawe. Air terjun ini mengalir cukup deras dengan ketinggian 80 meter. Tebing yang terjal ditambah hijaunya pepohonan membuat pemandangan di tempat ini semakin memukau. Suasana yang menyegarkan juga menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan di air terjun satu ini.

Selain itu, keunikan tempat wisata di Dieng ini yaitu perpaduan air panas dan air dingin yang mengalir secara alami. Selain menikmati air terjun yang eksotis, anda juga bisa berpose di depan kamera dengan menjadikan air terjun sebagai latarnya. Berenang di air terjun ini menjadi kegiatan yang tak boleh dilewatkan. Bahkan berendam di sini bisa menghilangkan gatal gatal dan memperlancar sirkulasi darah. Namun, jangan lupa membawa baju ganti jika anda ingin berenang di sini.

Lokasi : Bitingan, Kepakisan, Kec. Batur, Banjarnegara
Jam Operasional : 24 Jam

27. Air Terjun Sikarim

Air Terjun Sikarim

Objek wisata satu ini menyajikan panorama yang memukau berdekatan dengan area bukit Sikunir. Wisata satu ini sangat cocok bagi anda yang berjiwa petualang karena lokasinya cukup tersembunyi dan harus melalui medan yang cukup sulit. Namun, sampai di air terjun anda akan terhipnotis oleh keindahan alam yang mampu menghilangkan rasa penat. Selama perjalanan menuju lokasi, anda bisa menyaksikan pemandangan berupa gunung, bukit hingga lembah.

Keindahan suasana di sekitar air terjun semakin lengkap tatakala ada kabut yang turut menghiasinya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan terbagi menjadi dua bagian. Air terjun ini memiliki debit air yang kecil dan mengalir dari atas bukit. Oleh sebab itu, pengunjung tidak bisa bermain air atau berenang di sini. Meskipun demikian, udara yang segar dan pemandangan alam yang memanjakan mata mampu membuat pikiran lebih segar.

Menikmati panorama air terjun sembari duduk santai menjadi kegiatan andalan ketika berkunjung ke wisata satu ini. Jika membawa bekal, anda bisa sembari menyantapnya bersama orang terdekat. Bernyanyi dan bermain gitar juga menjadi aktivitas yang tak kalah seru. Anda juga bisa mengabadikan setiap momen ketik berada di sini. Terkadang ada juga beberapa wisatawan yang mendirikan tenda di sekitar air terjun.

Lokasi : Sembungan, kejajar, Kab. Wonosobo
Tiket Masuk : Rp 6,000

28. Perkebunan Teh Tambi

Perkebunan Teh Tambi

Perkebunan Teh Tambi merupakan salah satu agrowisata yang cukup populer di Dieng. Hamparan perkebunan teh yang hijau dan udara yang sejuk menjadi obat yang paling mujarab untuk melepas lelah. Pemandangan di sini tampak lebih indah ketika musim hujan. Selain pemandangan berupa perkebunan teh, anda juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya seperti tracking atau outbond. Setelah puas menjajal beberapa wahana, anda bisa menikmati teh tambi.

Teh satu ini merupakn teh lokal yang hanya terdapat di Wonosobo. Terdapat dua jenis teh tambi, yaitu teh hitam dan teh hijau. Yang membuat teh ini berbeda dari teh yang lain yaitu rasa dan aromanya yang begitu kuat. Selain itu, teh ini juga menyediakan beberapa kualitas yang dapat dibedakan berdasarkan gradenya. Suasana dinginnya pegunungan memang sangat pas jika diimbangi dengan minum teh satu ini. Setelah meminumnya, anda akan merasakan badan yang lebih segar.

Lokasi : Tambi, Kejajar, Kab. Wonosobo
Jam Buka : 08.00 – 17.00
Tiket Masuk : Rp 2,000
Paket Tour : Rp 27,500 – Rp 55,000 per orang

29. Desa Wisata Sembungan

Desa Wisata Sembungan

Jika ingin mengetahui desa tertinggi di Pulau Jawa, anda bisa mengunjungi tempat wisata satu ini. Keindahan panorama di desa ini sudah terkenal sejak lama, bahkan gambar desa ini pernah diabadikan oleh orang dari Belanda. Di desa ini, anda bisa menyaksikan pemandangan yang memanjakan mata berupa perbukitan hijau yang sangat teduh dan telaga biru yang dikelilingi oleh perbukitan. Selain itu, udara di tempat ini sangat sejuk dan segar.

Namun, mengenai asal usul desa ini masih sulit ditelusuri, para sesepuh di desa ini sudah meninggal cukup lama. Kemunculan desa ini diyakini berawal dari kedatangan secara ulama yang ingin berdakwah dan mengajarkan islam kepada masyarakat Dieng. Ulama tersebut kemudian menemukan sebuah daerah yang sangat dingin dan terdapat banyak tanaman sembung. Itulah mengapa desa ini disebut sebagai Desa Sembungan. Jika ke sini, anda harus memakai pakaian yang hangat.

Lokasi : Sembungan, Kejajar, Kab. Wonosobo

30. Alun Alun Wonosobo

Alun Alun Wonosobo

Berkunjung ke Dieng akan terasa kurang lengkap jika anda tak menyempatkan ke Alun Alun Wonosobo. Berada di pusat kota, tempat wisata ini sering disebut sebagai titik nol kota Wonosobo. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini mulai dari olahraga, jalan jalan hingga pagelaran musik. Pada hari minggu pagi, tempat wisata di Dieng ini kerap dipenuhi pra pedagang kaki lima yang menawarkan jualannya kepada para pengunjung.

Lokasi : Jl. Pemuda No. 2, Wonosobo Timur, Kab. Wonosobo

31. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing

Gunung sumbing adalah gunung tertinggi ketiga yang ada di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Untuk mendaki gunung Sumbing ini, jalur pendakian paling populer melalui pos Garung, yaitu sebuah desa di kaki bagian utara Gunung Sumbing.

Berhadapan dengan Gunung Sindoro, gunung ini sering disebut gunung kembar. Tinggi gunung yang tidak terlalu jauh berbeda dan juga kondisi alam gunung yang hampir sama. Akan tetapi, menurut para pendaki gunung, bahwa Gunung Sumbing memiliki trek hiking yang jauh lebih berat dibanding Gunung Sindoro.

Lokasi : Desa Pager Gunung, Kec. Tjepit, Kab. Temanggung

32. Gunung Sindoro

GUNUNG SINDORO

Gunung Sundoro memiliki beberapa keindahan alam lainnya seperti Telaga Ajaib dan bunga Edelweis yang berada di puncak gunung. Para pendaki juga bisa melihat panorama sunrise dan sunset dari puncak gunung Sundoro. Selain menikmati panorama alam. disini kalian bisa melihat juga para aktivitas petani.

Lokasi : Desa Katekan, Kec. Ngadirejo, Kab. Temanggung

33. Gunung Kembang

Gunung Kembang

Letaknya persis disamping Gunung Sindoro, dan biasa disebuh sebagai Anak Sindoro. Terdapat beberapa jalur untuk mendaki Gunung Kembang ini, tapi yang paling populer di kalangan pendaki melalui Jalur Blembem.

Basecamp pendakian Gunung Kembang yang melalui via Jalur Blembem ini sangatlah bersih dan terawat.

Lokasi : Desa Blembem, Kaliurip, Kertek, Kab. Wonosobo
Tiket Masuk Mendaki : Rp 10,000
Fasilitas Base camp : Rp 5,000
Biaya Parkir : Rp 5,000

Kunjungi dan Cicipi Wisata Kuliner di Dieng Ini

34. Mie Ongklok Longkrak

Mie Ongkok Longkrak

Setiap tempat memiliki kuliner yang khas yang tidak dimiliki oleh tempat lain. Seperti halnya dengan Dieng yang terkenal dengan mie ongkoknya. Namanya juga terdengar asing bukan? Lalu seperti apa bentuk mie ongkok itu sendiri? Jika penasaran anda bisa mencicipinya ketika berada di Dieng. Ada banyak yang menjual mie satu ini di pusat kota. Namun, mie ongkok yang cukup legendaris adalah mie ongkok longkrak yang ternyata sudah ada sudah cukup lama.

Bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dulunya pernah mengunjungi kuliner satu ini. Namun jika mengunjunginya, anda harus bersabar karena ada banyak pengunjung yang sudah siap mengantri. Agar tidak menunggu lama, sebaiknya anda datang lebih awal. Rasanya yang enak membuat mie satu ini disukai pengunjung. Sembari menikmati mie, anda bisa menambahkan lauk seperti sate, geblek atau tempe.

Lokasi : Jl. Pasukan Ronggolawe No. 14, Longkrang, Kab. Wonosobo
Jam Buka : 09.00 – 17.00

35. White House Cafe

white house cafe

Kalau kalian habis wisata dari Dieng dan mau pulang ke Semarang atau Yogyakarta, pasti akan lewat jalan di depan Cafe ini. Kalian bisa mampir ke Cafe ini untuk memesan kopi yang sudah terkenal di kota Dieng ini. Udara yang sejuk sambil menyeruput kopi panas tentu membuat rasa kopi tersebut menjadi semakin nikmat.

Lokasi : Jl. Sabuk Alu No. 121B, Kab. Wonosobo
Jam Buka : 10.00 – 23.00

Tempat Untuk Membeli Oleh-Oleh di Dieng

36. Carica Sumbing Segar Factory

Carica Sumbing

Carica memang menjadi oleh oleh Dieng yang sangat legendaris. Buah satu ini tidak bisa tumbuh sembarangan, sehingga hanya tempat tertentu saja yang bisa ditumbuhinya. Dataran tinggi Dieng menjadi tempat yang sangat strategis untuk buah satu ini. Selanjutnya masyarakat sekitar mengolahnya menjadi makanan dan minuman mulai dari dodol, es krim, jus hingga sirup. Namun, makanan dari Carica yang paling populer ialah manisan.

Salah satu tempat jual manisan carica yang sangat legendaris yaitu carica sumbing. Kemasan manisan satu ini sudah terkenal kelezatannya di kalangan wisatawan. Untuk bisa mendapatkan makanan satu ini, anda perlu mendatangi gerai Carica Sumbing. Selain mencicipi rasanya, anda juga perlu membawanya pulang untuk oleh oleh keluarga di rumah. Tentu mereka akan merasa senang, karena oleh oleh satu ini tidak akan ditemukan di tempat lain.

Lokasi : Yososari, Reco, Kertek, Kab. Wonosobo
Jam Buka : 08.00 – 16.00

37. Rita Pasaraya Wonosobo

Rita Pasaraya Wonosobo

Berkunjung ke Dieng anda bisa mampir ke Rita Pasaraya Wonosobo yang merupakan tempat belanja terbesar yang ada di daerah Wonosobo. Swalayan ini dibangun sudah cukup lama dan selalu ramai oleh pengunjung. Namun berbeda dengan swalayan umumnya, karena lokasinya yang berada di lantai atas pasar tradisional. Pusat perbelanjaan ini cukup lengkap menjual berbagai macam barang  mulai dari elektronik, pernak pernik, kosmetik hingga kebutuhan sehari hari.

Selain itu terdapat timezone yang bisa dituju jika anda membawa anak anak. Pusat perbelanjaan ini juga dilengkapi dengan pujasera yang bisa anda kunjungi untuk menyantap berbagai kuliner khas Wonosobo. Pelayanan di supermarket ini juga tergolong ramah dan tidak mengecewakan. Namun ada baiknya jika mengunjunginya saat siang karena saat sore sebagian toko sudah ditutup. Supermarket ini juga dilengkapi dengan toilet yang bersih.

Lokasi : Jl. A. Yani No. 40, Sumberan barat. Kec. Wonosobo
Jam Buka : 08.30 – 20.30

38. IGM Shop Pusat Carica dan Oleh Oleh

IGM Shop Pusat Carica dan Oleh Oleh

Setelah puas menikmati indahnya dataran tinggi Dieng, pulang ke rumah harus membawa oleh oleh untuk keluarga, maka perlu sempatkan mengunjungi tempat menjual berbagai buah tangan khas Dieng. Salah satu pusat oleh oleh yang cukup terkenal di Dieng yaitu IGM Shop Pusat Carica dan Oleh Oleh. Toko oleh oleh ini menjual Carica yang enak dengan beberapa pilihan paket. Selain Caricanya, di sini menjual banyak makanan khas Dieng lainnya yang bisa dipilih.

Setelah mencoba membelinya, harga oleh oleh di sini juga cukup terjangkau. Selain oleh oleh yang dijual cukup beragam, terdapat fasilitas lain yang bisa dinikmati seperti tolet gratis. Ternyata tempat oleh oleh ini berada tidak jauh dari Gunung Prau. Jadi setelah  turun dari puncak, anda bisa langsung menuju ke tempat oleh oleh ini.  Banyak juga yang membeli perbekalan mendaki di tempat ini. Pusat oleh oleh ini menyediakan parkir yang cukup luas untuk para pengunjung.

Lokasi : Jl. Dieng Km. 23, Kab. Wonosobo (200meter setelah Gerbang Selamat Datang Dieng Plateau)
Jam Buka : 08.00 – 20.00

Baca Juga : 32 Tempat Wisata di Denpasar yang Dapat Anda Kunjungi

Liburan ke Dieng, ada banyak sekali objek wisata yang bisa anda kunjungi mulai dari wisata alam, pegungan dan telaga, sejarah, kuliner hingga pusat oleh oleh. Meskipun sebagian besar wisata di tempat ini berupa kawah dan telaga serta perbukitan yang eksotis, namun setiap objek wisata memiliki kekhasan masing masing. Mengunjungi Dataran tinggi Dieng akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Sudah menentukan mana objek wisata yang akan dikunjungi?

Leave a reply

error: Content is protected !!