32 Tempat Wisata di Denpasar yang Dapat Anda Kunjungi

tempat wisata Tanah Lot di denpasar

Denpasar – Banyak sekali wisatawan yang sering menghabiskan liburannya ke Kota Denpasar ini karena banyaknya destinasi tempat wisata yang ada di kota Denpasar. Sudah menjadi hal yang biasa ketika melihat banyak wisatawan dari luar maupun dalam negeri selalu berada di kota Denpasar.

Kenapa mereka lebih memutuskan untuk berlibur ke Denpasar? Mungkin banyaknya tempat wisata alam yang ada di Denpasar ini menarik hati wisatawan untuk rekreasi ataupun untuk menghilangkan penat, ditambah lagi wisata kuliner yang ada di Denpasar ini juga memikat hati wisatawan.

Destinasi Wisata yang Ada di Wilayah Denpasar yang Dapat Anda Kunjungi

Kalian hendak merencanakan liburan ke kota Denpasar? Disini kami telah mengumpulkan informasi mengenai beragam tempat wisata yang ada di Denpasar yang bisa kalian kunjungi.

Kami dari Infowisataid.com akan membahas dan mereferensikan 32 Tempat Wisata di Denpasar yang dapat anda kunjungi saat berlibur.

1. Museum Bali Denpasar

tempat wisata Museum Bali di Denpasar

Momen berwisata juga dapat sekaligus digunakan sebagai sarana pembelajaran untuk si kecil. Misalnya adalah dengan mengajak mereka berkunjung ke musium untuk mengenal sejarah bangsa Indonesia sendiri. Di wilayah Denpasar terdapat sebuah museum yang bisa anda kunjungi bernama Museum Bali Denpasar. Museum ini sendiri pertama kali didirikan pada tahun 1910 yang lalu.

Namun pada zaman dahulu, tempat ini belum memiliki bentuk seperti layaknya sekarang melainkan masih berbentuk Gedung Arca. Hingga akhirnya pada tahun 1932 musium ini resmi dibuka untuk umum. Ribuan koleksi berupa benda etnografi dapat anda lihat di tempat ini. Tak hanya itu, tempat wisata di Denpasar ini juga seringkali digunakan untuk pengambilan foto prewedding dengan ketentuan tersendiri yang diberlakukan.

Lokasi : Jl. Mayor Wisnu No. 1, Dangin Puri, Kec. Denpasar Timur, Bali
Jam Buka : 08.00 – 16.00

2. Museum Lukisan Sidik Jari

tempat wisata Museum Lukisan Sidik Jari di denpasar

Selain Museum Denpasar Bali, juga terdapat museum lain yang dapat anda kunjungi saat berwisata ke pulau dewata. Museum tersebut bernama Museum Lukisan Sidik Jari. Terdapat banyak lukisan yang dapat anda nikmati di musium tersebut. Namun di dalam musium ini anda juga dapat menemui benda benda lain selain lukisan yang kaya akan nilai seni di dalamnya. Misalnya adalah tombak, patung, batu purbakala, dan juga keris.

Dengan berkunjung ke musium ini, anda juga dapat sekaligus mempelajari kebudayaan Bali dan kesenian di dalamnya. Di museum yang merupakan salah satu destinasi wisata di Denpasar ini, anda juga dapat mengikuti aneka jenis kursus yang tersedia. Misalnya adalah kursus menari, melukis, dan juga musik. Ketiga jenis kursus itu sendiri juga masih berkaitan erat dengan kebudayaan yang ada di wilayah Bali.

Lokasi : Jl. Hayam Wuruk, Sumerta Kelod, Kec. Denpasar Timur, Bali
Jam Buka : 08.00 – 16.00

3. Bajra Sandhi Renon

tempat wisataBajra Sandhi Renon di Denpasar Bali

Destinasi wisata lain yang juga dapat anda kunjungi saat di pulau dewata adalah Bajra Sandhi Renon. Tempat ini sendiri merupakan salah satu monumen yang ada di Bali. Tujuan didirikannya monumen ini sendiri untuk mengenang dan memperingati para pahlawan yang telah berjuang di Bali demi merebut kemerdekaan negara tercinta Republik Indonesia. Pada monumen tersebut anda juga dapat menikmati gaya arsitektur yang merupakan ciri khas dari kebudayaan Bali.

Karena gaya arsitektur yang ada juga membuat banyak orang mengira bahwa monumen ini merupakan tempat beribadah untuk umat Buddha. Saat berkunjung ke monumen wisata di Denpasar ini anda juga dapat menemui beragam fasilitas di sekitarnya. Misalnya adalah fasilitas berupa perpustakaan, tempat untuk parkir, tempat makan, dan lain sebagainya.

Lokasi : Jl. Raya Puputan No. 142, Panjer, Kec. Denpasar Selatan, Bali
Jam Buka : 08.00 – 18.00

4. Pusat Konservasi Kura Kura dan Penyu Hijau

Pusat Konservasi Kura Kura dan Penyu Hijau

Bagi anda yang berminat merasakan liburan bersama si kecil yang memiliki nilai edukasi di dalamnya, Anda dapat mengunungi Pusat Konservasi Kura Kura dan Penyu Hijau. Tentu saja hal ini juga dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran secara langsung bagi si kecil. Di tempat konservasi ini anda dapat menemui aneka spesies kura kura dan penyu hijau yang ada.

Tak hanya kura kura dan penyu hijau yang sering ditemui saja, di pusat konservasi ini anda juga dapat menemui spesies yang langka dan dilindungi. Tentu saja hal ini akan memberikan pengalaman yang berbeda kepada si buah hati. Saat berada di lokasi wisata di Denpasar ini, si kecil dapat belajar langsung mengenai cara menjaga lingkungan termasuk aneka satwa di dalamnya.

Lokasi : Pulau Serangan, Bali

5. Hutan Mangrove Bali

Hutan Mangrove Bali

Kesejukan dan keasrian dari Hutan Magrove Bali ini merupakan salah satu daya tarik yang membuat banyak wisatawan berdatangan. Pada Hutan Mangrove Bali ini pengunjung juga dapat menemui jempatan sepanjang 2 kilometer yang sengaja di bangun oleh pihak pengelola. Dengan berjalan di sepanjang tersebut anda dapat menikmati keindahan hutan mangrove yang ada.

Di beberapa titik pada jembatan kayu tersebut juga terdapat shelter yang dapat anda gunakan. Shelter yang ada dapat anda gunakan untuk beristirahat sembari menikmati pemandangan indah yang disajikan oleh destinasi wisata di Denpasar ini. Tak hanya itu, di lokasi ini anda juga dapat berfoto bersama dengan keluarga karena pemandangannya yang begitu elok dan masih asri.

Lokasi : Jl. By Pass Ngurah Rai KM. 21, Pemogan, Kuta, Kota Denpasar, Bali
Jam Buka : 08.00 – 17.00
Tiket Masuk : Rp 3.000 – Rp 10.000

6. Pulau Serangan

tempat wisata Pulau Serangan di Denpasar

Bagi anda yang berminat memiliki pengalaman liburan yang tak terlupakan, anda dapat berkunjungi di Pulau Serangan yang juga ada di wilayah Denpasar. Di tempat ini anda dapat menikmati liburan yang masuk ke dalam kategori cukup ekstrim. Karena di pulau tersebut, anda dapat bermain dan berenang dengan ikan hiu. Jenis ikan hiu yang ada adalah ikan hiu putih.

Pihak pengelola dari tempat ini juga menyediakan pakaian khusus bagi anda yang hendak memberi makan hiu. Keadaan bawah lautnya yang masih terjaga juga merupakan salah satu daya tarik dari tempat ini. Sensasi liburan yang cukup menegangkan tentu akan membuat anda memiliki pengalaman liburan yang akan terus terkenang. Anda berminat untuk mencoba berenang dan memberi makan ikan hiu putih di tempat ini ?

7. Taman Werdhi Budaya Art Centre

tempat wisata Taman Werdhi Budaya Art Centre di denpasar

Para pecinta dunia seni tentu tidak akan melewatkan lokasi wisata bernama Taman Werdhi Budaya Art Centre. Sajian wisata ini akan memberikan pengalaman bagi anda untuk menikmati kesenian yang ada di Pulau Bali. Bahkan tak jarang, di taman tersebut juga dapat ditemui aneka pertunjukan yang merupakan ciri khas dari masyarakat Bali. Seperti misalnya ialah tari kecak, tari barong, dan juga musik gamelan khas Bali.

Pertunjukan tersebut juga tidak dapat anda temui sepanjang tahun. Biasanya pada pertengahan tahun, sekitar bulan Juni dan Juli banyak pertunjukan yang digelar disana. Pada tempat wisata di Denpasar ini anda juga dapat berfoto dengan aneka bangunan yang bernilai seni tinggi khas bali. Misalnya adalah bangunan yang memiliki ukiran dan cerita di dalamnya.

Lokasi : Jl. Nusa Indah No. 1, Panjer, Kec. Denpasar Selatan, Bali
Jam Buka : 07.30 – 15.30

8. Pura Sakenan

tempat wisata Pura Sakenan di Denpasar

Salah satu tempat yang dapat anda kunjungi adalah bernama Pura Sakenan. Pura ini merupakan salah satu pura yang banyak dikunjungi di wilayah Bali. Daya tarik tersendiri dari Pura Sakenan ini terletak pada dua buah pohon besar yang ada di pura tersebut. Pohon tersebut dipercaya sebagai tempat tinggal dari roh para penjaga yang ada di Pura Sakenan.

Pada mulanya pura ini didirikan di  era kerajaan Majapahit. Bangunan pura sendiri didirikan oleh tokoh bernama Mpu Kuturan yang merupakan seorang pendeta dari agama Hindu. Bangunan pura ini kabarnya dibuat dari karang merah yang dipadukan dengan batu kapur. Hingga saat ini, pura ini juga masih digunakan sebagai tempat beribadah warga yang berada di sekitar wilayah tersebut.

Lokasi : Jl. Banjar Pemalukan, Peguyangan, Kec. Denpasar utara, Bali

9. Pantai Sanur

tempat wisata Pantai Sanur di Denpasar

Salah satu tempat wisata di Denpasar yang paling terkenal yaitu Pantai Sanur. Pantai ini sendiri terkenal akan keindahannya saat matahari terbit. Anda akan menikmati pemandangan yang eksotis berupa matahari yang perlahan terbit di pagi hari saat berkunjung ke pantai tersebut. Bagi anda yang menyukai fotografi, juga dapat memanfaatkan momen matahari terbit di Pantai Sanur ini sebagai tambahan koleksi foto yang ada.

Tak hanya itu, di pantai ini juga merupakan surganya para pecinta selancar. Ombak yang ada di Pantai Sanur ini memang cocok digunakan untuk berselancar. Namun bagi anda yang tidak gemar berselancar, dapat mencoba aneka fasilitas lain yang ada. Misalnya adalah mencoba merasakan diving di lokasi ini. Aneka hal tersebut juag membuat banyak pecinta kegiatan di air menyukai berkunjung ke pantai ini.

10. Pantai Sindhu

tempat wisata Pantai Sindhu di Denpasar bali

Hampir sama dengan Pantai Sanur, pantai yang merupakan salah satu tempat wisata di Denpasar ini menawarkan keindahan pemandangan sunrise bagi para pengunjungnya. Di pantai bernama Sindhu ini anda dapat menikmati keindahan matahari yang tengah terbit. Pemandangan yang ditawarkan juga begitu indah jika dilewatkan begitu saja saat anda berkunjung ke wilayah Denpasar, Bali.

Tak hanya itu,di pantai ini juga terdapat sebuah lokasi yang sangat direkomendasikan sebagai tempat untuk berfoto. Terdapat sedikit daratan yang menjorok ke laut di pantai ini. Tempat tersebutlah yang dapat anda jadikan sebagai spot foto terbaik yang bisa diambil di Pantai Sindu. Suasana pantai yang tenang dan nyaman juga akan membuat momen liburan anda menjadi lebih menyenangkan.

11. Patung Titi Banda

Patung Titi Banda

Patung Titi Banda merupakan salah satu destinasi wisata yang cocok bagi para penyuka foto yang instagramable. Patung ini sendiri merupakan salah satu tempat wisata terbaru yang ada di wilayah Denpasar. Kebaradaan dari patung ini sendiri menggambarkan sosok bernama Ramayana yang seakan akan menyambut para wisatawan yang berkunjung di wilayah Denpasar.

Pembuatan pataung yang dikerjakan oleh tangan tangan terampil para seniman ini menghadilkan patung yang elok. Ukiran yang terdapat di patung ini juga sangatlah detail dan cantik. Hal tersebut tentu saja akan menghasilkan kesan foto yang berbeda. Kesan otentik dari patung tersebut menjadikannya sebagai salah satu objek tempat foto yang favorit.

Lokasi : Jl. By Pass Ngurah Rai No. 90, Kesiman kertalangu, Kec. Denpasar Timur, Bali

12. Upside Down World Bali

Upside Down World Bali

Pada destinasi wisata yang ada di wilayah Denpasar ini, anda akan memperoleh pengalaman liburan yang berbeda. Mungkin anda pernah melihat foto seseorang yang seakan akan berada di rumah terbalik. Keunikan foto tersebut juga dapat anda peroleh dengan berkunjung ke lokasi wisata ini. Di Upsite Down World Bali ini didesain sedemikian rupa sehingga menghasilkan keunikan hasil foto yang akan didapatkan.

Saat memasuk lokasi tersebut, anda akan merasa seakan sedang terbang atau berjalan jalan di atap atau plafon rumah. Aneka jenis spot foto juga dapat anda nikmati di tempat tersebut. Misalnya adalah spot foto living room, master bed room, kids room, ruangan 3D, dapur, laundry, bathroom, toilet, dan juga kebun. Tak hanya itu, di Upside Down World Bali ini anda juga dapat menemui ruangan dengan konsep khas Bali di dalamnya.

Lokasi : Jl. By Pass Ngurah Rai No. 762, Pemogan, Kec. Denpasar Selatan, Bali.
Jam Buka : 09.00 – 19.00
Tiket Masuk : Rp 50.000 – Rp 100.000

13. Tanah Lot

tempat wisata Tanah Lot di denpasar

Tempat yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Tanah Lot. Di Tanah Lot ini sendiri anda akan menemui sebuah pura yang seakan berada di atas laut. Di lokasi ini, anda juga dapat melihat festival khusus bernama Odolan yang dilakukan oleh masyarakat Bali. Festival Odolan sendiri merpakan sebuah ritual yang biasa dilakukan sebelum hari raya Galungan dan Kuningan.

Pada saat festival tersebut dilangsungkan, Tanah Lot akan penuhdengan umat Hindu yang datang dari berbagai penjuru di wilayah Denpasar. Pura yang ada di Tanah Lot juga meurpakan salah satu objek wisata yang banyak disukai oleh fotografer. Latar berupa senja yang kemerahan pada saat mataharai terbenam juga akan membuat pura tersebut tampil semakin elok dan cantik saat difoto.

Lokasi : Beraban, Kediri, Kab. Tabanan, Bali
Jam Buka : 07.00 – 19.00

14. Pantai Kuta

tempat wisata Pantai Kuta di denpasar bali

Pantai Kuta merupakan salah satu tempat wisata alam yang tidak dapat dilewatkan saat anda bekrunjung ke wilayah Denpasar. Banyak aktivitas yang dapat anda lakukan saat berkunjung ke pantai ini. Mulai dari menikmati matahari tenggelam, berjemur di bawah sinar mataharui, hingga mencoba menikmati sensasi dipijat dipinggir pantai. Tak hanya itu, anda juga dapat mencoba menggunakan jasa kepang rambut yang memang terkenal di kawasan Denpasar.

Di pantai ini pula, anda dapat berburu oleh oleh sekaigus menikmati wisata kuliner dari aneka sajian yang ada. Para pecinta surfing juga dimanjakan di pantai ini. Deburan ombak pantai yang indah juga membuat pemandangan dari Pantai Kuta ini begitu sayang untuk dilewatkan. Hamparan pasir putih di pantai ini juga akan memanjakan mata para wisatawan yang dapat ke tempat ini.

Maps : klik disini
Tiket Masuk : Free
Biaya Parkir : Rp 5.000 – Rp 10.000

15. Pantai Dreamland

Pantai Dreamland

Banyak orang yang berlibur sekaligus melakukan pemotretan untuk agenda tertentu. Jika anda juga memiliki rencana tersebut, maka destinasi wisata ini dapat anda kunjungi sebagai salah satu pilihan. Tempat ini adalah Pantai Dreamland yang terkenal akan keindahan alamnya. Tak hanya itu, di pantai ini anda juga dapat menemui bangunan candi yang telah berusia sangat tua.

Bangunan candi itu sendiri diketahui telah ada sejak abad ke 10. Menurut kepercayaan, candi tersebut dibangun bagi para penjaga laut dan juga roh yang ada di bagian barat daya pantai tersebut. Bangunan candi yang berada di atas batu karang yang tinggi itu juga membuat banyak wisatawan tertarik mengenai sejarah di baliknya. Ombak di pantai ini juga sangat mendukung anda yang memiliki hobi surfing.

Lokasi : Bukit Ungasan Pecatu, Komp. Bali pecatu Graha.
Tiket Masuk : Free
Biaya Parkir : Rp 5.000 – Rp 20.000

16. Gunung Catur

Gunung Catur

Terdapat beberapa orang yang lebih menyukai berwisata ke gunung daripada pantai. Bagi anda yang juga memiliki minat serupa, maka anda dapat mengunjungi Gunung Catur saat berlibur di Bali. Gunung Catur ini sendiri merupakan salah satu gunung yang menyusun deretan gunung purba di kawasan Denpasar. Puncak dari gunung ini sendiri bernama Puncak Mangu yang ada di wilayah Denpasar.

Saat mendaki gunung nan indah ini, anda akan dimanjakan dengan hamparan perbukitan yang sedap dipandang mata. Udaranya yang masih bersih dan asri juga akan menimbulkan hawa yang segar untuk dihirup. Tak hanya itu, di gunung Catur ini anda juga akan ditawarkan beragam spot menarik untuk pengambilan gambar. Namun di gunung tersebut, anda juga harus bersiap untuk bertemu kawanan kera yang biasanya muncul.

Lokasi : Desa Petang – Pelaga, Badung, Bali

17. Pura Agung Jagatnatha

Pura Agung Jagatnatha

Bali merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal akan keindahan destinasi wisatanya. Tak hanya itu, keindahan pura yang ada di pulau ini juga tak dapat diungkiri. Salah satu pura tersebut adalah Pura Agung Jagatnatha. Pura yang memiliki gelar pura terbesar di wilayah Denpasar ini dapat anda jadikan pilihan destinasi wisata milik anda saat berkunjung di pulau dewata.

Pura ini sendiri diresmikan sejak tanggal 13 Mei pada tahun 1968 yang lalu. Seperti pada umumnya, bangunan pura di Bali menghadap ke arah Gunung Agung. Hal ini dikarenakan masyarakat Hindu di Bali percaya bahwa kerajaan para dewa terdapat di puncak gunung tersebut. Pura ini sendiri dibangun karena melihat banyaknya umat Hindu yang tidak menemukan tempat untuk bersembahyang saat berada di kawasan Denpasar.

Lokasi : Jl. Surapati, Dangin Puri, Kec. Denpasar Timur, Denpasar, Bali

18. Pohon Bunut Bolong

Pohon Bunut Bolong

Salah satu destinasi wisata unik yang dapat anda temui di wilayah Denpasar adalah Pohon Bunut Bolong. Pohon unik ini sendiri juga terkenal akan kekuatan supranaturalnya. Akar pohon ini terletak di sebalh kiri dan kanan jalan. Pada bagian atas, ranting dan akar pohon menyaru dan memayungi jalan yang ada. Kepercayaan yang tersemat di pohon tersebut juga terbilang cukup mencengangkan.

Banyak orang yang percaya bahwa pasangan pengantin tidak boleh melewati jalan di bawah pohon tersebut. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya perceraian kepada kedua belah pihak yang ada. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pada akhirnya dibangun sebuah jalan lain untuk menghindari pohon yang ada. Hal ini diperuntukkan bagi orang yang mempercayai kekuatan magis dari pohon tersebut.

Lokasi : Desa Manggisari, Kec. Pekutatan, Kab. Jembrana, Bali

19. Banjar Kaja Sesetan

Banjar Kaja Sesetan

Tempat wisata di Denpasar kali ini lebih mengarah ke adat dan budaya yang sering dilakukan oleh masyarakat kota Denpasar. Saat Hari Raya Nyepi banyak tradisi yang akan dilakukan oleh masyarakat di Bali. Misalnya adalah tradisi omed omedan yang ada di Banjar Kaja Sesetan, yang ada di Desa Sesetan, wilayah Denpasar. Ritual omed omedan itu sendiri melibatkan antara remaja putra dan putri yang ada di wilayah tersebut. Acara ini sendiri juga telah ada sejak abad ke 17 yang lalu.

Kata omed sendiri jika diartikan akan memiliki makna yang berarti tarik menarik. Muda mudi yang mengikuti acara ini dibagi menjadi dua pihak. Dua orang muda mudi di bagian depan harus saling berpelukan satu sama lain. Pada saat itulah, kedua belah regu harus saling menarik hingga muda mudi yang berpelukan tersebut dapat dipisahkan. Keseruan ini dapat anda kunjungi saat berkunjung di Banjar Kaja Sesetan.

Lokasi : Jl. Raya Sesetan No. 54, Sesetan, Kec. Denpasar Selatan, Bali

20. Lumintang Park Denpasar

Lumintang Park Denpasar

Salah satu tempat nongkrong anak muda di wilayah Denpasar adalah di Lumintang Park denpasar. Taman ini sendiri merupakan salah satu taman terbuka hijau yang dapat anda temui di Bali. Berbagai aktivitas dapat anda lakukan di tempat ini. Misalnya adalah bermain sepeda, melakukan yoga, sekedar berlari lari kecil, maupun bermain bulu tangkis di taman tersebut.

Lampu lampu yang dipasang di lokasi Lumintang Park Denpasar ini juga membuat suasana semakin indah di malam hari. Di lokasi yang sama juga terdapat air mancur yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Perpaduan lampu warna warni dan juga air mancur tersebut juga banyak menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke taman di wilayah Denpasar ini.

Tak hanya itu, bagi anda yang menyukai berwisata kuliner juga dapat melakukannya di taman ini. Anda dapat menikmati aneka sajian makanan yang dijajakan di sekitar wilayah taman tersebut. Sajian makanan yang disajikan juga beraneka macam, mulai dari es kelapa muda, ayam betutu, bubur bali, dan juga tipat kuah. Tentu saja sajian makanan yang ada juga membuat banyak orang tertarik mengunjungi taman ini.

Lokasi : Dauh Puri Kaja, Denpasar utara, Bali

21. Desa Budaya Kertalangu

Desa Budaya Kertalangu

Banyak orang yang menaruh perhatian khusus pada masayarakat di Pulau Bali. Selain terkenal akan keramahannya, masyarakat Bali juga terkenal menjunjung tinggi nilai nilai tradisi yang ada di dalam keseharian mereka. Untuk lebih mengenal lebih dekat, anda dapat berkunjung ke Desa Budaya Kertalangu. Tak hanya belajar akan aneka budaya yang ada, anda juga dapat menikmati aneka acara seni baik di skala nasional maupun internasional.

Di desa budaya ini, anda juga dapat berburu oleh oleh khas Bali. Mulai dari makanan tradisional khas Bali hingga aneka jamu tradisional yang dijual disana. Fasilitas yang terdapat di desa ini juga sangat lengkap. Misalnya adalah tempat makan, penginapan, wahana permainan, hingga tempat berburu oleh oleh untuk para pengunjung yang datang. Tak hanya itu, juga terdapat lokasi pemancingan di desa ini bagi anda yang menyukai dunia memancing.

Lokasi : Jl. By Pass Ngurah Rai No. 88, Kesiman Kertalangu, Kec. Denpasar Timur, Bali
Jam Buka : 08.00 – 22.00

22. Pura Pengerebongan

Pura Pengerebongan

Pura Pengerebongan merupakan salah satu pura yang ada di wilayah Denpasar. Di pura tersebut anda dapat melihat ritual berupa kesurupan massal. Ritual tersebut juga dikenal dengan istilah Ngerebog. Tujuan dari ritual Ngerebog sendiri untuk menjaga keseimbangan yang terjalin antara spiritual dan juga keseimbangan alam. Tradisi ini sendiri dilakukan di area pura sehingga wisatawan yang bekunjung juga harus berpakaian sopan.

Pada tradisi tersebut, anda dapat melihat orang orang yang kesurupan. Bahkan juga terdapat orang yang menangis, mengeram, dan juga menari pada saat kesurupan. Juga terdapat orang yang kesurupan yang memiliki menunjukkan kebolehan dalam hal kebal terhadap benda tajam. Mereka akan meminta benda tajam untuk ditancapkan ke dalam tubuh. Anehnya tak ada seorag pun yang terluka akibat hal tersebut.

Bagi anda yang menyukai melihat sesuatu yang memacu adrenalin, maka ritual ini layak untuk anda tonton. Keunikan dari ritual yang ada tentu akan menghasilkan kenangan tersendiri yang akan membekas di memori. Namun sebelum memasuki kawasan pura, juga terdapat beberapa pantangan dan aturan yang harus anda patuhi sebagai seorang wisatawan.

Lokasi : Jl. WR Supratman, Denpasar Utara, Kesiman Petilan, Kec. Denpasar Timur, Bali

23. Big Garden Corner Sanur

Big Garden Corner Sanur

Salah satu tempat yang anda kunjungi di wilayah Denpasar adalah Big Garden Corner Sanur. Destinasi wisata ini juga tergolong destinasi wisata yang baru. Di tempat tersebut, anda dapat menikmati aneka fasilitas yang ada. Mulai dari aneka patung yang berbentuk unik, replika Candi Borobudur, rumah pohon, dan juga taman bermain untuk anak anak kecil.

Tak hanya itu, di Big Garden Corner Sanur ini anda juga dapat minkmati aneka sajian lezat yang ada di restauran di lokasi tersebut. Lahan parkir yang luas juga membuat para pengunjung merasa nyaman berwisata ke tempat ini. Bagi anda yan hendak berfoto juga tersedia aneka spot menarik di lokasi wisata ini. Aneka sarana yang ada juga sesuai untuk mengajak si kecil berkunjung ke lokasi wisata tersebut.

Lokasi : Jl. By Pass Ngurah Rai, Kesiman, Kec. Denpasar Selatan, Bali.
Jam Buka : 09.00 – 21.00
Tiket Masuk : Rp 25.000

24. Cagar Budaya Prasasti Blanjong

Cagar Budaya Prasasti Blanjong

Bagi anda yang memiliki minat tersendiri pada sejarah lokal masyarakat Bali, maka anda dapat mencoba mengunjungi Prasasti Blanjong. Pada prasasti ini memiliki sejarah dalam bentuk tertulis yang terbilang paling tua di pulau Bali. Di dalam keterangan yang ada, prasasti itu sendiri dibuat pada tahun 913 masehi yang lalu. Usianya yang telah berumur ratusan tahun tersebut, menjadikan prasasti ini layak untuk dijaga.

Prasasti Blanjong sendiri memiliki bentuk berupa pilar batu yang berdiamater 52 cm. Tinggi dari prasasti ini adalah 177 cm. Prasasti yang kaya akan nilai sejarah ini juga merupakan penanda dari peristiwa penting yang terjadi di masa lalu. Peristiwa tersebut adalah terjadinya kemenangan oleh Raja Adipatih Cri kesari Warmadewa dalam sebuah peperangan yang telah terjadi di masa itu.

Lokasi : Jl. Belanjong No. 1, Sanur Kauh, Kec. Denpasar Selatan, Bali

Destinasi Wisata Kuliner yang ada di kota Denpasar

25. Warung Nasi Bali Men Weti

Warung Nasi Bali Men Weti

Bagi anda pecinta dunia kuliner, terdapat beberapa tempat di wilayah Denpasar yang sebaiknya tidak anda lewatkan. Tempat tersebut terkenal akan kulinernya yang telah melegenda. Seperti misalnya adalah Warung Nasi Bali Men Weti yang terletak di wilayah Denpasar. Walaupun sang pemilik tempat makan bernama Men Weti telah tiada, namun usaha tersebut telah diteruskan oleh sang anak.

Tak hanya wisatawan lokal saja yang menyukai makanan yang dijual di warung nasi ini. Banyak turis dari mancanegara yang telah mengakui kelezatan dari makanan berupa nasi bali yang ada. Citarasa pedas dari nasi bali tersebut membuat banyak orang ketagihan setelah memakannya. Aneka lauk juga dapat anda pilih sesuai selera, mislanya adalah telur rebus, kulit ayam goreng, dan aneka sajian lezat yang lainnya.

Lokasi : Jl. Letda Reta No. 52, Dangin Puri Klod, Kec. Denpasar Timur, Bali
Jam Buka : 08.00 – 15.00

26. Warung Mak Beng

Warung Mak Beng

Tempat makan berikutnya yang sayang untuk dilewatkan saat anda berkunjung ke Denpasar adalah Warung Mak Beng. Warung ini sendiri telah berdiri sejak sebelum masa kemerdekaan. Yaitu berdiri sejak tahun 1940 an. Bahkan ketenaran warung makan ini juga membuat banyak artis ternama yang mampir untuk menikmati sajian di tempat makan tersebut.

Berbeda dengan kebanyakan warung makan lainnya, di Warung Mak Beng hanya tersedia beberapa menu saja. Antara lain adalah menu berupa ikan goreng, sayur sup kepala ikan, sambal, dan juga nasi. Meskipun terkesan sederhan, namun kelezatan dari menu tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi. Warung ini juga tergolong ke tempat kuliner yang memiliki menu halal di dalamnya.

Lokasi : Jl. Hang Tuah No. 45, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Bali
Jam Buka : 08.00 – 22.00

27. Sate Plecing Arjuna

Sate Plecing Arjuna

Bagi anda pecinta sate, maka Sate Plecing Arjuna merupakan pilihan tempat berburu kuliner yang tepat. Menu berupa sate plecing sendiri merupakan salah satu menu makanan khas dari Pulau Bali. Bahan dasar dari sate ini sendiri merupakan daging babi yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan citarasa yang menggugah selera orang yang memakannya.

Namun di tempat makan ini juga menyediakan menu lainnya yang dapat anda coba. Misalnya adalah soto sapi, bakso sapi, sate sumsung, maapun sate plecing yang terbuat dari daging sapi. Tempat ini sendiri berdiri sejak puluhan tahun lalu, yaitu berdiri sejak tahun 1990. Hingga kini tempat kuliner lezat ini tidak pernah sepi pengunjung karena citarasa sate yang ditawarkannya.

Lokasi : Jl. Arjuna No. 47, Dauh Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Bali
Jam Buka : 09.00 – 16.30

Tempat Wisata Berbelanja Oleh-Oleh di Denpasar

28. Pasar Seni Kumbasari

Pasar Seni Kumbasari

Terdapat sebuah tempat yang tak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke pulau Bali, khususnya di wilayah Denpasar. Tempat tersebut adalah Pasar Seni Kumbasari. Sesuai namanya, di pasar ini anda dapat membeli aneka barang seni yang ditawarkan oleh para penjual. Mulai dari kalung, gelang, patung, lukisan, batik, tenun yang semuanya memiliki ciri khas tersendiri dari dari pulau dewata Bali.

Di pasar seni ini juga menyediakan aneka kebutuhan untuk beribadah. Misalnya adalah peralatan ibadah umat Hindu yang digunakan untuk upacara keagamaan. Barang tersebut antara lain adalah canang, pakaian adat Bali, dan lain sebagainya. Di Pasar Seni Kumbasari ini anda juga dapat berbelanja dengan sistem tawar menawar seperti layaknya di pasar tradisional lainnya. Keseruan pun akan anda dapatkan dengan berbelanja melalui cara tersebut.

Lokasi : Jl. Gajah Mada, Pemecutan, Kec. Denpasar Barat, Bali
Jam Buka : 08.00 – 17.00

29. Pasar Badung

Pasar Badung

Salah satu tempat yang dapat anda kunjungi untuk berbelanja kebutuhan pokok di wilayah Denpasar adalah Pasar Badung. Aneka barang akan dengan mudah anda temui. Mulai dari makanan poko hingga pernak pernik khas Bali yang lainnya. Tak hanya itu, kualitas barang yang ditawarkan di pasar ini juga cenderung lebih tinggi daripada di pasar yang lainnya.

Masyarakat di wilayah Denpasar juga sering berbelanja di pasar ini. Hal ini pula yang menjadikan harga barang yang dijual di Pasar Badung memiliki harga yang relatif lebih terjangkau daripada pasar lainnya yang biasa dikunjungi oleh wisatawan. Bagi anda yang menginginkan berbelanja dengan membaur bersama masyarakat sekitar dapat berkunjung ke pasar ini.

Lokasi : Dangin Puri Kangin, Jl. Sulawesi No. 1, Dauh Puri Kangin, Kec. Denpasar Barat, Bali.

30. Pasar Sindhu (Night Market)

Pasar Sindu

Banyak orang menginginkan berlibur dengan konsep backpacker. Bagi anda yang juga bemrinat melakukan hal tersebut, makan anda dapat berkunjung ke tempat ini. Tempat yang dimaksud adalah Pasar Sindu yang terletak di wilayah Denpasar. Lapak dari para penjual di Pasar Sindu juga diatur sedemikian rupa sehingga terkesan lebih rapi dan juga bersih.

Bagi anda yang berminat untuk memasak sendiri selama belribur di Bali, maka anda dapat berkunjung ke pasar ini untuk berbelanja aneka bahan makanan. Beragam bahan makanan segar dapat anda kunjungi di Pasar Sindu ini. Tak hanya itu, dengan berbelanja di pasar ini juga membuat anda dapat mengamati kehidupan masyarakat Bali dengan lebih dekat. Anda juga dapat berbaur dengan mereka saat berbelanja di pasar.

Lokasi : Jl. Ps. Sindu No. 5, Sanur, Kec. Denpasar Selatan, Bali
Jam Buka : 04.00 – 22.00

31. Toko Krisna

Toko Krisna

Saat berkunjung untuk berwisata tak ada salahnya untuk membawa oleh oleh untuk dibawa ke rumah. Oleh oleh tersebut dapat dibagikan kepada sanak saudara maupun teman dekat. Sama halnya saat anda berkunjung ke pulau Bali, maka akan tersedia aneka oleh oleh yang dapat anda pilih untuk dibawa pulang. Oleh oleh tersebut juga dapat ditemui di wilayah Denpasar, Bali.

Salah satu toko yang telah terkenal sejak dulu untuk mencari oleh oleh adalah Toko Krisna. Di toko yang telah memiliki banyak cabang ini, anda dapat membeli aneka jenis pernak pernik khas Bali. Tak hanya itu, toko ini juga dilengkapi rest area dan juga restoran yang dapat anda singgahi selepas membeli oleh oleh. Tak hanya itu, juga terdapat lahan parkir yang luas sehingga dapat membuat pengunjung merasa lebih nyaman memarkirkan kendaraannya.

Lokasi : Jl. Nusa Indah No. 77, Sumerta, Kec. Denpasar Timur, Bali
Jam Buka : 08.00 – 22.00

32. Toko Erlangga

Toko Erlangga

Tempat berburu oleh oleh khas Bali yang tak kalah lengkap adalah di Toko Erlangga. Seperti misalnya aneka pernak pernik unik, ukiran khas Bali, hingga jajanan tradisional yang dapat anda beli untuk dibawa pulang. Tak hanya itu, di toko ini juga disediakan arena bermain bagi anak anak. Si kecil dapat bermain main di area tersebut sembari menunggu anda selesai untuk berbelanja oleh oleh.

Lokasi : Jl. Gadung, Dangin Puri Kangin, Kec. Denpasar Timur, Bali
Jam Buka : 06.00 – 23.00

Baca Juga : Tak Kalah Indah, Yuk Intip Tempat Wisata di Papua Barat

Tempat wisata yang berada di Kota Denpasar tak hanya terkenal di kalangan wisatawan Indonesia saja. Banyak wisatawan dari mancanegara yang juga berminat untuk berlibur ke Pulau Bali. Tak hanya tempat wisata alamnya saja yang mempesona, tetapi wisata akan budaya yang disediakan di kota Denpasar ini juga sering memikat hati para wisatawan terutama wisatawan asing. Maka dari itu, tak heran jika mereka selalu mengunjungi kota Denpasar ini untuk berlibur ataupun untuk menghilangkan penat.

Leave a reply